Indomobil stop jual Chery, quo vadis untuk merek China


Agak terkejut juga membaca berita detik.com kemarin, “Indomobil stop jual Chery…” …wah ada apa ini!. Soalnya setahun yang lalu saya sempat tertarik meminang salah satu mobil andalan Chery yaitu Chery QQ. Mobil mungil yang kabarnya merupakan mobil terlaris di China. Dan itu juga yang menjadi salah satu pertimbangan kenapa Indomobil mau menjual mobil merek China di Indonesia.

Setelah berjalan tiga tahun dengan penjualan yang tidak terlalu sukses, akhirnya Indomobil memutuskan untuk bercerai dengan Chery dengan alasan kualitas produknya yang tidak sesuai harapan. Memang sulit menjual otomotif merek China di Indonesia setelah rontoknya merek China pada motor roda dua. Sialnya isu kualitas dari produk China ini selalu hampir bisa dibuktikan memang berkualitas jelek. Logis juga kalo  Indomobil tidak mau nila setitik rusaklah susu sebelanga, alias gara – gara kualitas Chery jelek nama baik merek dibawah Indomobil ikut tercoreng juga.

Mari kita tengok sedikit sepak terjang Chery di Indonesia. Chery dibawa Indomobil pada tahun 2006 akhir setelah mendirikan PT. Unicor Prima Motor yang merupakan perusahaan joint-venture antara Chery Automobile Co. Ltd. dan PT. Indomobil Group.

Ada dua model yang menjadi andalan Chery dan Indomobil dipasaran tanah air. Pertama adalah Chery QQ yang dilaucing Desember 2006 dan sebuah Sport Utility Vehicle (SUV) bernama Chery Tiggo dengan model mirip – mirip Honda CRV.

Berdasarkan data dari detik.com yang dikutip dari data Gaikindo penjualan Chery terbilang tidak terlalu sukses. Berikut ini data penjualan 3 tahun terakhir :

Tahun QQ Tiggo Jumlah
2009 305 102 407
2010 491 37 528
2011 170 14 184
966 153 1119

Chery QQ saat sebelum ditutup dibanderol dengan harga Rp92-100 juta, sementara Chery Tiggo dijual dengan harga Rp177-184 juta. Untuk ukuran mobil harga tersebut senarnya tidak murah murah amat dibanding dengan mobil Jepang.

Selain Chery ada dua merek lain yang sudah mulai dikenal baik dan mobilnya mulai terlihat di pasaran. Pertama adalah Geely. Geely saat ini sudah menggebrak pasar dengan Geely Pandanya dengan bandrol tidak jauh dari Chery QQ. Selain Panda jualan lainnya adalah LC Cross dan MK2.

Sedangkan merek China lainnya adalah Foton. Foton masuk Indonesia dibawah bendera PT Foton Mobilindo (FM). Foton saat ini lebih menyasar ke kendaraan niaga dengan andalannya Foton View XLC.

Dalam kasus seperti ini biasanya yang paling banyak dirugikan adalah konsumen. Selain harga mobil sekennya akan terjun bebas, kelangkaan spare part akan selalu menghantui mereka yang masih ingin memakainya untuk jangka panjang. Untuk saat ini kabarnya Indomobil masih berkomitmen untuk melayani after sales service dari mobil Chery. Tetapi apakah pelayanan ini berlaku untuk jangka panjang? setelah dua atau tiga tahun lagi? tentunya itungan bisnis akan menjadi ujian komitmen mereka.

Kejadian ini seperti ini tentu saja akan membuat pabrikan China lainnya akan lebih sulit menjual produknya di Indonesia. Bayang – bayang kegagalan produk China membuktikan kualitasnya akan terus menghantui dan bisa menjadi trauma berkepanjangan untuk konsumen di Indonesia.

Geely yang saat ini sedang gencar – gencarnya beriklan di TV akan dipaksa bekerja keras dua kali lipat dari biasanya. Mereka terlebih dahulu harus mengapus mimpi buruk konsumen terhadap kualitas dan after sales produk China sebelum menjual keunggulan produk yang ditawarkan.

Akankah mobil – mobil China kembali berguguran mengulang cerita pahit yang telah menimpa motor roda dua? biarlah waktu yang akan membuktikannya….

About these ads

~ oleh masbloro pada 28 September 2011.

24 Tanggapan to “Indomobil stop jual Chery, quo vadis untuk merek China”

  1. Ralat om, yang benar itu “Geely”, bukan “Gelly”.

  2. gan, harga dan kualitas selalu berbanding lurus.
    mau bagus tapi murah banget, ooooo tidak bisa.

  3. produk otomotif China??? nggak banget…

    • ne koment orang yang gak tau teknologi, coba dulu tanya yang pernah pakai minimal 5 orang.. bakal berdecak kagum dengan chery qq!!! gw dah ganti sampai 5 kali qq gada masalah blass.. part body sama dengan spark. yang jeroan katanya juga tp blm pernah ganti.

      • Sparepartnya qq mahal ga?

      • kok sampai ganti 5 kali, emang pedagang khusus chery qq ya gan ? sdh memantau “nasib” org yg membeli dagangannya belum gan? apakah kesulitan ato mudah mendapatkan sparepartnya? puas thd kualitas mobilnya? dll..dll…

  4. mahal juga ya chery tiggo, lebih mahal dari terios/rush malah.
    katanya ada harga ada rupa?

  5. saya pemakai chery qq 2007 & suzuki apv. khusus untuk dalam jakarta saya memilih paki chery qq, karena bensinnya iritnya minta apiuuuuuuun bisa 1 lt:17 km. alhamdulillah nggak pernah rewel bandelan & lincah. pokoknya top markotob dech.

  6. CHERY GETS READY FOR RI’S MARKET

    Oleh Yusuf Waluyo Jati
    Jum’at, 11 November 2011 | 10:58 WIB

    JAKARTA: After officially ending cooperation with Indomobil Group, car maker Chery Automobile Co Ltd is by far not done in Indonesia.

    Based on the information obtained by Bisnis, the China’s automotive principal has appointed PT Karya Semesta Investama (KSI) as its new local strategic partner. The cooperation will be effective in the first quarter 2012.

    KSI is the parent company of AMG Group. AMG Group itself has as subsidiary engages in automotive financing sector, i.e. PT Mandiri Finance Indonesia.

    Chery is a state-owned company and the largest independent brand of automotive manufacturer in China. In recent years, the company’s global sales is claimed to reach over 700,000 units per annum.

    With the cooperation, KSI will begin to restructure Chery’s automotive business in Indonesia, including sales chains, logistics, manufacturing through the establishment of new subsidiary, namely PT Chery Mobil Indonesia (CMI).

    “Chery Automobile ended its cooperation with Indomobil on March 26, 2011. The company then appointed KSI to establish a joint venture for licensing through an appointment letter signed by Chery Automobile General Manager Zhou Biren and dated on October 8, 2011,” said an executive officer to Bisnis yesterday evening.

    In five years development, the executive claimed, Chery Automobile had not been properly and completely represented.

    On the other hand, the China’s automotive company has developed rapidly outside China since it began working on international market in 2001. “In Malaysia, Chery’s business performance grew rapidly and its products were widely known,” he said.

    KSI President Director Hosea Sanjaya confirmed such cooperation with Chery Automobile.

    “Chery is a giant automotive company in China that have many various car products but Indonesian people have the wrong prospective, they only refer Chery limited only to Chery QQ and Chery Tiggo,” he said.

    Product variants

    KSI, which will officially launch its joint venture on February 2012, will imports various car products for Indonesian customers, with a good range of model, quality and price.

    Based on a business plan formulated by Group Business Development Chery International for Indonesian Market 2011, the company will market here mini car S22 Yoya. It’s a family vehicle with seat capacity of 4-6 people and 1200-1300 cc engines, which can be driven up to 140 km/hour.

    In addition, Chery will release a multipurpose vehicle (MPV), namely Easter Cross 2.0 AT, which is more luxurious and larger than S22 Yoya since it can transport eight adults. “Although it’s more luxurious, the car price is far below Kijang Innova,” he said.

    The company will also market Chery H5 minibus and Chery Q22 minibus, Chery B14 medium MPV, S12 City car, and Chery A13 mini sedan, gradually into the passenger car segment in domestic market.

    Chery is also eyeing the commercial car market by launching Q22B low pickup. “Initially, the products will be imported in the form of completely built up (CBU) but the company will also develop completely knock down project in Indonesia for certain types to make it more price competitive and easier to increase its production”.

    The total investment for Chery’s business restructuring in Indonesia has reached US$20 million. “The investment is only for working capital and distribution, excluding the construction of assembling plant,” he added. (T06/msw

  7. SAYA PEMAKAI CHERY QQ 800CC SAMPAI SEKARANG TIDAK ADA MASALAH YANG SERIUS MENGENAI MESIN.HANYA SERVICE RUTIN SAJA.
    HANYA RETURN VALUE YANG RENDAH
    BILA ANDA MEMIKIRKAN RETURN VALUE YANG TINGGI TIDAK SELAMANYA MUNGUNTUNGKAN.
    BERIKUT ILUSTRASINYA…
    MOBIL MEREK JEPANG DENGAN MEREK DAN TIPE YANG SAMA TAHUN 2010 NEW CAR RP.200jt/UNIT
    SETELAH PEMAKAIAN SAMPAI DENGAN 2011,RETURN VALUE RP. 190jt/UNIT KARENA PADA 2011 NEW CAR RP.215jt/UNIT
    NAH SETELAH PENJUALAN MOBIL BEKAS APAKAH KONSUMEN TIDAK MEMBELI MOBIL TAHUN YANG LEBIH BARU DAN KEMUDIAN MENAMBAH BIAYA PEMBELIAN ? ATAU KONSUMEN BERHENTI PEMAKAIAN KENDERAAN PRIBADI?

  8. saya konsumen Geely cross. yang STNK nya tidak jadi sampai akhir Februari 2012. selama memakai mobil geely cross (4bulan). inilah hasil analisa saya : 1. mobilnya lincah di jalan rata, loyo di tanjakan. 2. mesinnya jago minum lebih ganas dari Daihatsu Terios. 3. transmissinya dipindahkan sangat enteng mengalahkan produk lain. Bengkel service nya hanya ada di Kemayoran dan fatmawati bengkel umum masih belum mengenal karakteristik mobil ini. Suku cadang TIDAK pernah ada toko suku cadang di Jabodetabek ini. ini komentar saya yang sudah memakai.

  9. ane juga pake qq tapi g pernah ada masalah,yang bermasalah mungkin indomobilnya kali ya? SDm kurang berkualitas

  10. Hey there, You have done a fantastic job. I will certainly digg
    it and personally suggest to my friends. I’m sure they will be benefited from this website.

  11. Saya memakai Geely MK 2 slm 2 Thn, secara keseluruhan bagus, buat tanjakan respon cepat bahkan bisa megalahkan mobil merek yg lain, terlebih-lebih di trek lurus. Memang ada kelemahanya dn sy pikir semua mobil demikian, kelemahanya tdk fatal, sprti pintu agk di tutup dgn keras sblh setir. tpi yg jdi mslah adlh diri kita, yt byang2 kekuatiran trhdp mobil cina. jlani sja, wktu membuktikan.

  12. au ah gelap. malas juga kalo service dan beli part ya jauh……
    deketin dong

  13. Kalau mau beli spare mobil chery QQ yg 800 cc dimana ‎​​°♧ȋȋ̊γ̲̣̣̥ÿ̲̣̣̣̥γ̥ɑ̤̥̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊♧°, tolong dong

  14. Kalau mau beli spare mobil chery QQ yg 800 cc dimana ‎​​°♧ȋȋ̊γ̲̣̣̥ÿ̲̣̣̣̥γ̥ɑ̤̥̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊♧°, tolong dong soalnya indomobil dak punyai

  15. Tempat service utk type Chery QQ dan spare part ?

  16. I know this site offers quality based posts and
    additional data, is there any other website which provides these kinds of information in quality?

  17. [...] sumber http://motorek.wordpress.com/2011/09/28/indomobil-stop-jual-chery-quo-vadis-untuk-merek-china/ [...]

  18. BBM Naik ane mah tenang aja kan ada cherry QQ 800 gue yg bener bener iriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiitttttttt banget……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 69 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: