Mengulas strategi Yamaha vs Honda, pasca kedatangan Yamaha xeon (mio 125)

Gosip kehadiran mio 125 sebenarnya sudah lama beredar, tetapi kemunculan informasi dari tpt-online.depperin.go.id yang menyebutkan Yamaha motor Indonesia minta ijin memproduksi 84 ribu unit xeon, membuat kalangan blogger berkeyakinan bahwa yamaha mi0 125 sudah semakin dekat kehadirannya.

Kehadiran pendekar baru dari Yamaha ini akan semakin menunjukan bahwa Yamaha ingin mempertahankan kepemimpinannya di pasar skutik. trio mio-soul -xeon benar – benar akan membuat trio honda beat-vario-vario tecno harus bekerja keras untuk merebut pasar Yamaha.

Selama ini terlihat strategi pemasaran Yamaha sangat smart. Sesuai dengan teori marketing, untuk menghadapi penguasa pasar yang begitu kuat yamaha selalu berusaha menghadapinya (honda) dengan menghadirkan produk yang mempunyai ciri (bisa dibedakan) dengan sang rival. Tujuannya jelas agar pasar dapat membedakan dan memilih produk yang sesuai dengan ekspektasinya. Dalam bahasa kerennya disebut diferensiasi produk.

Karena dalam teori kalo kita jadi follower sejati alias mengekor market leader, konsumen cenderung bermain aman dengan memilih yang lebih banyak pemakainya dengan alasan toh produknya sama saja. Berapapun digelontorkan budget iklan kalo produknya sama hasilnya justru akan memperkuat sang penguasa pasar. Itulah sebenarnya alasan kegagalan suzuki mempertahankan masrket share dan keberhasilan kawasaki menaikan market share

Itu juga  kenapa Yamaha dipandang smart dalam menerapkan strategi pertempuran dengan Honda. Liat saja di bebek, ketika Honda bermain dengan 100 cc Yamaha membuat perbedaan dengan membuat vega – jupiter ber cc 110.  Sehingga konsumen pun mempunyai pilihan yang jelas berbeda. Dan ketika Honda mulai terseret arus strategi Yamaha dengan menelorkan revo – absolut revo 110, Yamaha menambahkan sedikit cc-nya sehingga produk mereka tetap terlihat beda dengan Honda. Hasilnya? penjualan bebek Yamaha tetap stabil dan Honda hanya bisa memindahkan konsumennya sendiri dari 100 cc ke 110 cc tanpa bisa menggerogoti pasar yamaha.

Demikian juga dengan pasar sport, duo Honda mega pro – tiger digempur oleh duo yamaha vixion – scorpio. vixion dengan mega pro jelas berbeda teknologi karena vixion telah selangkah didepan dengan mesin injeksi walapun ber cc lebih kecil dari mega pro. Dan Yamaha mencoba menggempur tiger dengan scorpio dengan cc yang lebih besar. Walaupun akhirnya scorpio gagal menandingi kedigdayaan tiger tapi secara umum penjualan motor sport kini dikuasai Yamaha.

Kebalikan terjadi di pasar skutik atau matik. Yamaha datang sebagai market leader dengan mio-nya. Honda pun menelorkan produk yang berbeda, yaitu  secara berturut turut Vario-beat-vario cbs dengan menonjolkan segala macam teknologinya. Kehhadiran xeon /mio 125 tampaknya ingin mematahkan kesan jadul (kalah teknologi) dari Honda.

Yamaha xeon konon telah dibekali teknologi terkini motor matik seperti sistem pendingin air (water cooled) dan ber-cc yang lagi lagi berbeda dengan Honda yaitu 125.  Jelas sekali xeon dilahirkan untuk menahan gempuran vario tekno dan memaksa honda memikirkan strategi baru.

Honda PCX kah jawabannya?  bisa jadi ya karena xeon sejatinya di Thailand merupakan jawaban dari kelahiran Honda PCX 125. Kedua produk ini sebenarnya berbeda segmentasi pasar, karena yang satu retro klasik (pcx) dan yang satu sport habis (xeon). Dan memang begitulah Honda dan Yamaha selalu ingin membuat produk berbeda (mempunyai ciri khas) dengan kompetitornya.

Tetapi sepertinya Honda akan berhati hati untuk mengeluarkan PCX dari sarangnya terutama masalah penempatan harga. PCX di keluarkan Honda Thailand saat Honda Thailand memimpin pasar matik di Thailand sedangkan suasana pasar Indonesia berkebalikan dimana Honda sedang mengejar Yamaha dalam merebut pasar matik. Mungkin strategi saat peluncuran revo dapat diulang kembali. Waktu peluncuran revo, Honda secara frontal menantang vega zr dengan meluncurkan produk dalam waktu yang hampir bersamaan. Bisa saja PCX nantinya akan muncul secara hampir bersamaan dengan xeon, sehingga fokus pasar terpecah dan tidak terfokus pada Yamaha. Beranikah honda? harusnya berani karena secara kualitas produk Honda dan Yamaha hampir tidak ada perbedaan.

Mana yang akan sukses? konsumen lah yang menentukan dan menjadi juri yang terbaik.

About these ads

~ oleh masbloro pada 24 Maret 2010.

41 Tanggapan to “Mengulas strategi Yamaha vs Honda, pasca kedatangan Yamaha xeon (mio 125)”

  1. Numpang pertamaxxx… :)

  2. gambar ke-3 yamaha apa? potosop kah?

  3. izin komen brow…kayanya sih akan lebih mahal xeon bro..
    karna dari kapasitas aj udah 125 CC…jadi secara gk langsung akan jadi kelemahan dari si xeon itu sendiri, kecuali ymki brani mengeluarkan dengan harga yang sama dengan CBS.

    satu lagi yang jadi kekurangan si ymki, mio soul lambat laun akan hilang kalo si xeon dihadirkan…dateng satu gugur satu…jadi yang harus berhati2 ya si ymki sih…

  4. Pertamaxx
    Mangstabb bro ulasanx…
    Yg jd pertanyaan ttp
    Beranikah honda/ yamaha membuat differensiasi yg lebih extrem lg???
    Ngiri ma yg di thailand sono..yg sll di manjain ma gelontoran motor2 yg cakep abiz n slalu dpt yg pertama kali…

  5. Boleh jg analisiz nya . . .

  6. emang selain cc yg lebih besar apa yg bisa ditonjolin dari xeon?
    klo menurut gw sih agak susah ngelawan sutekno klo masih dgn desain jadul dan minim fitur spt itu. harusnya selain nambahin cc, yamaha juga harus berani ngasih fitur yg lebih dari yg dikasih sutekno. apalagi klo lihat dari desainnya juga masih jauh ketinggalan klo dibandingin sutekno.

  7. @atas sutcno over – over – over jdnya gak cocok djual di bumi coy ..

  8. skg aj matik Yamaha masiih berjaya, apa lagi muncul xeon….
    ga ada celah deh buat H, selain main di bebek ajah…
    bebek kwek..kwek
    hihiiihi

  9. Keknya XeoN akan jadi tank penghancur brikutnya stlah Vixy..IMHO!

  10. Kayanya Xeon makan pasarnya soul deh..
    bukan pasar sutekno..

  11. Kebanyakan orang Indonesia masih banyak kemakan iklan. tapi iklan yamaha emang oke punya. top markotop lah. untungnya apa yang dijanjikan yamaha didukung dengan produk yang oke punya. kita tunggu saja progress penjualannya nanti…

  12. HONDA lambat laun akan punah, seperti Dinosaurus yang tenggelam ditelan zaman…. udah lahir generasi baru dari kawasaki

  13. gak takut makin gede CC makin boros ? matik lho! murah? kayak na akan mahal deh CC gede radiator@

  14. bagusan yamaha xeon dari pada honda PCX gata gua mah gan..
    yang honda PCX mah body nya ke gedean..

  15. numpang comment bro..
    gua salah satu fanatik yamaha produk.. All produk yamaha.. 10 tahun lebih gua da pke produk yamaha n terbukti g pernah bermasalah.. (serius g omong kosong) gua pernah punya produk yamaha mulai dari 2 tak yg dulu mungkin dikenal yamaha PEREX n Yamaha “MALING” RX-KING.. produk 4 tak pun juga pernah gua tunggangi mulai dari yamaha CRIPTON ampek Yamaha scorpio.. gua jg pernah punya yamaha matix mio sporty n mio soul.. produk GarpuTala dari dulu benere lbh unggul daripada produk 3 Garis Datar.. malahan gua pernah punya salah produk dari 3 Garis Datar waktu tu msh era AStrea Grand. hasilnya gua mlh dibuat kecewa dgn neh produk.. Kecewa PUOL…. Dari sni gua mkn benci dgn neh produk.. G sesuai blas dgn ekspetasi pasar yg ditawrkan saat itu.. dulu yamaha mungkin blm bs berekspetasi pasar sprti skrg ini.. Jd zaman dahulu kala yamaha sempat terseok-seok di dunia otomotif.. tp klo skrg y beda lg critanya bro… hahahaha…. kemunculan yamaha xeon neh menurutku akan sedikit menjadi bumerang bagi yamaha terutama bagi si mio sporty.. bukan bagi si mio soul bos.. tp gua yakin yamaha xeon ini bkl buat yamaha motor akan lbh tak tertandingi bagi Pabrikan 3 Garis Datar alam Lingkaran.. yg penting apa yg ditawarkan hrs sesuai dgn kualitasnya bos… Ingat dlm dunia marketing selain kita punya strategi kita jg hrs pertimbangkan tkhnik pemasarannya.. THX for All..

  16. ada yg mau beliin gue motor baru?? yah barangkali ada org yg khilaf gitu hehe

  17. mas bobEm. saya aja pake astrea prima gak ada maslah tuh….

  18. he he, kalu xeon dijual maha, mana laku sama konsumen Y, mereka kan cinta produk harga murah, ha ha ha ha

  19. hmmm,….menurut gw sepertinya kalau untuk teknologi pasti Honda terdepan….soalnya kalau dilihat dari specs-nya aja antara Honda Vario CBS dan Yamaha Xeon ….Honda punya horse powernya lebih gede (tenaganya lebih gede) Vario 8.99 ps pada Rpm yg rendah 8000 rpm , sedangkan Xeon hanya 8.05 ps pada 8500 rpm. buat saya cc tinggi buat apa kalau tenaga ngga malah kurang, heran…. justru cc kecil tenaga tinggi itu baru technology namanya. terus di Vario ada Combi Brake system ..techology pengereman yang aman…juda ada sistem keselamatan mesin tidak akan hidup kalau standar kaki belum dilipat , so menurut gw point-point diatas itu adalah yg disebut technology dan tujuannya untuk kenyamanan dan keselamatan kita juga. gw sumpah demi Allah bukan org honda…cuma sharing di sini aja dan bicara objective yg gw fikir dan menurut gw bener. kalau gw salah bicara mohon maaf.

  20. menurut gua yamaha tu dari dulu emang keyen abiZ,,,, dilihat dari segi body and stripping….. anak muda bangetzzz….. and dari segi accelerasi yamaha nomer satu dech pokoknya… apalagi muncul yamaha xeon dengan isi silinder 125cc…. pasti bakalan bikin gebrakan di industi motor indonesia….. kalu yang masih berdarah muda kayak gue, teteP yamaha bangetzzzz……
    wuzzz… wuzzz larinya…. tapi tetep nyamana….. heheheh….. ini opini gue luH…. kalu ada yang kurang srekk dimaapin yee?? heheheheh

  21. Kalu menurut gua, yamaha tu dari dulu emang keyen abiZ,,,, dilihat dari segi body and stripping….. anak muda bangetzzz….. and dari segi accelerasi yamaha nomer satu dech pokoknya… apalagi muncul yamaha xeon dengan isi silinder 125cc…. pasti bakalan bikin gebrakan di industi motor indonesia….. kalu yang masih berdarah muda kayak gue, teteP yamaha bangetzzzz……
    wuzzz… wuzzz larinya…. tapi tetep nyamana….. heheheh….. ini opini gue luH…. kalu ada yang kurang srekk dimaapin yee?? heheheheh

  22. ohya….gw setuju tuh ma “comment:nya dodin….. untuk tenaga kayaknya bener tuh yamaha bole juga , hmmm mengenai comment gw yang kemarin itu gw ada yg harus DIRALAT tuh , soalnya gw ada singgung tentang tenaga kuda , gw ada sedikit salah tuh , di specs nya honda vario cbs tenaga nya 8.99 PS sedangkan yamaha Xeon 8.05 Kw , sedikit kelihatan honda lebih tenaganya , padahal kalau gw perhatikan lagi honda gunakan PS sedangkan yamaha gunakan KW, so perbandingannya kurang sycronize tuh kurang cocok , kalau mau dicocokkan PSnya honda harus diconvert dulu ke KW …so kalau dijadikan KW maka tenaga honda vario cbs adalah sekitar 6.66 KW sedangkan yamaha Xeon 8.05 KW…so artinya tenaganya lebih besar Yamaha Xeon ,…. ya mungkin karena 125cc yah…., itu aja kali perbedaannya …Xeon mungkin lebih tenaganya tapi Vario lebih irit bensin (110cc) dan lebih selamat karena ada “cobi brake system”…tinggal consumen pilih aja …mau kencang dan tenaga gede ya Xeon pilihannya…mau system keselamatan ya Vario. itu menurut gw. hmm gw rasa ini penilaian gw. bole kalau ada masukan lg. kita sharing.

  23. honda pa yamaha ??
    – gw pilih honda dech , mesinnya bandel sie……..:)

  24. yamaha mio apaan tuh keren bgt??

  25. swt keren tuh soul modifnya coba dibuat, gw beli dah, kren abis, bengkel yg bisa bikin ke gt ada ga y

  26. bisa didapaet dmn tu mio kaya gthu,,hibrib mio+jupiter MX,,,keren bgt..mau ta beli dah

  27. aku udah ada rencana mau beli motor… tapi bingung juga harus pilih yang mana …. aku udah lihat yamaha xeon, tapi kayaknya body yamaha xeon kurang keren, body depan & belakangnya koq kayak suzuki skywave, sedangkan vario keren abiz…Celakanya aku suka sama tenaga dari xeon….. setelah melihat komen dari teman2, yang tadinya kabur mau pilih yang mana…sekarang udah bisa melihat lebih jelas dari sebelumnya …. tapi belum benar2 jelas …. mohon bantuannya

  28. xeon tenaga oke banget, tp sayang air radiator sama soket popsisi di kolong tentu saja rawan/kurang aman + coil posisi disamping dan tampak banget artinya kurang nyaman,tolong yamaha diperbaiki biar konsumen yamaha tidak berpindah kelain hati,…tank’s.

    • matic=kenyamanan…xeon=cepat(powerfull)…cbstekno= nyaman(safety)..tinggal pilh mau yang kencang atau nyaman

  29. kritik yang kayak gini yang harus diperbanyak………

  30. XEON…..gw beli dech, ngga ragu lagi. dari pada V nya Honda, ogah gw, emang gw aki-aki.
    MIO aja mantap.. apalagi XEON.

  31. biarpun yamaha dkit lbih mahal dr honda, tp duit tu ga nipu lo,, bagi saya yg sneng kpuasan, yamaha pilihannya,, tongkrongan mantap, pgen wuzzz… wuzzz.. apa lg! dan menurut saya motor2 yamaha gakan ilang kmakan produksi2 baru dr yamaha, bagi yg pgn aga murah kn tinggal pilih tuh motor yamaha yg laen ny,, bagi yg pgn kpuasaan y tinggal pilih produk yamaha terbaru ky Xeon…
    dan qlo tipe km pgn yg shantai2 j, kalem n clasik,, baru pilih honda…!

  32. wah Honda kebangetan…….
    emang sih utk kelas matik 125 cc kliatannya Honda PCX ingin menandingi Yamaha Xeon…
    tapi harga PCX 32 juta !!!!!!!!!!!!!!
    ini mah berlebihan…. kompetitor perbandingan kurang dari setengah harga !!! ( Xeon 15.6jt)…
    mending Xeon dah kalo gini..

  33. bner2 emang dri dlu yamaha emang kren abis,bodynya stylish,tenaga ok,jdi enak bwt nyalip,emangnya “H” klo mw nyalip pkir2 dlu.yamaha tu sllu berinovasi dan mnciptakan teknologi2 tak tertandingi.mottonya aja ” semakin di depan” itu jelas mrupakan simbol keberanian untuk mencetuskan reknologi masa depan……………………yamaha XEON is powerfull acceleration & agility……

  34. numpang koment sedikit aja nh mas bro…….intinya sh sebenarnya adalah masyarakat lebih cenderung oleh penggunaan kendaraan yang HEMAT BBM, semua kan pada tahu sebentar lagi BBM pada naik, jadi masyarakat lebih suka menggunanakan motor baik itu matik atau bukan yang lebih hemat BBM….peace all….

  35. Buat Apa Motor BOROOOOOOOOOOOOOOOS.Apalagi Harga Bersahabat.bandel Lagi ,Kalau Saya Dari Dulu Ya Pilih Honda.Rajanya Motor 4 tak.He…………

  36. mo nanyak guys…
    honda PCX yang dimaksudkan tadi tuh udah keluar belum di indonesia?

  37. Excellent article. Keep posting such kind of info on your site.
    Im really impressed by your site.
    Hey there, You have done a fantastic job. I’ll definitely digg it and in my opinion suggest to my friends. I am confident they’ll be benefited from this web site.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 69 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: