SUV Hyundai ix35

Sebagai salah satu pemain serius di segmen SUV, Hyundai semakin rajin menelurkan produk baru, salah satunya adalah ix35 yang mengacu pada mobil konsep ix-onic.

Mobil konsep ix-onic itu sendiri pernah dipamerkan di ajang Geneva motor show pada Maret lalu. Mengenai kehadiran ix35, Hyundai bermaksud untuk menggantikan Tucson yang tak akan diproduksi lagi.

Rencananya, Hyundai ix-35 ini akan resmi diluncurkan pada Frankfurt motor show bulan depan, demikian keterangan sumber Hyundai awal pekan ini.

Hyundai mengatakan produk anyarnya ini lebih bergaya dan lega, dan bisa dijadikan alternative bagi Volkswagen Golf dan Ford Focus, serta SUV berukuran lebih bongsor semacam Nissan Qashqai.

Untuk pasar Eropa, Hyundai meluncurkan ix-35 dengan spesifikasi dan gaya berbeda dengan saudaranya di Korea. Yang jelas, produk untuk Eropa lebih keren, meliputi lampu kabut depan yang baru, lampu depan yang lebih dramatis dan sejumlah detil berlapis krom yang membuatnya makin berkelas. Bagian buritan juga mengalami sentuhan baru dengan lampu LED.

Pokoknya, ix35 dijamin keren abis dan ini akan dijadikan gaya bagi model-model Hyundai di masa mendatang. Coba perhatikan gril heksagonalnya yang atraktif dan garis bodi yang lebih agresif.

Tak cuma itu, Hyundai juga mengklaim ix-35 ini lebih hemat BBM dan rendah emisi CO2 ketimbang para rival di kelasnya.

Nuansa Eropa sangat kental untuk ix-35 karena memang SUV Korea ini direkayasa dan digarap di pusat desain dan teknis milik Hyundai di Frankfurt, Jerman.

Di pasar Eropa, Hyundai menawarkan dua versi penggerak roda untuk ix-35, yakni penggerak roda depan dan penggerak empat roda (4WD). Tapi Hyundai memperkirakan sekitar 95% produk yang dijual akan berpenggerak roda depan.

Seorang sumber di Hyundai mengatakan bahwa sejumlah material dan perlengkapan di ix-35 berkelas, namun dipatok dengan harga lebih terjangkau dibandingkan dengan para rivalnya. “Kami akan memasang harga jauh lebih murah ketimbang Ford Kuga dan memiliki perlengkapan menarik yang mampu membujuk konsumen membatalkan beli Nissan Qashqai,” kata sumber tadi.

“Dari sisi emisi dan biaya operasional, ix35 akan sama dengan pesaingnya, seperti Focus, tapi kami rasa konsumen akan memilih ix35 karena memiliki kelengkapan lebih dan kabin yang lebih lega,” tambahnya.

Untuk dapur pacu kemungkinan sama dengan yang terpasang pada Hyundai ix-onic, yaitu mesin bensin baru berkapasitas 1.600cc direct-injection yang dilengkapi turbocharger. Mesin ini mampu memberikan tenaga 168bhp dan emisi CO2 149g/km. Bagi yang suka dengan mesin peminum solar, Hyundai menyediakan dapur bertenaga badak dengan kapasitas 2.000cc.

Jika penasaran dengan dimensinya, SUV yang dibangun di pabrik Kia di Slovakia ini mirip dengan Kia Sportage baru, karena memang keduanya berbagi platform. Tapi yang jelas karakteristik dua kendaraan satu induk ini berbeda sama sekali.

Hyundai rencananya memasarkan ix-35 di Inggris pada musim semi 2010 dan banderolnya mulai sekitar 16.000 poundsterling atau sekitar Rp 256 juta. Untuk konsumen Indonesia,kabarnya mau masuk tahun ini, menurut keterangan PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) dalam waktu dekat akan mendatangkan ix35 (disebut Tucson terbaru di beberapa negara) ke Indonesia.

“Kami akan memasukkan ix35 ke Indonesia, tapi belum tahu kapan. Kita juga lagi memikirkan apakah mobil ini akan kita impor utuh (CBU) atau kita rakit lokal (CKD),” ujar Presiden Direktur PT HMI Jongkie D. Sugiarto, Jumat (12/2), di sela peluncuran H1 CKD Indonesia, di Jakarta. jadi sabar saja.

sumber : inilah.com, indianaautoblogs.com, banjarmasinpost.co.id

Iklan

~ oleh masbloro pada 14 Februari 2010.

Satu Tanggapan to “SUV Hyundai ix35”

  1. […] SUV Hyundai ix35 « motorek […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: