Apache RTR 180, dirilis saat PRJ, Apa kelebihannya ?

.

TVS Indonesia akhirnya akan merilis Apache RTR 180 di pasar motor sport Indonesia. Apache ini akan mencoba menghadang kesuksesan musuh abadi di India Pulsar 180 UG IV, Tiger facelift, dan Vixion.  TVS rencananya akan memperlihatkan wajah Apache RTR 180 pada perhelatan Pekan raya Jakarta yang akan dibuka pada tanggal 10 Juni menjadatang.

Motor ini di India terkenal power full dengan handling yang mantap cocok untuk diajak free style. Bodynya masih sama dengan saudaranya Apache RTR 160 dengan lampu ala India sedikit meruncing. Apache RTR 180 ini dibekali mesin 177,4 cc dengan maksimal power 17,3 HP @ 8.500 yang menghasilkan torsi 15,5@6.500.

Akselerasinya Apache RTR 180 memang mumpuni, untuk melaju 0-60km/jam hanya diburuhkan waktu 4,45 detik dengan top speed 124 km/jam (actual). Soal akselerasi ini memang menjadi ciri khas TVS, di India Apache RTR 180 tidak tertandingi bahkan dengan motor kelas diatasnya seperti Yamaha R 15, Bajaj Pulsar 220, Honda Karizma R/ZMR. Sebagai gambaran untuk mencapai 0-60 km/jam Yamaha R 15 yang merupakan varian yamaha paling canggih di India membutuhkan waktu 5.12 detik, sedangkan Bajaj Pulsar 220 cc yang dikenal paling kencang (top speed diluar Ninja 250) di India membutuhkan waktu 4,7 detik dan Honda Karizma ZMR 220 cc membutuhkan waktu 4,7 detik juga. Keiritannya juga tidak diragukan, dengan bensin 1 liter Apache RTR 180 mampu melaju sejauh 40 – 50 km.

Dengan karakter mesin seperti itu sangat cocok untuk dibawa berkendara di Jakarta dengan lalulintas yang padat dan banyak lampu merah. TVS Indonesia menjanjikan harga yang kompeitif untuk pasar Indonesia yaitu dibawah 20 juta. Di India sendiri Apache RTR 180 dibandrol 73,918 rupee atau sekitar 14,73 juta. Jika Apache RTR 160 di India dibandrol 65,623 rupee atau 13,78 juta disini dijual 18,5 juta (double disk) kemungkinan besar Apache RTR 180 bakalan dibandrol antara 19 – 20 juta.

Harga yang ditawarkan sesuai dengan kondisi di India mengingat sang kompetitor yang sama – sama dari india disini dibandrol 18 juta dan di Indianya di bandrol 69 ribu rupee atau 13.75 juta. Selisih harga di India di kisaran harpir satu jutaan.

Masih penasaran ? Silahkan lihat langsung di PRJ. Sebelumnya silahkan liat spesifikasi lengkap di bawah ini :

Engine
Engine Type 4 Stroke
Displacement 177.00 CC
Maximum Power 12.52 KW (17.3 PS) @ 8500 rpm
Maxiumum Torque 15.5 NM @ 6500 rpm
Bore And Stroke 62.0 x 52.9
StartType Electric Start / Kick Start
MaxSpeed 124 Kmph
Carburator Mikuni BS 29
Compression Ratio 9.5 : 1
IdleSpeed NA
FuelTank
FuelTank Capacity 16.0 litre
Reserve Capacity 2.5 litre
Dimension
Height 1100 mm
Width 730 mm
Length 2085 mm
Kerb Weight 137 kg
Wheelbase 1326 mm
Ground Clearence 180 mm
Turning Circle Radius NA mm
Suspension
Suspension Front Telescopic Fork, 105 mm Stroke
Suspension Rear Monotube Inverted Gas Filled Shock (mig) with spring aid
Tyres & Wheels
Tyres Front 90 / 90 x 17, tubeless
Tyres Rear 100 x 80 – 17”, tubeless
Wheels NA
Brakes
Brakes Front 270 dia Disc Brake Petal Type
Brakes Rear 200 dia Disc Brake Petal Type
Others
Ignition Dual mode Digital Ignition
Transmission NA
Clutch NA
Chassis Type Double Cradle Synchrostiff
Head Lamp NA
Tail Lamp NA
Battery 12 V, 9 AH
Horn NA
Fuel Economy NA

sumber : detik.com, harga-motor.com, BikeAdvice Buyers Guide – March 2010, vicky.in

Iklan

~ oleh masbloro pada 8 Juni 2010.

5 Tanggapan to “Apache RTR 180, dirilis saat PRJ, Apa kelebihannya ?”

  1. Masih kalah noohh ama satria f aye…

  2. Keren.. Tapi kurang suka dengan lampu belakang, coba mirip pulsar ato Minerva series kayaknya tambah keren..

  3. biar lampu blakangnya sprti itu, klo udh nyala keren abiz.. Performanya di jalanan juga mumpuni

  4. call .on

  5. MASIH JAUH LEBIH KEREN-AN PZZO (PULSAR 220F) ANE.. bro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: