The next megapro : Unicorn, CBR atau Hunk ?

Rencana PT Astra Honda Motor (AHM) untuk mengeluarkan motor sport baru berkapasitas 150 cc yang sudah terendus media sejak tahun lalu akhirnya hampir menjadi kenyataan.

Sebab pabrikan sayap mengepak ini terpantau sudah mengajukan izin untuk memproduksi sebuah motor baru berkapasitas 150 cc ke Kementrian Perindustrian.

Aplikasi motor yang diberi kode GL15A1RR M/T sudah masuk ke Kemenperin. Bila di setujui, tentu jalan menuju produksi akan segera ditempuh.

Motor ini akan menjadi penganti dari motor sport andalan Honda, Mega Pro yang saat ini masih mengendong mesin lama berkapasitas 160 cc. Tidak hanya itu, menurut kabar yang berhembus, motor baru ini pun juga akan mengambil DNA dari motor sport Honda CBR. Namun dengan tubuh tanpa fairing alias naked bike.

Kemungkinan Honda pun akan menurunkan harga jual motor ini di bawah Mega Pro yang saat ini di lepas dengan harga sekitar Rp 20 jutaan. Strategy pricing ini pun dapat dipandang sebagai jawaban tantangan Yamaha yang kabarnya akan melepas Byson dengan harga sekitar Rp 18-19 jutaan saja.

Berikut ini beberapa kandidat pengganti megapro :

1. Unicorn merupakan produk Honda India yang telah lama beredar. Bentuknya mirip mirip megapro dengan kepala ala pulsar. Selain kapasitas mesin yang membedakan honda unicorn dengan megapro adalah penggunaan suspensi monoshock pada unicorn. Honda Unicorn berdaya 13,3 bhp pada 8.000 rpm, torsi 1,3 kilogram per mil pada 5.500 rpm. Sementara akselerasi 0 – 96 kilo meter per jam dicapain dalam tempo 5 detik. Sedangkan konsumsi bahan bakarnya, Honda menyebut motor ini mengkonsumsi satu loiter untuk menempuh jarak 60 kilometer. Unirn edisi 2010 mengalami perubahan minor pada pembungkus atau cover lampu utamanya terlihat lebih besar, laiknya motor khas India . Lampu sein ditarik sedikit ke atas. Perubahan lainnya terlihat dari bodinya yang lebih ramping. Sementara jok dilapisi kulit dengan kelir berbeda sehingga mengesankan jok pengendara dan pembonceng terpisah layaknya sebuah motor sport. Air scoop yang berada di tangki dibuat memanjang ke bawah sehingga menutupi blok silinder. Unicorn inilah disebut sebut calon paling kuat sebagai pewaris tahta megapro untuk melawan byson/vixion.

2. CBR 150 RR telah lama beredar di pasar tanah air melalui importir umum. Harganya yang selangit membuat penggemar motor sport Indonesia sedikit yang melirik. Apalagi klonengannya sudah banyak beredar menjadikan motor ini kehilangan pamor. Kalo benar next megapro adalah cbr 150 rr berarti megapro naik kelas ke kelas premium dan bukan lawan dari byson/vixion. Rasanya AHM bakalan berpikir ulang untuk menelorkan motor ini selain pasarnya sempit, harga dan model yang kadung pasaran akan menjadi pertimbangan. Padahal spec-nya aduhai, liat ini :

Engine 4 Stroke, DOC 4 Valves, Water Cooled
Cylinder Capacity 149.4 CC.
Bore x Stroke 63.5 x 47.2 MM.
Compression Ratio 11 : 1
Engine Start Type Electric Start
Ignition CDI Direct
Sparking Plug CR8E (NGK) or U24ESR-N (DENSO)
Transmission 6 Speeds
Clutch Type Wet, Multiple Disk
Gear Ratio          1
2
3
4
5
6
3.038
1.941
1.500
1.227
1.041
0.923
Primary Gear Ratio / Last 3.260 / 2.933
Dimension (W x L x H) 652 x 1,910 x 1,065 MM.
Wheel Base 1,286 MM.
Ground Clearance 172 MM.
Seat Height 776 MM.
Caster / Trail Space 25 Degree / 88 MM.
Dry  Weight 115 Kgs.
Suspension Front Telescopic
Rear Monoshock
Brake Type Front Disc Brake, Disc Plate Size 276 MM.
Rear Disc Brake, Disc Plate Size 220 MM.
Tyre Size Front 80 / 90 – 17 M/C 44P (Tubeless)
Rear 100 / 80 – 17 M/C 52P (Tubeless)
Battery MF Size 12 V. – 5 Ah
Fuel Tank Capacity 10 Litrs
Fuel Type Unlead Gasoline Octain 91 Up

3. Honda Hunk merupakan produk andalan Hero Honda India. Menggendong mesin yang sama dengan Unicorn, Honda Hunk mempunyai model yang mirip dengan byson, streetfighter. Hunk paling pas melawan Byson, Model dan kapasitas mesin memang sederajat dengan byson. Tetapi sayang kemungkinan menjadikan Hunk sebagai next megapro seperti kecil kansnya. Karena Hunk bukan murni produk Honda, tetapi apapun bisa saja terjadi. Ini spesifikasi teknisnya :

Hero Honda Hunk Features:

  • Broad, Muscular Fuel Tank Brawny Shoulders
  • Glaring Headlight with aggressive styled visor
  • Fiery Red Chromed Ringed speedometer
  • Gas Reservoir Suspension
  • Contoured Sporty Saddle
  • Tuff-Up Tube
  • Anti- Kickback mechanism
  • Tumble Flow Induction Technology

Hero Honda Hunk Technical Specifications:

Engine
Type Air-cooled, 4-stroke single cylinder OHC
Displacement (cc) 149.2 cc
Maximum Power 10.6 Kw (14.4 Ps) @ 8500 rpm
Maximum Torque 12.80 Nm @ 6500 rpm
Starting Self Start / Kick Start
Bore x Stroke (mm) 57.3 x 57.8
Ignition AMI – Advanced microprocessor Ignition System
Compression Ratio 9.1:1
Carburettor C.V. Type
Idle Speed 1400 rpm
ransmission:
Clutch Multiplate Wet
Gear Box 5 speed Constant Mesh
Chassis:
Type Tubular, diamond type
Dimensions:
Wheelbase (mm) 1325
Length (mm) 2080
Width (mm) 765
Height (mm) 1095
Ground Clearance (mm) 145
Kerb Weight (Kgs) 143 (Kick) / 146 (Self)
Suspension:
Front Telescopic Hydraulic Shock Absorbers
Rear Swing Arm with 5 step adjustable Nitrox GRS (Gas Reservoir Suspension)
Brakes:
Front Disc 240 mm Dia, Disc – Non Asbestoes type
Rear Drum Internal Expanding Shoe Type (130 mm Dia); Liners – Non Asbestoes type
Wheels:
Rim Size Front 18 x 1.85 Alloy Wheel
Rim Size Rear 18 x 2.15 Alloy Wheel
Tyres:
Front 2.75 x 18 – 42 P
Rear 100/90 x 18 – 56 p (with tuff-up tube)
Electricals:
Battery 12V – 7 ah
Head Lamp 12V – 35W / 35W – Halogen Bulb (Multi-Reflector Type)
Tail Lamp 12V – 5 W
Turn Signal Lamp 12V – 10W x 4 nos (Multi – Reflector)
Fuel:
Tank Capacity 12.4 Ltrs (Min)
Reserve 2.2 Ltrs (usable reserve)

Ataukah Honda akan menggulirkan motor yang benar benar baru? Adalah sebuah kejutan besar jika AHM benar – benar melakukannya. Asal jangan melakukan blunder seperti desain CS1.

sumber : detikoto.com, tempointeraktif.com, bikez.com, motorbeam.com, otomotifnet.com, otocontest.com

~ oleh masbloro pada 11 April 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: