Penjualannya dlozorr, nasib bebek matik diujung tanduk

Motor bebek tapi matik, motor matik betuknya bebek. Bebek matik yang sebenarnya merupakan inovasi yang cukup baik dari 2 pabrikan besar di Indonesia, Honda dan Yamaha. Motor ini jelas menyasar pengguna bebek yang ingin mendapatkan kemudahan ala matik tanpa oper2 gigi. Tapi entah kenapa kenyataan tidak sesuai dengan rencana. Harapan penjualan tinggi nyatanya cuma pepesan kosong. Masih belum jelas sumber kegagalan bebek matik ini apakah dari sisi teknologi atau strategi pemasaran.

Fakta di lapangan Revo AT yang digadang2 Honda bakal mampu menembus 3 ribu per bulan di tahun pertama 2010, malah jeblok yang hanya sanggup membukukan  pejualan 7.724 unit atau rata2 1.287 unit per bulan. Angka ini jelas buruk untuk brand sekelas Honda, karena kurang dari separonya target. Ditahun berikutnya bukannya membaik tapi malah makin terpuruk. Revo AT yang dibandrol 15,8 juta malah hanya terjual secara rata2 426 unit perbulan. Puncaknya ya di tahun 2012 ini, pada bulan februari dan maret membukukan 0 unit penjualan.

Buat Honda kondisi ini jelas lebih parah dari CS1 yang masih dipertahankan hingga sekarang. Dua kali membuat motor tanggung dua kali pula menuai kegagalan. CS1 didesain diantara bebek dengan motor sport sedangkan Revo AT didesain diantara bebek dan matik. Ini akan menjadi pelajaran berharga buat Honda untuk riset motor baru berikutnya.

Nasib Yamaha tidak jauh berbeda dengan Honda, dibulan yang sama tahun ini juga gagal membukukan penjualan. Total penjualan kedua model dari dua pabrikan sepanjang bulan Januari s/d maret hanya 36 unit! paraaah….

Ini jelas menjadi buah simalakama buat kedua pabrikan. Biaya riset untuk menciptakan mesin yang dianggap sebagai inovasi baru tentu angkanya tidak sedikit, belum lagi investasi untuk pabriknya jumlahnya juga tidak main2. Jika di stop penjualannya tentu akan menjadi kerugian yang besar buat Honda dan Yamaha. Tetapi jika diteruskan dengan kondisi penjualan yang seperti itu juga akan menjadi beban operasional yang besar juga.

Kedua pabrikan mengaku masih mempelajari penyebabnya. Apakah memamg kultur orang Indonesia yang tidak senang terhadap sesuatu yang nanggung atau harga jualnya kemahalan, atau timingnya kurang pas ataukah edukasi pasarnya yang tidak tepat sasaran?

Bebek matik nasibnya benar-benar diujung tanduk. Bagaimana menurut kalian….

About these ads

~ oleh masbloro pada 1 Mei 2012.

8 Tanggapan to “Penjualannya dlozorr, nasib bebek matik diujung tanduk”

  1. mengenaskan

  2. Inovasi tak selamanya menuai hasil positif. :)

    honda akan selalu di atas yamaha

    http://motoroda.wordpress.com/2012/05/02/yamaha-dan-suzuki-tak-akan-mampu-menggulingkan-honda-di-segmen-skutik/

  3. Jual murah saja…

  4. tenang..mesinnya masih modal koq :)

    http://silvervaio.wordpress.com/2012/05/02/honda-revo-at-dan-yamaha-lexam-masih-ada-harapan/

  5. Brother semua, mohon maaf atas komentar2 saya selama ini yang memang t0l0l dan tidak pakai ot4k. Jujur memang saat test aikyu (Intellegensi Quotient) dulu hasilnya saya memang di bawah rata2. Jadi sekali lagi mohon maklum dan mohon maaf yaaaa

    Jujur saja selama ini saya memang bekerja di perusahaan vendor digital sebagai help desk merangkap OB, dan perusahaan tempat saya bekerja dibayar sama merk yg saya bela itu untuk membela mati2an merk itu. Sebenarnya pembelaan saya pada merk itu sangat menyakiti nurani saya karena merk itu cara berbisnis nya tidak jujur dan suka membolak – balik opini. Ya tentunya bekerja sama juga dengan blog Juragan itu, dan kami sama2 dibayar merk itu untuk melakukan pekerjaan yang menyakiti nurani kami, namun apa daya, kami telah menjual nurani kami pada set4n yg berwujud uang.

    Karena setelah menjual diri pada set4n uang ini bayaran saya masih tidak kenyang utk makan 3x sehari, jadi saya juga menjadi gig*l0 h*m0 selepas jam kantor, mangkal saya di salon ……. (Salon khusus h*m0). Kata orang pekerjaan kan harus dinikmati, jadi saya juga sangat menikmati pekerjaan saya sebagai gig*l0 h*m0. Lumayan sih duitnya. Bagi yang membutuhkan jasa saya, bisa contact saya via email. PASTI SAYA PUASKAN ANDA…..

    Salam cinta dan sayang selalu
    MMMmmmmuuuuuuuaaacchhhhh

    Byeeee Honeyyy…. Miss you…..

  6. waduhh kok akika jadi curhat di sindang boooo

    maaaafff ya cynnnn

  7. tipe ini belum diperlukan kelebihannya oleh orang indonesia,

    http://tafri22.wordpress.com/2012/05/04/mari-berwisata-sejarah/

  8. bebek matic harus rela mengundurkan diri dari dunia perotomotifan,karena ga laku dan kurang disukai oleh orang – orang!!!
    sabar – sabar ajha yaaaa…
    diwakilin dengan produk yang lain..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 69 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: