Pulsar dan Minerva MRX bersaudara, lho kok bisa?

Minerva baru saja merilis Moge Minerva MRX yang aslinya adalah Ficher MRX bikinan pabrikan Amerika. Kalo diperhatikan dengan seksama garis – garis body pada Minerva ada kesamaanya dengan Pulsar.

Perhatikan lekukan pada tangki, kalo pulsar sangat halus sedangkan Minerva MRX lebih tegas dan tajam tapi bentuk dasarnya hampir sama kemudian sayap buritan yang berbetuk siku keduanya hampir mirip.

Kenapa bisa begitu ? Selidik punya selirik ternyata masih satu keturunan. Jadi Pulsar itu desain awalnya sampe sekarang digarap oleh desainer terkenal yang namanya Glynn Kerr (baca asal usul pulsar di sini) . Nah si Glynn Kerr ini selain mendasain pulsar juga mendesain banyak motor di dunia yang salah satunya untuk fischer Amerika (baca sejarah Glynn Kerr disini).

Glynn Kerr awalnya mendesain MR1000 untuk fischer yang didasarkan pada mesin Rotax v-twin seperti yang digunakan oleh Aprilia Mille. dalam waktu tiga minggu prototipe itu selesai menjelang akhir 2003.

Fischer kemudian memutuskan untuk menggunakan Hyosung-650 yang dibangun di tempat unit Rotax, dikombinasikan dengan supercharger opsional untuk menghitung kekuatan. Namun, tidak seperti 60 ° Rotax unit, Hyosung adalah 90 ° V-twin, membutuhkan modifikasi substansial frame.

Kemudian  Glynn membujuk Fischer restyle sepenuhnya sepeda untuk frame baru, dan menghasilkan desain yang lebih tajam berdasarkan pada versi sebelumnya. Namanya kemudian menjadi MRX yang selesai selesai pada bulan Februari 2004, dan memulai debutnya di Indianapolis Powersports Show. Selain Bajaj dan Fischer si ini pernah mendesain untuk Yamaha, Boxer, Mudual, Kawasaki, Aprillia, Honda dan masih banyak lagi.

Jadi ternyata Pulsar dan Minerva MRX masih satu bapak beda ibu…

Iklan

~ oleh masbloro pada 18 Juni 2010.

Satu Tanggapan to “Pulsar dan Minerva MRX bersaudara, lho kok bisa?”

  1. Ooo.. Jadi sama casing ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: