Mengenal Glynn Kerr sang desainer motor pulsar

Siapa Glynn Kerr? untuk Indonesia pasti tak banyak yang tau. Siapa yang mendesain pulsar? pasti juga banyak yang gak tau. Glynn Kerr sejatinya adalah master untuk urusan desain motor. Pengalamannya seabrek dan pulsar hanyalah sebagian kecil dari mahakaryanya.

Glynn Kerr, lulusan Desain Transportasi di Universitas Coventry, Inggris, telah mengkhususkan diri dalam desain sepeda motor selama delapan belas tahun. Awalnya seorang desainer bodywork mobil dengan produsen mobil sport Inggris TVR ia bergabung dengan BMW pada tahun 1982, bekerja di mobil pertama di divisi, lalu kemudian sebagai perancang senior dengan divisi sepeda motor BMW di Munich.

Dari ia 1987-90 kepala perancang dengan berbasis Amersterdam Global Design, bagian dari Kelompok Desain GK Jepang, bekerja terutama pada model produksi Yamaha seperti TDR TDM 125 & 850. Sejak itu dia telah bekerja sebagai konsultan independen dengan sebagian besar dunia produsen sepeda motor besar, termasuk Ducati, Triumph, Aprilia, Honda, Bajaj, Kymco, dan Kawasaki. Desain baru-baru ini termasuk Voxan Boxer VB-1 dan B2, yang Midual Roadster, dan sekarang Fischer MRX.

Selain kegiatan rancangannya dia dosen di Art Center College of Design, Eropa, dan memberikan seminar reguler pada sepeda redering desain dan teknik. Pada bulan Juni 2001, ia bersama-sama mendirikan Asosiasi Desain Motorcycle, yang ia adalah Presiden. Aged 44, Glynn bekerja dari studionya jauh di dalam kebun-kebun anggur Bordeaux di selatan-barat Perancis, dan mungkin paling dikenal sebagai kontributor tetap dari atricles dan ilustrasi untuk lebih dari tiga puluh Sepeda Motor majalah di seluruh dunia.

Pengen tau karya karyanya? ini dia proyek – proyek yang dia kerjakan :

1. Fischer (USA)

Salah satu karyanya yang dikenal sebagai MR1000, didasarkan pada Rotax v-twin seperti yang digunakan oleh Aprilia Mille. Setelah serangkaian sketsa proposal, Glynn bekerja dengan Sistem Teknologi Gemini di Wisconsin USA untuk menghasilkan sebuah model tanah liat yang dibangun hanya dalam waktu tiga minggu. Prototipe itu selesai menjelang akhir 2003.

Fischer kemudian memutuskan untuk menggunakan Hyosung-650 yang dibangun di tempat unit Rotax, dikombinasikan dengan supercharger opsional untuk menghitung kekuatan. Namun, tidak seperti 60 ° Rotax unit, Hyosung adalah 90 ° V-twin, membutuhkan modifikasi substansial frame. Sebagai desain tua tetap dibutuhkan penyempurnaan, Glynn membujuk Fischer restyle sepenuhnya sepeda untuk frame baru, dan menghasilkan desain yang lebih tajam berdasarkan pada versi sebelumnya. The MRX, seperti sepeda baru diketahui, selesai pada bulan Februari 2004, dan memulai debutnya di Indianapolis Powersports Show.

2. Boxer (Prancis)

Pertama kali kerjasama dengan Thierry Henriette pada tahun 1995 untuk motor 654 Boxer Scrambler. Ini adalah sepeda motor didasarkan pada 650 Aprilia tunggal dengan sasis yang dirancang oleh Trevor Fior. Styling adalah sebuah interpretasi modern dari klasik enam puluhan pengacak, dan termasuk logam yang tidak biasa menyisipkan di tangki – sebuah tema langsung dijemput oleh Cagiva N1/Planet mereka, baru-baru ini redesignated 125 Raptor.

Asosiasi berlanjut selama beberapa tahun setelah 654, pertama dengan berbasis Voxan Scrambler untuk Paris tahun 1997 menunjukkan, sebuah model yang dibenahi kembali untuk produksi ringan oleh Voxan’s in-house desainer Stephane Valdant. Namun, model yang lebih penting adalah muncul untuk menunjukkan tahun 1999 – yang supersports VB-1, yang merupakan campuran dari ide-ide desain dari kedua Glynn dan Thierry. Produksi VB-1 juga baru-baru ini telah diambil alih oleh Voxan diremajakan, meskipun desain telah diturunkan sedikit untuk produksi massal.

3. Mudual (Prancis)

Midual memulai debutnya di tahun 1999 saat Paris show. Prototipe ini diproduksi oleh Glynn bersama-sama dengan pembuat model Emmanuel Estevant dekat Le Mans, mesinnya CNC-milled dari komposit, Sayang motor ini tidak pernah mengaspal dan tidak pernah sampai diproduksi masal.

4. Yamaha (Jepang)

Glynn’s masuk ke Yamaha itu kebetulan. Setelah meninggalkan BMW, ia berusaha untuk melakukan kontak dengan kepala departemen desain Honda secara kebetulan, mereka ternyata dari GK Desain, konsultan independen yang telah menghasilkan sebagian besar styling untuk Yamaha sejak pertengahan 1950-an, namun demikian, mereka menyatakan minat langsung dalam pekerjaannya.

Kontrak pertamanya pada tahun 1987 ini secara langsung melalui Yamaha Motor Eropa departemen perencanaan produk yang berbasis di Amsterdam, dan pada awalnya sebuah sepeda 50cc diluncurkan menyusul TDR250 – apa yang kita sebut hari ini Supermotard. Kemudian rencana berubah, awalnya untuk diproduksi di MBK’s fasilitas dekat Paris, dan model menjadi TDR125, dibangun awalnya di Italia di fasilitas Belgarda Yamaha. Model tanah liat ini dikembangkan oleh Glynn dengan Canewdon Konsultan di Southend, Inggris.

Setelah model ini, Yamaha meminta Glynn untuk bekerja pada dasar eksklusif melalui Global Design (sekarang GK Desain Eropa), juga berbasis di Amsterdam. Dengan gelar resmi Chief Designer, Glynn terus bekerja pada model-model Yamaha selama empat tahun, menghasilkan yang terbaik desain terkenal, para TDM 850. Proyek kelompok lain termasuk GTS1000, BWs skuter, XT600E dan Supertenere, selain pendesainan ulang dari TDR125 dan TDM. Walaupun secara resmi Glynn meninggalkan Global Design pada akhir 1991, dia telah bekerja pada proyek-proyek sesekali sejak saat itu, seperti Bulldog, FJR1300 dan TDM900.

5. Bajaj (India)

Meskipun tidak banyak dikenal di luar India, Bajaj Auto Ltd adalah salah satu terbesar di dunia produsen sepeda motor dengan produksi tahunan sekitar 1,4 juta unit, yang kebanyakan ditujukan untuk pasar domestik.

Glynn bekerja dengan Bajaj pertama pada tahun 1992, membantu mendidik tim R & D prosedur desain modern serta bekerja secara langsung pada beberapa proyek sejak saat itu. Pada tahun 2000, mereka mulai lebih formal kontrak jangka panjang yang eksklusif di dalam India, dan Glynn sekarang membuat perjalanan ke Pune biasa untuk pertemuan dan pengembangan model 3D. Produk pertama – yang Pulsar facelift dan K60, yang dikembangkan bersama dengan Bajaj-rumah dalam tim – hanya baru-baru ini menggebrak pasar, dan banyak model-model baru yang pasti akan disajikan di masa depan.

Selain proyek proyek diatas banyak desain desain yang dia ciptakan untuk pabrikan besar seperti ini :

1. Motor Roadster : Cagiva raptor, Aprilia Miles Roadster, Laverda Lynk, Honda CB 500, Suzuki GSX-R 1000 N dan Yamaha FZR 1000 Fazer. —> Gambarnya klik disini

2. Motor Sport : Honda VTR 250, Suzuki GSX-R 1500, Kawasaki ZZR-1200, Kawasaki ZX 7 RR, Ducati Supermono, Suzuki GSX-R -600, Benelli Tre, Laverda 900 tre, Yamaha, YZR 1300, Bimota SB- 9R, Yamaha TZR 750, Honda VTR 1100, M Agusta 1000 F4, Drysdale V8, TVR Sprotbike, Bimota SB 8. —> Gambarnya klik disini

3. Scooter : Yamaha S-Max, Kawasaki ZS 400, Futurescoot TDi. —> Gambarnya klik disini

4. Motor lain : Kawasaki Eliminator, TVR Street Fighter, Harley Davidson Superglade,  Harley Davidson Sprt Tracker, Honda Shadow, Harley Davidson Sportser, Kawasaki VR 750, Honda Goldwing 2000, Kawasaki GTR 1200, Honda Afric Twin, Suzuki Freewind 1200, Aprilia Caponord Mille —> Gambarnya klik disini

kalo pengen baca sendiri situsnya klik disini

sumber : fischer1.com, glynnkerr.com

Iklan

~ oleh masbloro pada 11 Maret 2010.

8 Tanggapan to “Mengenal Glynn Kerr sang desainer motor pulsar”

  1. nice info…

  2. Thanks … baru tau nih

  3. nice info bro, cuma bahasanya google translate banget…..agak2 puyeng neh…..

    ———-
    http://sisteminformasiakademik.wordpress.com

  4. […] Kenapa bisa begitu ? Selidik punya selirik ternyata masih satu keturunan. Jadi Pulsar itu desain awalnya sampe sekarang digarap oleh desainer terkenal yang namanya Glynn Kerr (baca asal usul pulsar di sini) . Nah si Glynn Kerr ini selain mendasain pulsar juga mendesain banyak motor di dunia yang salah satunya untuk fischer Amerika (baca sejarah Glynn Kerr disini). […]

  5. Hohoho..sama seperti Massimo Tamburini yang design Cagiva Mito, Ducati 916 sampai MV Agusta..

  6. Nice info Bro, kita baru tahu nih disainer Pulsar. Bravo.

  7. […] *Penulis artikel adalah Glynn Kerr, lulusan Desain Transportasi di Universitas Coventry, Inggris, telah mengkhususkan diri dalam desain sepeda motor selama delapan belas tahun. Awalnya seorang desainer bodywork mobil dengan produsen mobil sport Inggris TVR ia bergabung dengan BMW pada tahun 1982, bekerja di mobil pertama di divisi, lalu kemudian sebagai perancang senior dengan divisi sepeda motor BMW di Munich. (sumber) […]

  8. […] Kenapa bisa begitu ? Selidik punya selirik ternyata masih satu keturunan. Jadi Pulsar itu desain awalnya sampe sekarang digarap oleh desainer terkenal yang namanya Glynn Kerr (baca asal usul pulsar di sini) . Nah si Glynn Kerr ini selain mendasain pulsar juga mendesain banyak motor di dunia yang salah satunya untuk fischer Amerika (baca sejarah Glynn Kerr disini). […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: