Doking XD dari Kroasia

Ide-ide cantik dan menarik mobil listrik tak selalu datang dari negara industri otomotif top dunia, seperti Jepang, Jerman, Italia, Inggris atau Amerika Serikat. Justru dari negara kecil. Inilah yang diperlihatkan oleh Doking, sebuah perusahaan rekayasa dari Zagreb, Kroasia, semanjung Balkan, Eropa .

Pintu Gunting
Perusahaan tersebut memperlihatkan prototipe mobil listriknya pada Pameran Mobil Jenewa awal bulan lalu dengan nama XD. Penampilan mobil ini sangat menarik bagi pengunjung dan industriawan. Pasalnya, mobil listrik mungil ini, panjang 2,8 meter, lebar 1,7 meter dan tinggi 1,6 meter, dirancang dengan konsep emosional.

Karena itulah, penampilan sangat berbeda dibandingkan mobil listrik yang diperlihat oleh produsen besar, seperti Mitsubishi, Nissan atau rumah desain terkenal dari Italia. Ciri khas bodi mobil ini bulat menggunakan pintu yang membuka dengan model gunting, bergeser ke depan-atas. Tak kalah menarik, lampu kombinasi belakang berbentuk hutuf “X”.

Kemampuan
Bukan hanya penampilan mobil ini yang menarik. Kemampuan atau kinerjanya juga hebat. Menurut Doking, XD mampu melakukan sprint 0-100 km/jam dalam 7,7 detik. Kemampuan tersebut sama dengan mobil sport kompak bertenaga 200 PS.

XD dirancang memuat tiga penumpang dewasa, pengemudinya berada di tengah. Sedangkan dua penumpang di samping agak belakang. Karena format tersebut, baik pengemudi maupun penumpang merasa lega. Baterai yang digunakan mobil ditaruh sepanjang sasis dan bisa mengoperasikan mobil selama beberapa hari tanpa harus mengisi ulang.

Manajer proyek mobil ini, Tomislav Bosko mengatakan, untuk mengisi penuh baterai lithium-ion fosfat buatan China di rumah, butuh waktu 6 sampai 8 jam. Perusahan ini berencana mempercepat waktu pengisian nantinya hanya satu jam.

Konsumsi energi mobil bila digunakan sebagai kendaraan kota, cocok sekali dengan konsep autonomi sekarang. Untuk jarak 100 km hanya menghabiskan energi seharga 1 euro (sekitar Rp 12 ribu). Jarak tempuh untuk sekali isi baterai 250 km.

Harga
XD merupakan satu dari 60 mobil listrik dari seluruh dunia yang ikut pamer di Jenewa dan berada di paviliun khusus, “Green Pavillion”. Tujuannya, mejeng untuk mencari investor untuk memproduksi mobil secara massal. Menurut Doking, mobil ini yang diperagakan merupakan hasil rancangan 8 bulan lalu. Kini, terus dipercantik agar kian menarik.

Dibandingkan dengan mobil listrik yang dibuat perusahaan besar akhir-akhir ini, harga XD termasuk agak mahal. Kondisi standar dan dibuat seperti sekarang, harganya mencapai 40.460 dolar (Rp 370 juta). Namun bila bila diproduksi secara massal menjadi 26.600 dolar (Rp 245 juta).

Sebagai pembanding Nissan Leaf dan Mitsubishi iMiEV kini dijual dengan harga makin terjangkau. Kendati demikian, menurun Doking mereka telah menerima 10.000 permintaan dan 50 unit XD telah terjual.

sumber : kompas.com

Iklan

~ oleh masbloro pada 12 April 2010.

Satu Tanggapan to “Doking XD dari Kroasia”

  1. Pertamax!
    Lam knl maz..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: