Saatnya berburu jas hujan !!!…

Sekali dua kali, hujan mulai menyambangi ibukota, tanda – tanda mulai musim hujan sudah tiba. Buat biker musim hujan bisa merubah kebiasaan berkendara. Perbekalan yang dibawapun bertambah seperti sepatu boot dan jas hujan.

Sudah tiga kali musim ujan ini untuk jas ujan selalu mengandalkan Rosida. Dari tiga musim itu sudah 4 stel jas hujan rosida dihabiskan. Rosida mempunyai material yang kuat dan cukup nyaman dipakai bahkan waktu tidak hujan sekalipun. Cuma jas ujan model ini mempunyai kelemahan diselangkangan. Ketika hujan besar rembesan air diselangkangan selalu membasahi celana.

Analisis sementara, penyebab rembesan air di selangkangan karena motornya batangan sementara badan segede beruang, kalo pas naik motor kan selalu ngangkang sehingga celana bagian selangkangan selalu tertarik yang mengakibatkan melebarnya pori2 didaerah sambungan padahal ukurannya udah digedein dari ukuran badan. Kalo make bebek atau matik mungkin jas ujan lebih awet kali ya !!!!.

Menyambut musim hujan tahun ini saya sudah berencana ganti merek. Sedikit lebih mahal gak masalah yang penting pakaian aman dari guyuran hujan. Sampai sekarang masih bingung pilih yang mana. Dari browsing dan tanya sana sini akhirnya ada beberapa merek yang masuk dalam daftar nominasi  :

1. AXIO, harganya sekitar 150 ribu(sudah liat barangnya). Dilihat dari model dan jahitannya AXIO ini mirip2 dengan Rosida yang terdiri dari dua lapisan, masih ragu takut nasibnya sama seperti Rosida lamaku.

2. Takachi, harganya sekitar 150 ribu (sudah liat barangnya). Sama juga seperti Rosida atau AXIO, tapi lapis luarnya sepertinya lebih lebut ketimbang Rosida.

3. GMA, harganya murmer 75 ribu (sudah liat barangnya). Bahannya seperti dari karet lentur dengan sambungan model press. kelebihannya pada bagian selangkangan didesain seperti ada kantong mirip celana untuk pencak silat atau karate. Sehingga ketika ngangkang sambungan tidak ketarik. Tapi sayang GMA ini all size jadi untuk badan sebesar beruang masih terasa sempit.

4. Dray Master, harganya 400 ribu (liat disini). Dengan model full seam sealed plus polyester mesh katanya dijamin kuat dan anti bocor. produk lokal ini bikinan lokal Respiro Cimahi Bandung. Sayang harganya udah over budget.

5. CTK (Celana Taslan Kanguru), harga 180 ribu (liat disini). Produk lokal dengan bahan Taslan waterproof yang diklaim anti robek plus di bagian selangkangan ditambahkan Jahitan seperti popok (contoh celana polisi/satpam) sehingga tidak mudah robek dibagian selangkangan, selain itu ditambahkan lem dibagian jahitan sehingga pori-pori jahitan tidak tembus air. mmm… sepertinya menjanjikan.

6. GIVI, harga 300 ribu (liat disini). bahannya keliatannya bagus karena setelah dijahit dilapis lagi oleh givi dengan plastik yang lentur. Sesuailah dengan harganya.

7. Tiger head, harga 80 ribu. (liat disini). Bahan karet mirip dengan GMA dengan sambungan di press. Sama juga seperti GMA Tiger head hanya ada 1 ukuran XL.

Sementara baru itu referensi yang ada. kalo sobat semua punya referensi atau testimoni jas hujan yang dipake silahkan di share disini…

~ oleh masbloro pada 26 Oktober 2011.

24 Tanggapan to “Saatnya berburu jas hujan !!!…”

  1. respiro wae xixixixiii

    http://jaranwesi.wordpress.com/2011/10/26/the-village-encyclopedia/

  2. Thank infonya.
    Kebetulan jas hujan saya sudah bocor :)

  3. itu naek motor selam? Xixixi

  4. dah cb merk dmm mas bro, dulu pernah beli di kaskus. klo penjualnya sih mengklaim bahan dr goretex, klo kena air seperti daun talas, tp blm pernah mencoba klo ujannya deras bgt.

  5. busyet, jas hujan d apain aja sampe hbs 4 biji dlm 3 taon?

  6. artikel yang sangat berguna…emang menyebalkan kalo selangkangan merembes…pengalaman beli yg di ACE, yg model loreng ABRI, udah mahal, rembes, lapisan karetnya yg bagian dalam tipis bgt & cepet mengelupas/robek…malah kalao praktis dan anti basah selangkangan adalah ponco/betmen, cuman ga safety…merk layar ga dibahas kang?

  7. sedia payung sebelum hujan,….

  8. mungkin solusinya pake jas hujan yg model baju tapi panjang sampe selutut, jadi air ga kena selangkangan.
    tapi ada ga yach?

    • Ada bro, ane pernah make dulu, model kancing jepret, sampe bawah lutut, tp harus pake matik enaknya, krn kaki bisa rapet dan belahannya bisa diminimalisir. pake bebek masih bisa lah, tp kalo pake batangan, ga bisa dong…emang enak, ga bocor selangkangan, tp ribet kalo kaki satu turun pas lagi brenti atau macet, bolong2 juga krn kancingnya lepas…

  9. udah 8 tahun pake model ponco belum ganti2.
    ponconya yang dpt dr sodara yang p*l*si.
    kuat bgt tuh ponco.
    tapi ga saranin klo pake ponco, klo ujan susah bgt handling motor.

  10. pake axio aja ya gan, nih blog ane juga jualan
    harganya lebih murah

    http://jashujanaxio.wordpress.com/

  11. gan, axio takut kaya rosida ente mank knp keluhan ny?
    kebetulan ane baru mw cari axio nich,
    klo GMA g tembus, brarti lbh bagus drpd axio y?

    mohon pencerahan ny maz bro :-)

    • dalam pandangan saya axio setipe dengan rosida, keluhan utama adalah setelah pemakaian agak lama sambungan di selangkangan rembes, apalagi kalo motornya batangan dimana posisi kaki selalu ngangkang. sedangkan GMA selama tidak sobek jelas lebih tahan hujan dari ketimbang axio atau rosida, cuma GMA itu tidak punya ukuran alias all size sehingga buat orang yang berbadan besar jadi bermasalah. Kalo soal kenyamanan jelas axio dan rosida lebih baik dari GMA

  12. thanks bro atas ulasan produk kami…
    tapi dari pengalaman kami yang sudah mengirim ratusan paket dan ribuan pcs, alhamdulillah pelanggan merasa puas dengan produk kita dan belum ada komplain yang signifikan..
    tapi balik lagi jas hujan juga buatan manusia..kalau pingin gak basah saat hujan ya naik mobil aja..
    genteng aja bisa bocor…apalagi kalau hujan deras dan lama

    salam kenal dari jashujanku.com

  13. Jadinya pilih yang mana gan? yang nggak bocor di selangkangan.

    Soalnya saya juga mengalami nasib serupa.
    Tapi abis baca tulisan agan, saya jadi mikir2 deh kalo mau beli rosida atau axio. takut bocor lagi selangkangannya.

  14. respiro aja gan, pengalaman pake respiro selalu puas…
    saya belom pernah coba jas hujannya sih, tapi kalo jaket emang memuaskan. oh iya, kalo yang di atas terlalu mahal, coba cari respiro yang trasnsparan,, Rp 215 ribu-an kalo gag salah.

  15. Sudah pernah pake Jas hujan AXIO baju depan ngombak gitu jadi kalau ga teliti bisa jadi penampungan air dan akhirnya masuk lewat resleting baju.

    kalau untuk celana emang rembes di selakangan.

    Ini lagi nyobain yang Respiro.

  16. ikut nyimak

  17. klo gw ga pake semua merk diatas, gw pake merk Feng (merk Cina)
    percaya ato ga, gw pake dr tahun 2007 sampe skrg 2014 ga bocor, ga rembes
    rusaknya cm 1, karet di tangan kanan udah putus, tp ga ngaruh jg
    ujan deres tanpa pake jaket pun, ampe kantor baju msh kering
    masalahnya…. gw ga tau tuh dimana tempat yg jual merk itu lg
    ciri jas ujannya model karet elastis, tipis, agak tembus pandang tp kuat

  18. kebetulan ane penggiat gunung gan, concern banget sama yg namanya waterproof dan breathability.
    ane sendiri skrg pake yg dray master dari respiro: bahan nilon waterproof kuat, tiap jahitan ga ada rembesan, full waterproof, ringan, warna merah cerah, gampang nyucinya pake air aja jangan pake deterjen gan.
    Minusnya: harganya masih standar (400rb an), klo TNF/Millet/Eider udah 800rb an 1 set kali gan, ga breathable alias uap keringet ga keluar jaket, air masih suka masuk dari kerah kalo hood nya ga dipake, ga lentur.

    Pernah juga saya pake merk DMM pabrikan Bandung, bahan goretex 2,5 Layer. Plusnya: breathable alias ga panas klo dipake aktifitas nanjak gunung, waterproof banget, atmosfer tubuh serasa ga pake jas ujan, ukuran gede, ada kantong doraemonnya, hoodie&kerah cukup pas, ukuran variatif, harga lebih murah dari Respiro (sekitaran 160rb an).
    Minusnya: 3x lebih berat dibanding Respiro (sekitar 500gram an), packingan lebih besar dibanding Respiro, kain lebih kaku dibanding Respiro.

    Kedua jas ujan di atas kalo kena deterjen langsung pudar sifat waterproofnya gan, ane nyesel jaket DMM ane pernah dicuci sama pembantu pake Rinso, hiks hiks… ilang dah waterproofnya, ngerembes total dah jas ujan DMM ane gan… Mesti beli spray Nikwax yg 250rb an biar waterproof nya bisa kuat lagi.

    maen2 ke forum OANC Kaskus tentang waterproof gan…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 69 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: