Tips memutar yang aman untuk bikers

Banyak kecelakaan yang diakibatkan oleh kendaraan terutama motor yang tiba tiba memutar tanpa memberi tanda terlebih dahulu. Bagaimana sebenarnya cara memutar yang aman? Diambil dari millis scorpio yang ditulis oleh bro Imam Arkananto memberikan tips memutar yang aman.

Dalam memutar ada tiga hal utama yang harus diperhatikan.

  1. Tempat Memutar
  2. Proses/prosedur Memutar
  3. Mengutamakan keselamatan baik diri sendiri maupun orang lain.

1. Tempat Memutar

a. Jalan yang memiliki pemisah jalur

1.       Jika jalanan memiliki  pembatas jalan, maka berputarlah di tempat putaran yang memang disediakan untuk kita (ada rambu tanda berputar – U Turn).

2.       Jangan berputar ditempat putaran yang diperuntukan  kendaraan dari arah berlawanan, ataupun yang terdapat rambu dilarang berputar (U Turn – dicoret)

3.       Jangan berputar di ujung lampu pengatur lalu lintas (traffic light), kecuali jika ada rambu diperbolehkan memutar ditempat tersebut.

4.       Jangan sekali-kali menggunakan jembatan penyeberangan untuk berputar, jalur tanjakan yang disediakan dijembatan penyerberangan adalah untuk gerobak pedagang, bukan untuk sepeda motor. Jembatan penyeberangan adalah untuk pejalan kaki bukan untuk sepeda motor, jika anda menggunakan jembatan penyeberangan untuk memutar, selain melanggar aturan lalu lintas, anda jelas adalah biker kampungan

b. Jalan yang tidak memiliki pemisah jalur

1.       Jika jalanan tidak memiliki pemisah jalur maka carilah tempat yang cukup lebar untuk memutar dan jalur yang lurus serta datar.

2.       Jangan memutar di tanjakan/turunan  yang terjal (ada kemungkinan anda tidak terlihat oleh pengendara lain, selain itu kemiringan jalan bisa mengganggu keseimbangan motor)

3.       Jangan memutar di jalanan yang menikung  – posisi anda mungkin tidak terlihat oleh pengendara lain yang akan masuk ke tikungan tersebut.

4.       Jika situasi lalulintas ramai tunggu sampai situasi cukup aman untuk berputar, selama menunggu jika perlu berhent dulu di sisi kiri jalan.

2. Prosedur memutar

1.       Nyalakan lampu sein setidaknya 50  m sebelum U Turn

2.       Lihat spion untuk mengetahui posisi kendaraan2 dibelakang kita

3.       Saat berpindah dari jalur kiri ke kanan jangan memotong jalan terlalu tajam

4.       Jika kendaraan dari belakang cukup ramai jangan paksakan diri untuk memotong

5.       Jika sudah berada diputaran, perhatikan arus dari arah berlawanan, tunggu sampai situasinya memungkinkan anda untuk keluar dari putaran. Memaksakan diri langsung keluar dari putaran bisa membahayakan diri anda dan pengguna jalan lainnya.

6.       Keluar dari putaran jangan langsung memotong arus

7.       Berpindahlah dari jalur kanan ke kiri dengan menyalakan sein dan memperhatikan arus kendaraan dari belakang anda.

3. Utamakan keselamatan.

Utamakan keselamatan adalah hal terpenting dalam kita mengendarai kendaraan (baik motor maupun mobil).  Kedua poin diatas (tempat memutar dan proses memutar) semuanya dimaksudkan agar kita selamat, jadi jangan ragu untuk maju mungkin 100 – 200 meter kedepan untuk mencari tempat berputar yang aman, daripada anda memaksakan diri berputar ditempat yang membahayakan.

Iklan

~ oleh masbloro pada 5 Maret 2010.

3 Tanggapan to “Tips memutar yang aman untuk bikers”

  1. […] [baca selengkapnya…] […]

  2. tips yang sangat bermanfaat dan banyak membantu, terima-kasih sudah berbagi. Salam

  3. wah harus dicatat nih bro..trims infonya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: