Senjata Yamaha menghadapi serbuan Honda

Mengulas perseteruan antara Honda dan Yamaha memang tidak ada habisnya. Kedua penguasa pasar motor di Indonesia itu bersaing untuk merebut hati konsumen motor. Berbagai upaya telah kedua kubu dilakukan kedua kubu untuk mempertahankan pasar.

Pertempuran tahun ini dimulai dari pasar matik dimana Honda mengurung Yamaha dengan menggelontorkan vario techno dan Scoopy, sedangkan Yamaha sebagai pemimpin pasar mencoba bertahan dengan mengeluarkan Xeon.

Yamaha pun tahu setelah digempur pada pasar matik akan berlanjut ke segmen lain yaitu segmen sport. Walaupun ceruk pasarnya kecil tetapi segmen sport mempunyai pasar yang stabil dan gengsi yang tinggi. Honda telah menyegarkan tampilan Tiger dengan kembali menggunakan mata satu sebagai alternatif pilihan dan mempersiapkan suksesor Megapro untuk menjungkalkan mahkota penguasa motor sport Vixion.

Sebagai penguasa motor bebek, Honda juga mencoba mempertahankan pasar  dengan melakukan penyegaran atau facelift pada revo series. Honda mencoba membuka pasar baru bebek matik dengan prodeuk andalan dari negara gajah putih Revo Matik. Ada sedikit yang berbeda pada bebek matik ini karena waktu diluncurkan sudah menggunakan mesin injeksi sehingga bandrol yang dipasang lumayan mahal 15,8 juta. Jika sukses bukan tidak mungkin keluar versi pahe-nya.

Yamaha tidak mau tinggal diam, beberapa senjata andalan telah disiapkan untuk menghadapi serbuan Honda. Apa saja yang akan disiapkan Yamaha? Ini dia perkiraan yang akan menjadi senjata Yamaha untuk menghadapi Honda.

1. Byson aka FZ 16

Calon raja pengganti vixion ini memang sensasional sejak pertama kali penampakan. Sempat direncanakan dirilis beberapa kali ternyata selalu  diundur atau batal dengan alasan yang tidak jelas sehingga membuat sebagian orang beralih ke lain hati.

Soal teknis dan tampilan sudah tidak diragukan lagi karena banyak blogger termasuk motorek sudah beberapa kali mengulasnya. Byson diprediksi banyak blogger bakalan dengan mudah mengatasi calon mega pro yang disebut sebut merupakan kembaran Honda unicorn Dazzler. Satu hal yang mungkin masih menjadi pertimbangan Yamaha merilis byson adalah kelanjutan nasib vixion pasca kelahiran byson.

2. New Scorpio

Keperkasaan Honda Tiger selama bertahun tahun ternyata masih membuat penasaran Yamaha. Walaupun penjualan Tiger terus menurun namun Yamaha Scorpio yang bermodalkan cc yang lebih besar belum mampu melewati penjualan sang legenda Honda Tiger.

Untuk menahan laju sang Macan si Kalajengking pun didandani lagi menjadi lebih gahar. Mangambil tampilan Faser 250, Melihat penampakannya di kaskus, Scorpio baru terlihat lebih menjanjikan.

3. Facelift Jupiter MX

Jupiter MX tampak masih kedodoran menghadi Supra X 125 punya Honda. Bermodalkan kubikasi mesin yang lebih besar rupanya tidak cukup bagi MX 135 untuk bersaing karena itu Yamaha mencoba meyegarkan tampilan MX tahun ini. Dari spy shot yang terekam oleh blogger bentuknya menjadi semakin futuristik dengan lekuk body yang tajam. Apakah upaya Yamaha ini membawa hasil ? layak untuk ditunggu.

4. Lexam

Tak mau ketinggalan menikmati ceruk pasar baru motor bebek matik yang telah dibuka Honda dengan revo matik-nya, Yamaha tengah menyiapkan Lexam sebagai sejatanya. Lexam sebelumnya telah beredar lebih dulu di Vietnam.

Motor ini akan menggunakan teknologi transmisi Y-Cat yang akan membuatnya lebih responsif dan efisien dalam konsumsi bahan bakar. Dari segi deain dan teknologi antara Honda dan Yamaha tidak jauh beda, sukse tidaknya akan ditentukan oleh strategi yang dipakai untuk merayu pasar.

Diantara keempat produk baru tersebut kemungkinan yang menjadi prioritas adalah byson, karena ditunda atau tidak cepat atau lambat Honda lebih on scedule dalam melempar produk baru ke pasar. Scorpio dan MX facelift harusnya menjadi prioritas kedua dan mungkin bisa juga diberengkan dengan  byson.

Lexam sepertinya akan menjadi paling akhir di turunkan karena Yamaha nampak belum siap dengan Lexam ini. Tetapi bisa juga berubah karena berbagai pertimbangan dari Yamaha, Jadi kita tunggu saja apa yang keluar lebih dulu.

About these ads

~ oleh masbloro pada 24 Juli 2010.

2 Tanggapan to “Senjata Yamaha menghadapi serbuan Honda”

  1. sep

  2. usul untuk byson tambahin cakram belakangnya biar cakep

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 69 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: