Kawasaki kembali jajal pasar motor India, bagaimana dengan Bajaj?

Pabrikan motor Jepang, Kawasaki akhirnya membuat keputusan penting dengan terjun langsung ke pasar motor di india. Kawasaki pada masa lalu pernah meramaikan pasar motor India dengan bekerjasama dengan perusahaan lokal Bajaj.

Kawasaki mempunyai andil besar dalam mengembangkan bajaj sehingga Bajaj mampu berdiri sendiri dengan memberikan bantuan teknik kepada Bajaj di tahun 1984 untuk memproduksi motor yang kemudian dikenal dengan Kawasaki Bajaj.

Produk yang populer di Indonesia Kawasaki Ninja 250 R di India dijual melalui jaringan distribusi Bajaj Auto. Mungkin itu akan menjadi kerjasama terakhir sebelum menjadi kompetitor dimasa yang akan datang.

Kawasaki mendirikan perusahaan baru di Pune, dengan nama India Kawasaki Motors Pvt. Ltd. Sebagai gebrakan awal, Kawasaki mematok target bisa menjual 1000 unit produknya di negeri itu sepanjang 2010 ini. Kawasaki Motors India juga berencana untuk memasarkan model superbike, sport, dan model cruiser.

Kawasaki akan menggelontorkan dana 5 juta rupee atau sekitar Rp 1,022 miliar untuk memulai kembali beroperasi di India. Selain membangun pabrik Kawasaki juga akan membangun unit perakitan dan jaringan penjualan. Namun, untuk sementara ini, pihaknya masih akan menggunakan jaringan penjualan serta fasilitas perakitan milik Bajaj Auto.

Bagaimana kedepannya? Sepertinya berkompetisi dengan Kawasaki secara langsung tidak menjadi masalah bagi Bajaj. Dengan telah dikuasainya saham KTM, teknologi Bajaj akan beralih kiblat ke eropa alias KTM untuk produk – produk baru yang akan datang. Bajaj dapat mengambil manfaat dari teknologi KTM untuk diaplikasikan pada motor ber cc kecil mengingat KTM tidak memproduksi motor ber cc kecil.

Menarik untuk diamati pertarungan langsung bajaj vs kawasaki di India dan kemungkinan pertempuran antara pulsar 250 bertarung dengan ninja 250 untuk memperebutkan gelar “fastest Indian” sejati. Itu juga jika benar bajaj akan menelorkan pulsar 250 seperti yang santer digosipkan sekarang.

sumber : tempointeraktif.com

Iklan

~ oleh masbloro pada 25 April 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: