Pulsyku lolos uji emisi

Mumpung ada acara uji emisi motor gratis pada tanggal 24 Juni kemarin, saya bawa pulsy ke tempat uji emisi di BPSP 4 Lantai milik PT. JIEP di Kawasan Industri Pulogadung. Untungnya masih pagi jadi antrian tidak terlalu panjang. Motor oleh petugas disuruh dipanasi dulu.

Setelah sampai giliran pertama dicek adalah suhu mesin dengan memasukkan alat melalui lubang pengisi oli. Setelah mencapai suhu yang diinginkan alat penguji emisi dimasukkan melalui lubang knalpot. Tunggu beberapa saat akhirnya petugas mencatat hasil yang tertera di pada alat pengukur.

Alhamdulillah pulsar 180 UG III-ku yang aku beli September 2008 dengan km saat pengetesan 34.522 km  dinyatakan lolos uji emisi. Sesuai standar yang ditetapkan pemerintah untuk motor 4 tak dibawah th 2010 maksimal kandungan CO2 = 5,5% dan Hidro Carbon (HC) paling tinggi 2.400 ppm ( lihat tulisan : uji emisi motor siapa takut? ). Sedangkan hasil motorku untuk CO2 sebesar 1,8% dan HC sebesar 205 ppm. Sebuah hasil yang sangat memuaskan.

Setelah itu saya sempat tanya ke petugas “mas bisa dipasang di samping gak?. Jawab petugas “gak boleh mas aturannya harus di bagian depan”. Akhirnya stiker lolos uji emisi pun ditempelkan pada spakbor depan.

Iklan

~ oleh masbloro pada 6 Juli 2010.

2 Tanggapan to “Pulsyku lolos uji emisi”

  1. Trus kalo gak lolos sanksinya apa ya ?
    Stikernya kalo di depan kayaknya kurang enak dilihat, gimana klo usul ditempel di lain tempat, sapa tau aturan tempel bisa nego. hehe…

  2. wah hebat nih pulsar. mas beranda, sekali-kali narsis dong ceritain pulsy-nya… kayak apa dirawat…. sharing gitu deh. trims.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: