Honda eve neo dan eve cub, motor listrik ala Honda

Setelah Yamaha menyatakan siap menggarap segmen baru di pasar motor listrik, Honda tak mau kalah langkah. Pabrikan berlogo sayap mengepak ini mengaku telah melakukan pengembangan dan penelitian motor listrik dengan menggandeng produsen elektronik Toshiba Corp.

Seperti dikutip kantor berita Nikkei, pihak Honda baru berencana mengumumkan langkah bisnisnya ini pada Selasa (13/4/2010).  Kabarnya, produk perdana sudah bisa ditampilkan ke publik pada Desember tahun ini. Motor listrik honda ini sebenarnya telah dikenalkan pada publik saat ajang Tokyo Motor Show ke-41 Oktober tahun kemarin.

Dari prototipenya, motor yang konon diberi nama eve neo ini akan mengusung mesin berkapasitas 50 cc ini berbentuk skuter. Peluncuran perdana akan dilakukan di Jepang dan kabarnya akan dibanderol sekitar 500.000 yen (sekitar Rp 48,3 juta) per unit. Cukup mahal untuk ukuran kantong orang Indonesia. Bandingkan dengan motor listrik buatan china yang harganya jauh dibawah motor konvensional.

Motor ini mampu menempuh jarak sampai 30 km setiap kali dicas penuh. Pengisian akan lebih mudah dilakukan di rumah, bahkan dengan charger portable. Waktunya cukup singkat, cuma sekitar 10 menit hingga baterai terisi penuh. Usia pakainya pun panjang dan bisa memenuhi lebih dari 6.000 siklus charge-discharge. Mungkin jarak tempuh yang terlampau pendek akan menjadi faktor yang bisa mengurangi minat orang walaupun waktu charge-nya sangat pendek. Sayang belum disebutkan berapa kecepatan yang dapat dicapai. Faktor kecepatan ini juga menjadi pertimbangan ketika menilai sebuah motor.

Baterai ion-lithium tersebut dipasok oleh Toshiba sebagai produsen utama. Hal ini pun menjadi kolaborasi pertama antara Honda dan Toshiba.

Di luar rencana masa depan ini, Honda merupakan produsen sepeda motor terbesar di dunia yang mampu menjual sekitar 15 juta unit motor per tahun. Selain motor listrik untuk pasar domestik Jepang, Honda juga mengembangkan model lain dengan motor listrik 100 cc yang khusus untuk negara-negara Asia.

Motor listrik Honda ini sepertinya akan menjadi lawan tangguh bagi Brammo yang sudah dijual untuk pasar Amerika dengan harga jauh lebih mahal 7.995 dollar.

sumber : kompas.com, plugbike.com, forum.inilah.com

Iklan

~ oleh masbloro pada 13 April 2010.

3 Tanggapan to “Honda eve neo dan eve cub, motor listrik ala Honda”

  1. Pertamax!
    Syg model jadul, hrganya mhl bgt…

  2. klo murah saya beli???

  3. yang bilang jadul sama mahal, itu karena ente kuper, dijepang memang motor massal ya begitu modelnya, ga kaya disini motor produk masal mintanya model motor balap+harganya harus murah, ingat orang jepang itu income perkapitanya besar dan motor diatas itu JDM (Japan domestic market) tentu kualitas pembuatannya jangan disamakan dengan standart asean

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: