Menyoal harga motor sport baru di Indonesia

Persaingan motor sport kelas 150 cc – 180 cc  semakin ketat setelah peluncuran Honda New Mega Pro (NMP) dan menyusul Yamaha Byson. Kebetulan selain Minerva dan Yamaha vixion kompetisi kelas 150 cc – 180 cc didominasi motor kelahiran India. Mereka adalah Bajaj Pulsar 180, TVS Apache 160, Honda New Mega Pro, dan Yamaha Byson. Kesemuanya bermain di level harga yang rapat antara 16.5 – 21 juta.

Padahal pasar motor sport di Indonesia terbilang kecil hanya sekitar 8% dari seluruh penjualan motor di Indonesia yang didominasi oleh bebek dan matik. Sementara untuk penjualan menurut data AISI segmen diatas masih didominasi oleh Vixion kemudian diikuti oleh Kawasaki Ninja series baru menyusul yang lain.

Dari segi harga bagaimana perbandingan antara empat motor di negara asalnya dibandingan dengan di Indonesia ? apakah sejalan atau tidak ?

Di India harga jual keempat motor yaitu pulsar 180, Apache, NMP dan Byson dijual dengan harga 69.000 rupee, 67.374 rupee (double disk), 67.000 rupee dan 73.028 rupee. Terlihat di India Byson yang paling mahal disusul pulsar 180 disusul Apache dan paling murah adalah Honda.

Bagaimana di Indonesia ? Byson adalah yang paling mahal dengan harga 19.9 juta, disusul Honda NMP dengan harga 19,5 juta disusul Apache dengan harga 18,5 dan terakhir Pulsar 180 dengan harga 18 juta. Dari sini mulai terlihat perbedaan dalam kebijakan penetapan harga. Harga siapa yang paling rasional? mari kita lihat selisih harga masing – masing antara India dengan Indonesia.

Kurs saat ini untuk mata uang India itu adalah 1 rupee = 192,14 rupiah. Mari kita lihat selisihnya setelah di konversi melalui tabel berikut ini :

Merk Harga
India Indo Selisih
Pulsar 180 13.257.660 18.000.000 4.742.340
Apache 160 12.945.240 18.500.000 5.554.760
NMP 12.873.380 19.500.000 6.626.620
Byson 14.031.600 19.900.000 5.868.400

Dari tabel diatas selisih harga terbesar adalah Honda NMP, disusul Yamaha Byson, Apache dan Pulsar 180. Honda yang di India dibandrol paling murah ternyata di Indonesia menjadi paling mahal padahal sebagian besar komponennya dari dalam negeri dan dirakit di Indonesia. Bandingkan dengan Pulsar 180 yang masih diimpor secara utuh bisa jauh lebih murah dari Honda. Apakah biaya produksi Indonesia lebih tinggi atau pabrikan sini mengambil keuntungan lebih besar atau sebab lain ?

Jawaban yang paling mungkin adalah masalah Image. Nama Honda dan Yamaha di Indonesia adalah jaminan mutu bagi pemasaran. Mereka berkecimpung di dunia motor sangat lama di Indonesia jika dibandingkan dengan Bajaj dan TVS yang baru seumur jagung jelas dan wajar jika Honda dan Yamaha memasang harga lebih tinggi untuk menghargai goodwill mereka.

Sebaliknya di India Image Bajaj dan TVS lebih jauh lebih baik dibanding Yamaha dan Honda walaupun masih tetap di bawah Hero Honda patner Honda yang lain. Sangat wajar pula jika duo India ini memasang harga di atas Honda. Sedangkan Yamaha walaupun cuma peringkat 5 berani membandol harganya diatas kompetitor. Makanya FZ 16 / Byson harganya di sebut over price oleh kalangan pemerhati otomotif India.

Bagaimana secara teknis ? untuk Pulsar, Apache, NMP atau Unicorn Dazzler sejauh ini belum ada perbedaan mencolok antara yang di pasarkan di India dengan di Indonesia. Paling2 hanya pencopotan Sari dan Engine Guard. Sedangkan Byson perbedaan yang mencolok adalah pada ukuran ban yang dipakai. Di India ban yang dipakai ukuran 140/60 sedangkan di tanah air ukurannya dikurangi menjadi 120/70 dengan alasan tidak ada supplier yang sanggup menyediakan ukuran 140/60. Walaupun sudah sewajarnya Byson dibandrol mahal karena di India pun paling mahal sudah sepantasnya penurunan spek bisa mengurangi harga dari yang seharusnya.

Honda NMP walaupun dijual lebih murah dari Mega Pro lama yang memang sudah over price, tetap saja terlihat masih kemahalan. Memang ujung – ujungnya politik dagang yang berbicara ” kalo bisa dijual lebih mahal kenapa harus dijual lebih murah? ”

Bagaimana menurut bro semua, monggo di share di sini

Iklan

~ oleh masbloro pada 24 Agustus 2010.

4 Tanggapan to “Menyoal harga motor sport baru di Indonesia”

  1. udah mahal, bentuk dan fiturnya biasa aja..

    AH NANGGUNG, mending nunggu Fazer 250 atau Pulsar 220 sekalian..

  2. keterlaluan sekali bangsa indonesia… masih saa mengambil keuntungan dr produksi sendiri (Honda NMP)n (Yamaha Byson)… negeri ini sdh susah,knp tambah dibuat susah ya! yang sewajarnya ajalah kl jualan! bisa2 yg tdnya cinta honda n yamaha pd kabur!!!
    PERHATIKAN ITU!!!

  3. Betul2 tuh,,sampai kapan bnsa kita terus-terusan meras rakyatnya sendiri..tega-tega skali,coba bayangin aja harga motor yg melambung jauh mbuat msyrkt qt banyak yg tidak bs menikmati tehnology spti bngsa2 lainnya..ya sesuai slogan “yang kaya makin kaya yg miskin makin miskin -itulah indonesia”

  4. terus artikel minerva mana???

    eh y,minerva tu buatan indo pa cina??
    klo indo,we mw beli??pi low cina g decg??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: