Bajaj pulsar 250cc seperti apa?

Kehadiran CBR 250R ternyata memancing pabrikan lain untuk bereaksi. Berbondong – bondong pabrikan besar, kecil mulai mencoba mengekor dibelakang. Kelas 250 cc memang makin tahun makin menarik. Kenapa ? karena pertumbuhan ekonomi yang dinikmati oleh negara berkembang telah meningkatkan daya beli masyarakatnya termasuk juga Indonesia. Setelah berahun tahun disuguhi motor -motor ber cc kecil, tahun 2011 ini seolah olah menjadi momentum untuk naik kelas buat masyarakat berpenghasilan menengah di negara berkembang. Di negara maju atau mapan seperti Eropa Amerika dan Australia motor 250 cc menjadi motor pemula atau batu loncatan sebelum mengendarai moge.

Kawasaki beruntung hadir di pasar terlebih dahulu untuk pasar Indonesia, India dan negara berkembang lainnya. Kesuksesan penjualan Ninja 250 akhirnya diendus juga oleh Honda. Mereka (Kawasaki dan Honda) sadar bahwa pasar motor kelas tanggung ini (moge enggak, motor kecil juga enggak) marketnya akan membesar ditahun tahun kedepan.  Di Indonesia saja tidak kurang dari 1.500 Ninja 250 R terjual setiap bulannya. Sedangkan di India yang ageni oleh Bajaj mencatat penjualan yang lumayan, lebih dari 1.000 unit Ninja 250R terjual kurang dari satu tahun.

Salah satu pabrikan yang sudah melakukan ancang – ancang dan ramai menjadi topik para blogger adalah gebrakan yang dilakukan bajaj. Bajaj sudah memberi isyarat akan melauncing pulsar bermesin 250 cc ini pertengahan tahun. Di India sendiri Bajaj akan bersaing dengan pabrikan lokal lainnya TVS dan tentu saja dengan pabrikan asal Jepang juga seperti Honda dan Yamaha. Kalo benar informasi ini berarti motor ini kemungkinan besar sudah ada wujudnya dan mungkin juga sedang dilakukan pengetasan.

Bersaing dengan pabrikan yang sudah mapan di pasar global, bajaj tentunya tidak main – main dengan produk 250 cc. Jika tampil dengan ala kadarnya dengan hanya mengandalkan harga murah tentu saja akan mudah dilibas para pesaingnya. Sejatinya Bajaj telah memiliki modal yang cukup untuk menantang raksasa Jepang. Bajaj tentunya telah belajar banyak dari Kawasaki karena fasilias pabrikan mereka digunakan untuk merakit Ninja 250 untuk pasar India.

Jangan lupa, Bajaj sekarang punya sodara di eropa KTM yang punya banyak pengalaman membuat motor ber cc besar. KTM 125 duke sebenarnya adalah embrio kerjasama KTM dengan Bajaj untuk memproduksi motor bercc kecil untuk pasar global. Baby duke ini kabarnya bisa dikembangkan untuk mesin ber cc sampai dengan 250 cc.

Seperti yang sudah diulas bulan Oktober 2010 melalui artikel “next pulsar : 250cc twin engine?” di blog ini juga, Bajaj telah menyiapkan mesin yang sama sekali baru. Tidak tanggung tanggung kabarnya Bajaj akan menggunakan mesin 2 silider sejajar dengan 4 katup dan pendingin cair. Tenaga yang dihasilkan diperkirakan cukup dasyat untuk bersaing dengan CBR dan Ninja 250. Pengamat India memperkirakan Bajaj Pulsar 250 sanggup menyemburkan tenaga sampai 30 bhp.

Konon teknologi yang baru tersebut dinamai MPFI. Secara sederhana Multi Point Fuel Injection atau biasa disebut Fuel Injection System adalah teknologi yang biasa digunakan untuk mesin bensin ataupun diesel. Pada mesin diesel MPFI hampir sama dengan CRDI. Untuk mengotrol bekerjanya mesin telah menggunakan komputer kecil. Kalo dalam mesin konvensional kita mengenal carburator, pada mesin MPFI fungsi karburator diambil alih oleh komputer kecil itu melalui alat injeksi yang disesuaikan dengan kebutuhan pengendara. Semua data mengenai kecepatan, rpm, suhu, kebiasaan mengemudi direkam oleh micro prosesor/komputer kecil dan diolah sebagai masukan dalam mengontrol kerja mesin.

Mungkin seperti ini gambaran mesinnya :

Bagaimana dengan tampilannya ? banyak yang memprediksi Bajaj tidak akan mewujudkan motornya dalam bentuk full fairing. Ada dua faktor yang menjadi alasan, pertama Bajaj sangat kecil kemungkinan menghadirkan motornya melawan Ninja karena di India Bajaj merupakan ATPM-nya Kawasaki dan yang kedua dibelakang Bajaj adalah KTM yang sudah diketahui senang dengan model streetfighter, supermoto ataupun trail. Dari berbagai sumber memperkirakan wujudnya seperti ini :

atau mungkin seperti ini :

dan bukan tidak mungkin wujudnya akan mirip atu paling tidak terinspirasi sama ini :

tapi jujur aja ngarepnya sih kayak gini :

udah ahh dari pada makin ngaco mari kita tunggu saja bocoran dari boggler India sono, oh ya kabarnya juga harga yang dibandrol untuk Bajaj Pulsar 250 ini hanya separo dari harga Ninja di pasar India.

sumber : carblogindia.com

About these ads

~ oleh masbloro pada 6 Januari 2011.

23 Tanggapan to “Bajaj pulsar 250cc seperti apa?”

  1. Top Markotop tapi harus pekai pertamax ya?

  2. keduaaaax….
    yang jelas twin n naked
    http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/01/07/2rc146-motor-super-power-hondaseri-2/

  3. Wah mantap juga kalo powernya 30hp tp harga lebih murah dari kompetitor,tp kira2 DTS I nya masih di pake gak mas di pulsar 250 ini

  4. Tab…mantrabzzzz… Jadi ga sabar nunggunya..
    Ayo Bajaj, jangan takut dg jepun..

  5. aku tunggu di balikpapan….pulsar 200 aja mantep banget……apalagi 250…..

  6. Mantaaaaapppppppp!!! Jd flagship bajaj nih biar image bajaj lebih bagus lagi .

  7. MANG….TAB DITUNGGU SEGERA KEHADIRANNYA, KAYAKNYA MUSTI KUMPULIN DUIT LAGI BUAT BELI INI MOTOR…WAJIB PISAN PUNYA

  8. jd penasaran nich pgn liat 250!
    kl nyampe di indonesia ampe stgh harga dari n250, 135 langsung dikasih ke bokap! ane minta yg 250!

  9. kok jadi kaya motor crooos

  10. Klo gitu nambah pulsarnya d tunda dulu..nungguin yg 250 aja..tanggung klo ngambil yg 220

  11. MANTAPP……kita tunggu tgl launchingnya…

  12. motor BAJAJ gw yang pertama P.200, minggu kemaren P.220 baru nyampe lagi tunggu STNK…ehhhhh…sodaranya P.250 bakalan nongol…wahh kayaknya gw bakalan koleksi prodak BAJAJ…mantap dah….

  13. bravo bajaj… muantap… tp jangan lupa perbaiki finishingnya ya.. biar gak kalah dari produk2 kompetitor lainnya…

  14. Yap tp jngan mahal kyak jepun, bajaj mumpuni dlm hal ini n desain nya rubah dri yg trdahulu. go bajaj

  15. yg jlas kalau bajaj ingin produksi lg, harus di perhatikan bentuk body nya, yg sesuai dgn selera orang indinesia lah, masa motor cassing body nya kanyak panser tempur aja….ada jg org bilang mirip traktor bajak sawah…hihihihiiiiiiiiiiiiiiiii.

  16. bajaj 250 body nya harus bagus dong,, jgn seperti yg udah ada…kayak kendaraan perang aja…panzer…………..buldozer gitu.

  17. wah,,,nyesel beli yang 220,,tau muncul yg 250 ane beli tu,,huuuu
    saran saya pke mesin DOCH 4valve DTSI
    full fairing,,,pazti laku tu bajaj,,,tpi harus MONOShOCK+DELTABOx ya,,,biar good looking,,

  18. Ajiib punya,… Mantap dech dari dulu juga product bajaj tuh,….
    Selalu bikin orang penasaran, dan product nya pun keren keren semua,.. Ajiiiib mas brooo

  19. maen bnget yakin. . .

  20. motor bajaj 250cc sungguh bagus. . .

  21. bajaj 200ns aja baru keluar di india…

  22. yang 2oo cc ns aja nggak nongol2 …….mimpi kali …..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 67 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: