New Honda Blade vs Yamaha Jupiter Z1, persaingan yang sempurna

Setelah tenang agak lama, pasar bebek tiba – tiba kembali bergelora, penyebabnya tidak lain adalah kehadiran senjata dari dua seteru abadi Honda dan Yamaha. Dalam kasus kali ini sedikit berbeda dengan sebelum sebelumnya. Karena New Blade yang menjadi andalah Honda beradu dengan Jupiter Z1 yang menjadi gacoan dari Yamaha. Terlepas dari siapa sebenarnya yang meniru  dan siapa yang mengekor desainnya, persaingan keduanya menarik untuk diamati.

Honda kembali menunjukkan agresifitasnya dalam menyerang Yamaha. Jika sebelumnya Honda lebih banyak membuat deferensiasi produk untuk menyerang secara tidak langsung, tampaknya sekarang berani menyerang secara terang terangan kompetitornya itu. Wajar saja, lha wong Honda sekarang lagi berkuasa. Rajanya bebek memang harus terus dipertahankan. Walaupun peran bebek mulai digantikan oleh matik tapi kuenya masih cukup besar, mungkin paling tidak sampai 5 tahun kedepan pasar bebek masih tetap menarik.

Strategi pertama telah dijalankan, New Honda Blade lahir duluan. Sebagai market leader ini penting untuk mempertahankan pasar. Apalagi desainnya mulai mirip jagoan Yamaha. Kalo sampai brojolnya duluan Jupiter Z1, apa kata dunia?.

Jadi kalo mau nonjolin wajah bakalan susah. Kudu ada strategi lain untuk menyodok lawan. Menyadari desainnya sama – sama ganteng Yamaha tampaknya mencoba untuk habis – habisan di strategi marketing. Momentum adu balap di motor GP kembali menjadi arena promosi Yamaha. Sekarang Yamaha tidak lagi menjadikan moto GP sebagai brand awareness tetapi menjadi direct marketing dengan menjadikan Jupiter Z1 sebagai kendaraan resmi Yamaha untuk wara wiri di paddock Yamaha dan menggantikan tag line semakin didepan di baju pembalap. Uedaan…

Pertempuran motor bebek telah merambah ke moto GP menurut saya sudah merupan hal yang luar biasa, apalagi target pasar yang dituju adalah Indonesia yang tidak masuk dalam agenda balapan tahun ini. Ini juga menunjukkan betapa pentingnya pasar Indonesia buat kedua pabrikan. Gak tertutup kemungkinan Honda akan mengikuti jika cara ini dianggap efektif mengangkat pamor.

Strategi ini sepertinya tidak diduga – duga oleh Honda. Sedikit banyak perang di moto GP akan berpengaruh besar. Apalagi kalo jagoannya juga berjaya di moto GP. Yamaha bisa bilang ini adalah produk global yang sudah dipake dimana – mana. bahkan sudah dipake wara wiri di motor GP. Citra Yamaha Jupiter Z1 bakalan moncer sama dengan prestasi Lorenzo saat ini.

Makanya judulnya persaingan yang sempurna, mulai dari wajah mirip2, kubikasi mesin juga mirip2, keduanya juga menasbihkan diri sebagai motor kencang. Ada sedikit beda dalam beberapa hal seperti rem belakang dan power mesin, namun untuk sebuah bebek yang dipake harian, perbedaan itu tidak terlalu signifikan.

Lantas siapa yang akan menang? vonis akhir tetap ada di tangan konsumen. Konsumenlah yang menjadi voter paling dalam pertarungan ini. Siapa yang berhasil tunggu saja paling tidak akhir tahun nanti.

About these ads

~ oleh masbloro pada 24 Juli 2012.

32 Tanggapan to “New Honda Blade vs Yamaha Jupiter Z1, persaingan yang sempurna”

  1. vote new honda blade

  2. tunggu 3 bulan lagi,,,

    http://chozinahmad.wordpress.com/2012/07/24/konspirasi-terorganisir-pembunuhan-mobil-listrik-2/

  3. Tapi Blade belum injeksi. Power juga lumayan beda. New Blade lebih ke segmen anak muda. JZ1 “nampaknya” ngga cuma anak muda segmennya.
    nitip :arrow: http://z1riders.wordpress.com/2012/07/14/siapakah-lawan-sepadan-jupiterz1-dari-honda-jawab-belum-ada/

  4. zi ngeri

  5. Diantara keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya…
    Kelebihan :

    1. Yamaha Jupiter Z1 sudah Injeksi
    2. New Blade rem belakang Cakram

    kekurangan :
    1. Yamaha Jupiter Z1 rem belakang tromol
    2. New Blade masih karburator..

    Kalo disuruh memilih saya vote New Honda Blade… cmiwww

    “koreksi kalo salah ya”

  6. NHB sudah sering lihat NJZ1 masih jarang… pembuktian tunggu per triwulan dulu

  7. fitur menang blade
    teknologi menang jupiter

    harga menang blade
    desig lebih fresh jupiter

    kekurang blade ;
    1. belum injeksi
    2. kepala kebesaran

    kekurangan jupiter ;
    1. rem teromol
    2. harga tergolong mahal

    Value to money “Honda Blade” krn motor injeksi belum memiliki suatu nilai jual yang terlalu bagus seperti kasus supra X inj dan Shogun FI yang melempem.

  8. jelas pilih Blade lah.
    harga murah, model keren, fitur oke

  9. Klo diliat2 lg fiturnya si blade masi cukup mumpuni dengan double cakram dll…klo si jupie nebeng image GP doank, blm tau performa beneran dilapangan tow?

  10. Karena saya punyanya new blade ya jelas pilih NHB dibandingkan NJZ1…apalagi melihat review dari berbagai media otomotif yang mengatakan performa NJZ1 yang gak jauh2 amat dari NHB…top speed juga sama sekitar 110 kmh,,,dengan harga yang jauh lebih murah plus fitur yang lebih OK…”RDB, Bagasi lebih besar”..gak nyesel punya motor ini,justru bangga hampir setahun punya nih new blade repsol….dari segi kualitas honda jangan ditanya soal mesin..murah bukan berarti murahan,kekuatan masspro honda emang jooz bikin motor murah namun tetap berkualitas…buktinya mesin hampir setahun pemakain ini masih halus dan enteng tarikannya,putaran atas juga selalu ganas…bbm pun masih sama kayak baru belinya dulu..top speed masih dikisaran 109-110 kmh…
    kekurangan fatal dari new blade adalah lampu depannya yang kegedean…tapi di new bladeku sudah aku atasi kekurangan itu,aku tutupin skotlit bagian sampingnya kedua lampu new bladeku agar keliatan lebih sipit…jadi nampak kayak njz tapi lebih tajem dan cenderung kayak cbr600rr..hahaha…
    puaslah pake new blade :-)…trutama krn performanya lebih dari yang aku harapkan dulu sebelum beli…ga bohong ane bilang kayak gini, buktinya mpe konstruksi mesin eftnya honda yang perkasa ditiru ama njz1 yang sekarang..lihat aja roller rocker arm, offset silinder dan head silinder kotak di njz1 sekrang???..semua udah ada duluan di honda blade kan??
    btw kayaknya njz1 juga oke kok,kualitas dan performanya juga mantabh, dan aku yakin dari segi kualitas body njz1 lebih joooz dari new blade…..cuman harganya itu loohh kok mahal amat yah…tetapi ya semoga sepadan dengan kualitas yang diberikan…
    overall njz1 vs nhb sama2 recommended kok dari performa dan kualitas, tergantung selera dan isi kantongmu, perang kedua motor ini layaknya perang yamaha yzr m1 vs honda rc213v di sirkuit panas motogp..hahaha
    upz ndak terasa banyak banget komentq…semoga berguna bro&sis

  11. persaingan antara saudara kembar ( beda pencipta )..
    wah ternyata seru juga ya ,baru kali ini aku ngelihat motor beda penciptanya mirip abisssss!!!!

  12. Kalo honda n yamaha udah biasa,kalo suzuki mana jagoannya?

  13. Yamaha JZ1 sih sepertinya lebih mantap dan halus suspensinya,..teknologinya lebih oke di banding Honda blade..:)

  14. lain orang lain jg kemuanya.pilih aja ssuai hati nurani,honda pa yamaha,kl saya emang honda.ya blade ! the end.

  15. YZ1 mantap tarikannya apa lg kalo jln agak macet manuver zig zag pas bgt mirip yg di iklan, pokoknya YZ1 siiiplah….!

  16. kayaknya sih lebih baik HONDA NEW BLADE NYA DEH

  17. z1 dong yg kerreeen

  18. jelas honda blade,…mesin tahan panas,..makin panas makin enteng…beda sm yamaha,..tarikan jadi lemot klw panas,mesin jadi agak kasar…powernya menurun waktu baru pkai sm sesudahnya………beda banget lah sm honda.
    like blade lah dripada jupiter.soal body bisa dikasih sentuhan modif,tapi klw mesin??mikir2 dlu lah..
    yamaha jagonya bikin body motor sporty
    honda jagonya bikin mesin berkualitas.
    suzuki mana??????

  19. Bingung….

  20. waduh goblok banget lu, jelas jauhlah, yAMAHA Z1 jauh lebih unggullah dasar oon, jupiter z1 standar bisa digeber sampai 120 km/h oleh doni tata, sedang blade hanya 107 km/h, new blade tambah ketinggalan lu,

  21. Jelas z1 yg lebih canggih ,pas buat yg muda

  22. klo bwt gw ttp njz1..
    tarikannyaaa… wuzz.,.
    manuvernya enak…

  23. MOTOR GWA NEW HONDA BLADE
    GWA”ONE HEART”

  24. jzi forever.

  25. sapa bilang njz1 mantap tarikannya? masih menang kuda lagi.

  26. Pak sy mau bilang kalau bisa cc motor new honda blade repsol di bikin lebih gedein lagi. Ya kalau bs ccnya 550 aj ya biar tarikanya lebih kencang ya?

  27. Liat dl seni design grafiknya.. Pake hati nurani bicaranya.., pegang hati nurani mu mana lbh membanggakan naik New Blaze ato si ngakunya makin terdepan.. !!!
    Ibarat BMW dibandingkan dgn Gerobak sayur .., jauh beda lah bung !!!
    Honda , I Love U .. Smoga era kejayaan aja di MotoGP dpt terulang kmbli..
    Gwa slalu berdoa n berharap dapat meliat masa2 keemasan dulunya..
    Cia yo yha …

  28. kalau ane sendiri pakai HBR tapi jujur memang model lebih bagus an JZ1 tapi secara kwalitas mesin honda lebih baik saya kira

  29. top speed njZ1 117+ itu.. di blog iwb.. sedangkan blade di you tube hanya 110.. 0-100 pun njz1 17 detik.. blade 20 detikan.. ..

  30. MANUT SELERA MASING2 DECHHH…KAGAK USAH SALING JELEKAN… SEMUA ADA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN… YA NGGAK…?

  31. TERGANTUNG DUITMU PIRO??? GITU AJA KOK REMPONNNGGG….LHA WONG YANG BIKIN SUDAH AHLI AHLI SEMUAKOKK TU LIAT, SAMPE BOTAK KEPALANYA ….XIXIXIXIXIX….

    CAH TAWANGMANGU…JUOOOOSSSSSSSS.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 67 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: