Nasib Byson: di Indonesia belum brojol, di India udah di upgrade

.

Kalo di Indonesia, Yamaha masih saja menunda kehadiran Byson alias FZ16. Beda nasib dengan di India, FZ16 malah sudah di upgrade lagi sehingga kalo byson jadi brojol sekarang akan terlihat lebih jadul dibanding FZ16 di India.

Di India byason dikenal dengan FZ16 dipermak menjadi lebih kokoh dan keren  dengan penampilan lebih berani  lewat warna-warna striping yang mencolok dan desain grafis yang baru. Bukan hanya itu, Yamaha juga mengeluarkan versi premium dari FZ16 ini dengan nama FZ-S. Yamaha India menyebut FZ ini  si “stylish Macho”.

Yamaha India tampaknya bertempur habis habisan untuk merebut perhatian penggemar motor di India dan menguasai pasar yang masih didominasi oleh trio Hero Honda, Bajaj dan TVS. Segmen pasar motor 150 cc ke atas di India memang sangat ketat.

Disana FZ16 harus bertarung dengan Hero Honda Hunk 150 cc, Honda Unicorn, Hero Honda Karizma 220cc, Bajaj Pulsar mulai dari cc 135 -220 dan duo TVS  RTR 160 dan 180 cc. Segmen yang sudah penuh sesak di dunia motor India.

Yamaha bertekad menaikkan pangsa pasar dari 12 persen hingga 20 persen pada akhir tahun untuk motor sport. Berkat citra macho-nya itu, sekitar 85.000 unit FZ16 dan FZ-S sudah laku terjual di India pada 2009. Ini berarti hampir 40 persen dari keseluruhan penjualan Yamaha di India.

Sementara itu FZ-S akan tersedia warna-warna seperti Black Cyber Green, Silver Tech dan Sport Electric Blue. Sedangkan FZ16 tersedia dalam warna Lava Red dan Midnight Black.

Kedua street fighter ini mengusung mesin 153 cc air-cooled, 4-stroke, single-cylinder dengan torsi tinggi (14 Nm @ 6.000 RPM) untuk nuansa berkendara di kota yang aktif dan agresif.

Harga FZ series ini di India dibanderol cukup murah FZ16 cuma berharga 65.000 rupee (Rp 13 juta) dan 67.000 rupee (Rp 13,5 juta) untuk FZS. Kalo di Indonesia sekelas Yamaha jual motor cuma 13,5 juta bakalan tambah sesak jalanan ibukota.

Dengan sudah upgradenya byson di tanah kelahirannya ada kemungkinan byson yang akan diedarkan di Indonesia merupakan versi terbarunya dan itu juga salah satu yang mungkin jadi pertimbangan Yamaha menunda launcing byson.

berikut spesifikasi teknisnya :

Mesin  :

Engine type Air-cooled, 4-stroke, SOHC, 2-valve
Displacement 153.0cm3
Bore & Stroke 58.0 × 57.9mm
Compression ratio 9.5:1
Maximum output 14PS / 7500 rpm
Maximum torque 14 N.m / 6000 rpm
Starting method Electric starter
Lubrication type Wet sump
Carburetor type BS26
Clutch type Constant mesh wet multiplate
Ignition type CDI
Primary/secondary reduction ratio 3.409 / 2.857
Transmission type Return type 5-speed

Chasis  :

Frame type Diamond
Suspension (front/rear) Telescopic / Monocross
Wheelbase 1,335mm
Brake type(front/rear) Hydraulic single disc / drum
Tire size (front/rear) 100/80-17 / 140/60-R17

Dimensi  :

Overall Length × Width × Height 1,975mm × 770mm × 1,045mm
Seat height 790mm
Wheelbase 1,335mm
Minimum ground clearance 160mm
Dry weight/Curb weight 126 kg / 137 kg
Fuel tank volume 12 liters
Engine oil volume 1.2 liters

sumber : detikoto.com, yamaha-motor-india.com

Iklan

~ oleh masbloro pada 30 April 2010.

16 Tanggapan to “Nasib Byson: di Indonesia belum brojol, di India udah di upgrade”

  1. klo yg kluar dsni persis gambar2 d atas, d jamin ahm klepek2…
    yg warna kuning, mantebb………..

  2. setuju baro.. harusnya yang dilaunching yang facelift terbaru atau yang fazer 6.. jangan yang jadul! diketawai ama BAI ntar.. secara udh luncurin P135LS yang di india terbilang baru. masa indonesia dapet rongsokan..

  3. perlu pake pertamax ngak bro !
    salam kenal.
    jd keliatan lbh keker ni motor

  4. Wiiiih….
    Bling2 bgt!!!
    Lord of the streets

  5. bisa jadi ntar di indo jadi begene…..yang keluar

    http://dedewinasis.wordpress.com

  6. liat batoknya kaya liat terminator…huahahaha serem!

    http://www.oneklikpulsa.com

  7. wah keren….
    salam kenal

  8. Posting yang menarik, salam kompak dan semoga sukses.
    Silahkan kunjungi Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, baca posting baru kami berjudul : “Wisata kepulau Bali”, serta artikel lain yang bermanfaat, dan tolong dikomentarin yaaa. Makasiiih.

  9. denger denger bulan mei-juni bro . . . . . . . . . . . . kunjungi juga blog saya di http://darucreepy.wordpress.com . komentarnya juga ya . . . . .

  10. Wuiih keren.tp di indonesia pasti versi awal yg keluar,versi terbaru untk tahun depan,ato tahun depannya lagi,vixion ja cm ganti lampu setelah 3,5 taun.. Hehehe

  11. woy kapan kluarnya….. ngemeng mulu

  12. kok kayanya lebih sangar yg 2009…

  13. stylenya cadiz banget . . jd ngebet beli nehh 🙂

  14. cm nambah windshield mungil nd maen warna doang kok..
    nd TETEP TROMOL!!

  15. mantaaaaap gan,FZ lebih garang (^_^)b

  16. bison g kencang,,sori bro,,, cma 1/3 nya nvl,coba dibikin 200 cc, nyaingin pulsar200,,yg lagi inn,,hottt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: