Membuat peninggi standar yang bisa distel

Kebanyakan pemilik motor sport kurang puas dengan ukuran ban yang diberikan pabrik. Akhirnya banyak motor sport yang bannya diganti dengan ukuran yang lebih besar. Efek samping penggunaan ban yang tidak standar diantaranya adalah pada waktu motor distandar samping menjadi sangat miring karena ketinggian motor bertambah. Resikonnya adalah motor bisa saja terguling karena keseimbangannya berkurang.

Untuk mengakali supaya tidak terlalu miring banyak yang mengakali dengan meninggikan standar samping dengan menambah besi plat/bekel yang dilas pada standar asli. Kurang puas dengan cara seperti itu saya mencoba membuat penambah tinggi standar yang bisa distel sesuai yang diinginkan.

Bahannya sederhana saja hanya baut/skrup ukuran 17 lengkap (kepala+lubang). Harga baut seperti ini sekitar 2-3 ribu rupiah saja. Barangnya seperti ini :

Lubang baut (biasa disebut ceweknya) dilas pada dudukan standar. untuk memperkuat pegangan lubang baut ditambahkan potongan besi. Biaya mengelas hanya sekitar 15 ribu. Kemudian masukkan kepala baut dengan kepala dibawah sebagai dasar standar. Stel ketinggian baut sesuai ukuran. Untuk mempercantik penampilan tinggal dicat sesuai warna standar asli. Jadinya seperti ini :

Dengan modal tidak lebih dari 18 ribu jadilah peninggi standar yang bisa distel ketinggiannya. Nah sekarang motornya udah gak terlalu miring khan?

Iklan

~ oleh masbloro pada 22 Agustus 2010.

Satu Tanggapan to “Membuat peninggi standar yang bisa distel”

  1. Wah boleh dicoba nih gan..thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: