2012, tahunnya motor sport ?

Tidak dipungkiri gebrakan motor sport tahun ini tidak seheboh gosip yang mengiringinya. Tahun ini adalah tahunnya motor matic berkat hentakan Honda dan Suzuki yang menggelotor pasar dengan produk-produk gress. Sementara bebek seolah kehilangan gairah walaupun Honda mencoba menggebrak dengan varian baru melengkapi yang sudah ada.

Akankah tahun depan, 2012 menjadi tahunnya motor sport untuk beraksi ? Potensi itu ada karena masing2 ATPM digosipkan tengah memoles senjatanya untuk tahun depan. Semakin membaiknya daya beli masyarakat plus isu pembatasan BBM turut mendukung keyakinan bangkitnya motor sport di tanah air.

1. Honda

Honda sebagai pemimpin pasar seolah tidak kehabisan amunisi di segmen motor sport walaupun telah mengguyur pasar dengan CBR series. Honda Tiger sebagai legenda Honda tahun depan sudah waktunya untuk dirombak total. Sebab kalau tidak nama besarnya akan tinggal sejarah saja dimasa yang akan datang.

Selain menunggu wujud baru dari Tiger, isu seputar motor baru berchasis teralis semakin ramai di akhir tahun. Banyak kalangan yang berkeyakinan inilah “the real vixion killer”. Walaupun sampai sekarang masih gelap, seperti sebelum-sebelumnya gosip banyak yang menjadi kenyataan.

2. Yamaha

Ternyata dorongan dari blogger untuk menghadirkan Yamaha R 15 ke tanah air tidak membuat Yamaha Indonesia bergeming. Alasannya sederhana saja Vixion yang sekarang menjadi raja dianggap punya kapasitas tidak terlalu jauh dari R 15, Yamaha tidak mau kehilangan momentum atas keperkasaan vixion memimpin pasar. Kalo tahun depan Vixion penjualannya makin menurun atau terjatuh dari tahta baru Yamaha mungkin akan mempertimbangkan menghadirkan R 15 sebagai pengganti Vixion atau mendampingi saja.

sang raja

3. Kawasaki

Kawasaki tampaknya juga sedang membidik pasar sport paling gemuk 150 cc. Kabarnya Kawasaki tengah menyiapkan Ninja 150 4 tak sebagai pengganti motor 2 tak yang semakin dilupakan orang. Mengandalkan desain sang kakak Ninja 250, Ninja 150 punya peluang bagus untuk merebut pasar mengingat masih sedikitnya pemain motor sport full fairing.

Mungkin tahun depan sudah waktunya buat Kawasaki meng up grade Ninja 250 untuk mempertahankan daya saingnya dengan Honda CBR 250. Kawasaki masih menimbang nimbang apakah perlu menghadirkan versi injeksinya ke tanah air.

4. Suzuki

Kegagalan membangkitkan Suzuki Thunder tahun ini, tidak membuat Suzuki kapok untuk gigi tahun depan. Sang baby B-king, Suzuki GW 250 sudah dipastikan akan hadir tahun depan dan siap mengisi kekosongan pasar naked bike kelas 250 cc.

5. KTM

Ini dia motor yang paling ditunggu di tanah air KTM Duke 200, Pabrikan eropa pertama yang bakal merambah tanah air dengan mesin kecil. Berkolaborasi dengan Bajaj Duke menghadirkan ancaman paling serius untuk kelas di atasnya 250 cc. Ini merupakan pola strategi Bajaj dalam melakukan penyerangan ke pasar. Bermodal mesin ber cc lebih kecil tetapi dengan kapasitas motor ber cc diatasnya membuat produk Bajaj bersaing secara teknis dan harga. Liat saja gebrakan Bajaj pulsar 135 cc yang mencoba merebut pasar kelas 150 cc dan Pulsar 180 (sebelum kehadiran pulsar 220) bersaing dengan Tiger dan Scorpio.

Andai saja harga KTM Duke 200 berharga dikisaran 30 juta, bukan saja menghantam motor kelas diatasnya seperti CBR 250, Ninja 250 atau GW 250 tetapi juga bisa menarik penunggang motor dibawahnya seperti Tiger, Scorpio atau Vixion.

6. Bajaj

Bermodalkan perkawinan antara teknologi DTSi 4 valve ala pulsar 135 dengan teknologi KTM, Next Pulsar sepertinya akan menjanjikan. Apalagi stategi harga bersahabatnya masih dipertahankan, pabrikan Jepang akan dipaksa mengkalkulasi ulang semua harga motornya supaya tetap bersaing tahun depan. Belum jelas benar versi mana yang akan keluar apakah 150, 180 atau 220? malah ada gosip lagi versi 200 dibangkitkan lagi. Yang jelas akan diatur dengan KTM Duke 200 dan 125 supaya tidak saling makan. Dari penampakannya banyak beredar di internet, generasi baru pulsar series ini layak untuk ditunggu.

Selain next Pulsar, masih ada beberapa senjata lain yang sudah siap dipasarkan kerena sudah melewati proses pengujian di lapangan, seperti Bajaj Avanger dan Bajaj Discover. Namun untuk produk ini nampaknya lebih berhati-hati, belajar dari kegagalan penjualan XCD 125, sama2 menonjolkan fungsi ketimbang desain rasa2nya varian ini masih sulit diterima pasar.

7. Minerva

Kesuksesan dari Minerva R 150 VX menginspirasi Minerva untuk menghadirkan versi telanjangnya alias model naked bike tahun depan. wah-wah makin padat saja kelas 150 cc.

8. Hyosung

Pabrikan Korea ini akan memberi warna baru untuk pasar tanah air. Setelah kehadiran Hyosung GT650R, sang adik Hyosung GT 250R pun siap menyusul.  Mengandalkan mesin V-Twin berkapasitas 249 cc mampu menghasilkan tenaga 27 hp siap bersaing dengan Ninja 250, GW 250 dan CBR 250.

9. TVS

Walaupun hanya mengandalkan TVS Apache RTR 160, tahun depan TVS mungkin akan membuat kejutan dengan menghadirkan motor yang sama dalam versi full fairing seperti yang pernah diperlihatkan pada gelaran PRJ yang lalu. Walaupun TVS masih fokus pada segmen bebek, tidak ada salahnya jika Apache RTR 160 diberi teman. Pilihannya bisa sang kakak TVS Apache RTR 180 atau TVS Metro.

Melihat deretan motor yang kemungkinan akan hadir tahun depan, sudah tidak sabar rasanya untuk segera masuk tahun 2012 dan menikmati persaingan sengit antar pabrikan. Siapa yang bakal berjaya dan siapa yang bakal tumbang? kita tunggu saja tahun depan.

About these ads

~ oleh masbloro pada 28 Desember 2011.

13 Tanggapan to “2012, tahunnya motor sport ?”

  1. setuju..era-nya harus berubah..

    nitip masbro..
    http://boerhunt.wordpress.com/2011/12/29/ktm-harus-punya-icon-nih-ktm-ayu-tingting-misalnya/

  2. betul skali thnx Motor Sport, tp matik tetap menjadi primadona di tanah air, krn beberapa pabrikan msh akan meluncurkan produk” matik yg baru. yang pasti di thn 2012 makin banyak pilihan motor :)

  3. motor alay tetep banyak juga
    http://pertamax7.wordpress.com/2011/12/29/knalpot-nob1-memakan-korban/

  4. mana gambarnya tiger new 2012??????

  5. tak sbar menunggu Duke 200…

  6. Bingung mau pilih yang mana? :(

  7. keren ya..rame nih perang sport. taun depan yg mengusung teknologi injeksi selain Honda ada Yamaha….yg lain ndak tauuuu…kalau bisa semua pake injeksi biar lebih ramah sama lingkungan.

  8. klo motor bebek mulai sekarat, g ada salahnya mulai dipikirkan motor matic super sebagai pendamping motor sport yg stabil bahkan menguat.

  9. Mantap….ninja 250r is the best

  10. nitip
    http://wp.me/p2aLFq

  11. seperti apapun bentuk kendaraan,tentunya sebuah alat transportasi so adalah pilihan cerdas bila mengedepankan fungsi daripada gengsi,so buat bro and sis jangan sampai salah menentukan pilihan……..

  12. ktm duke klo di bawah 40 jeti pasti ane beli dah :D:D:D:D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 68 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: