Honda Hybrid CR-Z

Produsen mobil Jepang tengah gencar memasarkan mobil-mobil irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Tidak hanya mobil keluarga yang ditawarkan dengan teknologi hibrida, juga mobil sport kompak. Pabrikan besar dari Jepang Honda Motor Co, akhirnya secara resmi meluncurkan mobil terbaru yang telah lama menjadi bahan perbincangan yakni CR-Z.

CR-Z, singkatan dari Compact Renaissance Zero, sport dengan teknologi hibrida khas Honda, Integrated Motor Assist (IMA). Unsur yang mendukung tingginya gairah produsen Jepang memasarkan mobil hibrida saat ini adalah insentif berupa potongan pajak yang diberikan pemerintah Jepang. Khusus untuk kendaraan baru yang irit bahan bakar, ramah lingkungan dan bobot yang lebih ringan. Di Jepang, hibrida sport ini dijual mulai dari ¥2.160.000 (Rp 225 juta) sampai ¥2.380.000 (Rp 250 juta).

Versi dress-up CR-Z, baik dari rumah modifkasi Honda, Modulo maupun Mugen juga sudah muncul. Ceper Mobil sport tiga pintu (termasuk bagasi belakang) ini, dirancang secara khusus berdasarkan tiga nilai utama, emosional (penampilan dan rasa), daya tarik atau exciting (membuat orang ingin mengemudikannya) dan Smart (peduli lingkungan, enak dikebut dan bebas. Karena itu pula, penampilan mobil ini tidak mengikuti gaya kupe tradisional. Ciri khas sport yang kental terlihat dari posturnya, yaitu ceper (tinggi hanya 1.395 mm) dan jarak sumbu roda 2.435 mm (termasuk pendek), sedangkan lebarnya 1.740 mm. Dimensinya yang kompak diperlihatkan dari panjangnya 4.080 mm, tidak berbeda jauh dibandingkan dengan Jazz (3.900 mm). Posisi mesin menurut Honda juga lebih rendah. Begitu juga dengan suspensinya. Hasilnya, sport hibrida benar-benar memberikan sporty sejati bagi pengemudinya.

Sumber Tenaga Nilai khas yang ditawarkan Honda dari mobil sport ini adalah konsumsi bahan bakarnya yang irit. Dengan menggunakan mesin 1,5 liter dengan teknologi i-VTEC, konsumsi bahan bakar paling irit dari mobil ini adalah 25 km/liter (kpl) dengan transmisi otomatik CVT. Bagi memberikan yang mengemudi dengan gaya sport, Honda menawarkan transmisi manual 6-percepatan (pertama di dunia untuk mobil hibrida) dengan konsumsi bahan bakar 22,5 kpl. Mesin CR-Z 1,5 liter ini, klaim Honda kemampuannya sama dengan mesin dengan 2,0 liter. Tenaga yang dihasilkan 84kW (114PS) @ 6.000 rpm. Sedangkan motor listriknya menghasislkan tenaga 10 kW 914PS) @1.500 rpm. Kemampuan mesin menghasilkan momen puntir 145 Nm (14,8 kgm) @4.800 rpm sedangkan motor 78 Nm (8 kgm) @1.000 rpm. Pada saat stasioner hanya satu dari dua katup isap yang bekerja. Tujuannya, untuk mengirit konsumsi bahan bakar. Kedua sumber tenaga hibrida Honda ini, motor bakar dan motor listrik, bekerja bekerja secara paralel. Saat start dan akselerasi, mesin bekerja sebagai penggerak utama dan dibantu oleh motor listrik.

Ketika melaju di jalan tol, hanya mesin yang bekerja. Saat pelan atau ketika laju melambat atau direm, motor listrik menjadi generator, menghasilkan listrik yang kemudian dikirim ke baterai. Mobil dilengkapi dengan sistem stop otomatik. Jadi begitu mobil berhenti, mesin langsung mati. Tiga Mode Menurut Honda, CR-Z merupakan model pertama yang dilengkapi dengan fitur tiga mode mengemudi: SPORT, NORMAL atau ECON. Pilihan tersebut disesuaikan dengan gaya mengemudi atau situasi mengemudi seperti di kota, jalan tol atau di daerah yang banyak tikungannya.

.

.

Sumber : kompas.com, detikoto.com

About these ads

~ oleh masbloro pada 28 Februari 2010.

15 Tanggapan to “Honda Hybrid CR-Z”

  1. wah sama dgn artikel ane

    http://blognyamitra.wordpress.com/2010/06/25/stan-gt-radial-prj-2010-penampakan-honda-crz-launching-ban-baru/

  2. gimana cara untu membeli?

  3. gimana cara untu membeli?dan dimana untuk memesan?

  4. buat produk terbaru honda ( CR-Z )
    sukses selalu and tingkatkan terus theknologinya !!
    honda model CR-Z seepp bangat tampang nya ..

  5. waah mantaaaap , kapan datang ke indonesia yaa

  6. kpn d pasarkan di indonesia,, bagus banget modelnya dngn hrg segitu.

  7. tadi pagi ada kunjungan orang korea ke lab teknik mesin gw, di gunadarma.. pake mobil ini honda CR_Z hybrid. gue melongo ngeliatin ni mobil apaan yaa ?? keren bgt sumpah..

  8. sampe indo hargane jd 675jt.. wow…

  9. untuk kapasitasnya untuk berapa orang

  10. Wah ada motor listriknya gitu ?

  11. moga bs beli mobil ini amin……………………..

  12. saya juga moga bs beli mobil ini amin……………………..

  13. pengen banget ah mobil ni…. bagi dong

  14. I have to thank you for the efforts you’ve put in penning this blog. I really hope to see the same high-grade content by you later on as well. In fact, your creative writing abilities has inspired me to get my very own website now ;)

  15. Insyaallah kalo ada rejeky, amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 69 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: