Honda NMP sementara mengunguli Byson

Pertarungan segmen motor sport di Indonesia semakin sengit tahun ini. Pertarungan antara dua pabrikan besar Honda yang diwakili oleh New Mega Pro (NMP) dan Yamaha dengan Byson. Kebetulan launcing kedua motor tersebut berdekatan dan harganya pun beda tipis.

Banyak yang penasaran siapa akan menjadi superior di pasaran. Dengan jaringan yang sama – sama merata diseluruh Indonesia, jumlah penjualan akan menjadi bukti sakih siapa yang mampu memenuhi selera pasar Indonesia. Melihat data dari kompas.com dari peluncuran sampai dengan Oktober, Honda New Mega Pro tampaknya lebih diminati dibanding Byson.

Honda berhasil menjual NPM sejumlah 38.772 unit dibanding Byson dari Yamaha yang baru terjual 21.842 unit. Untuk NMP varian yang lebih disukai adalah New Mega Pro casting wheel atau pelek aluminium dengan penjualan mencapai 26.220 unit. Sisanya 12.552 unit dari varian pelek jari-jari.

Honda sendiri menargetkan mampu menjual 15 ribu sampai 20 ribu tiap bulan, realiasinya untuk bulan September 14.579 unit dan Oktober 2010 sebanyak 17.647 unit. Sedangkan Yamaha lebih low profile dengan hanya menargetkan 20 ribu saja sampai akhir tahun.

Banyak faktor yang membuat NMP berhasil mengungguli Byson. Dari desain Byson memang lebih baik dari NMP tetapi NMP diposisikan sebagai penerus Mega Pro yang sudah melegenda dan dipercaya konsumen. Sedangkan Byson harus membuktikan lebih dulu kekuatan plastik/fiber yang membungkus hapir seluruh body mengingat jalanan Indonesia rata2 tidak mulus.

Faktor lain bisa jadi karena kapasitas produksi keduanya masih terbatas dan kebetulan Honda mampu memproduksi lebih banyak dibanding Yamaha mengingat data yang digunakan oleh kompas adalah data pengiriman unit dari pabrik ke dealer.
Bisa jadi juga selera Indonesia memang masih kurang bisa menerima bentuk yang ekstrim terutama didaerah – daerah.

Apakah kedigdayaan NMP akan terus berlanjut ke bulan bulan selanjutnya ? menarik untuk ditunggu.

sumber : kompas.com

About these ads

~ oleh masbloro pada 12 November 2010.

13 Tanggapan to “Honda NMP sementara mengunguli Byson”

  1. byson kelamaan indent nya bro..

  2. Bulan Oktober Byson bisa brojol 7500-an itu juga karena pinjam line-up Scorpio… Kalo gak indennya bisa berbulan-bulan. Untuk sekarang aja inden Byson tu paling cepet sebulanan. Laen cerita punya tetangga. Stocknya bejibun. Mau beli berapa aja dan warna apa aja pasti ada.

  3. menurutku hasil sebenernya akan terlihat di 2011 setelah kapasitas produksi byson setara NMP. sepenglihatan gue byson tidak sempet dipajang di dealer, kl NMP bisa pajang lebih dari 1 di tiap dealer.
    di jogja sihh, entah di kota lain.

    http://blogpakyo.wordpress.com

  4. masbro..tu mungkin karena strategi pemasaran aja
    liatin aja nmp ada iklannnya di tipi sedangkan byson hanya di internet n price list yg dikeluarkan dealer (santai pemasarannya)
    jadi menurut ane klo byson lebih gencar dalam pemasaran n ready stock ane yakin lebih banyak peminat byson deh
    kurang ato lebihnya ane minta maaf..
    tanks

  5. Dan bila mana byson udah ready stok datanglah cbr 150r dan nmp facelift akhirnya byson tetap gak laku juga,hehehehe

  6. Saya yakin byson tdk akan bisa mengunggulin NMP,,,,why
    1. Performa menang jauh NMP
    2. Kondom tangki byson ringkih 5 bln pasti ada masalah
    3. Keandalan nama MP udah terbukti

  7. Yang pasti di kota besar macam Jakarta, NMP gak bakal bisa menang lawan Byson, karena faktor after-sales yg lbh terjamin dibanding kota kecil, dan lagi konsumen di kota2 besar apalagi Jakarta lbh berani mencoba sebuah produk baru.
    Kekalahan jumlah penjualan Byson lbh disebabkan lini produksi yg tdk sanggup meladeni permintaan pasar, bukan karena Byson kurang diminati ketimbang NMP.

  8. hmm, kayaknya emang dr yamaha ga gitu getol masarin motor ini. ga ada iklannya di tipi. trus dimedia massa juga ga ada. ga segencar mega pro ah.

  9. yg jelas sebelum produksi terpenuhi byson ga berani diiklankan di tv, karena itu kendala byson. beda lagi ama vixion yg udh manteng penjualannya. kalo nmp pasti tinggi produksi nya krn udh stop mp lawas. jadi ga ada hubungan laku ato ga laku.

  10. byson kemahalan bro dgn spek yg masih dibawah NMP.

  11. nmp di sandingin ama byson ya jelas keok.., ama vixion baru tuh.. rada imbang..

  12. ane sbelum ambil pilihan mana yg terbaik..ane sholat istikharah dulu ..eeh..alhamdulillah nmp yg mantap di hati..akhirnya g nyesel..

  13. udeh akuin aj klo NMP lbh bags ketmbng bison, gtu aj repot Bagi gw sih yg bnyak di beli ya tentunya lebh bgus

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 69 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: