Nissan March 2010

Seperti halnya sepeda motor pasar mobil di Indonesia adalah nomor satu di Asean, tetapi lagi – lagi untuk pengembangannya masih sedikit di Indonesia. Thailand adalah raja pengembangan motor dan mobil untuk pasar Asean.

Nissan pun setali tiga uang, Nissan telah mulai memproduksi Eco-Car, yaitu Nissan March, kendati peluncuran resmi baru dilakukan pada 26 Maret mendatang, bertepatan dengan pembukaan Bangkok International Motor Show 2010. Nissan March dikembangkan di Thailand yang ditukan untuk pasar ASEAN termasuk Indonesia.

March atau di India dan Eropa  dinamakan Micra, versi standar dengan transmisi manual 5-percepatan, di negara Gajah Putih tersebut dijual dengan harga Rp 106 juta atau 375.000 bath. Sedangkan versi paling mewah, 537.000 bath atau Rp 155 juta, transmisi otomatik CVT (baru tersedia pada Juni).

Dari dimensi, March atau Micra lebih kecil dari Livina. Kelompok March adalah Toyota Yaris, Honda Jazz, Mazda2, Hyundai i20, Chevy Aveo, dan segera yang akan menyusul Ford Fiesta. Mesin yang digunakan March lebih kecil (karena itu disebut “Eco-Car”),  1,2 liter, 3 silinder, DOHC, 12 katup.

Dengan kapasitas mesin lebih kecil, tentu saja kemampuan March tidak sama dengan mobil kecil di atas.  Kalau Nissan memasarkannya di Indonesia, lawan paling dekatnya adalah Suzuki Splash. Keduanya sama-sama menggunakan mesin 1,2 liter. Kemampuan mesin menghasilkan tenaga hampir sama.

Nissan akan memproduksi 90.000 unit March versi lima-pintu per tahunnya di pabrik Nissan, di pinggiran kota Bangkok mulai 1 April mendatang, dimana 70.000 unit akan diekspor. Chief Operating Officer Nissan Toshiyuki Shiga mengatakan bahwa mobil ini akan dijual di lebih dari 160 negara dan diproduksi di empat negara, yaitu Thailand, China, India dan Meksiko. Ia menambahkan bahwa March mulai diproduksi di China pada semester kedua tahun ini.

Sumber : kompas.com,  inilah.com

Iklan

~ oleh masbloro pada 21 Maret 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: