Brammo Empulse, rajanya motor sport listrik

.

Brammo, pabrikan sepeda motor asal Amerika Serikat, kembali meluncurkan generasi anyar motor sport. Model motor ini agak berbeda dengan model sebelumnya yang terkesan kaku. Kali ini Brammo menelorkan model sport bertenaga listrik dengan aura naked street fighter sejati yang diberi nama Brammo Empulse. Kendati bertenaga setrum, motor ini sanggup melesat hingga 160 kilometer per jam.

Pendiri Brammo Craigm Bramscher berkeyakinan bahwa Brammo anyar itu bukanlah sepeda motor biasa. Dengan kecepatan 100 mil per jam (160 kilometer per jam) Empulse akan menjadi streetfighter yang lebih dari evolusioner, tetapi revolusioner.

Yang unik dari motor ini selain tidak menggunakan transmisi, motor ini juga sudah menggunakan sistim pendingin menggunakan cairan alias radiator. Motor yang dipasang pun diklaimlebih kuat dari model sebelumnya eternia.

Motor yang mulai dipasarkan pada kuartal ketiga 2010 ini ditawarkan dalam tiga varian berdasar kemampuan baterai yang digunakan. Pertama, baterai ion lithium berkapasitas 6 kilo watt jam (kWh) yang mampu menempuh jarak hingga 97 kilometer (km).

Kedua, berbaterai 8 kWh dengan mampu menempuh jarak 129 km. Sedangkan varian keriga adalah varian dengan baterai berkapasitas 10 kWh yang bisa dikendarai hingga jarak 160 km.

Ketiganya memiliki tenaga yang sama, yaitu 55 daya kuda dan torsi 44 Newton meter (Nm). Brammo mengklaim semua baterai yang digunakan itu menggunakan teknologi tercanggih yang dimilikinya yaitu Brammo Power battery pack dan Brammo Power vehicle management system.

Kinerja mesin yang mumpuni haru diimbangi dengan piranti pengereman yang memadai. Untuk itu piranti pengeraman Empulse ini sudah dilengkapi dengan rem cakram besar merk Nissin dan siap untuk diaplikasikan sistim ABS jika diperlukan.

Di Amerika Serikat, motor ini dibanderol US$ 9.000 – 13.000 atau sekitar Rp 82,8 – Rp 119.6 juta. Hanya, ada satu kekurangan, proses pengisian baterainya cukup lama, 12 jam.

sumber : motorcycle.com, tempointeraktif.com

Iklan

~ oleh masbloro pada 10 Agustus 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: