Next Pulsar : 250cc, twin engine ?

Seperti yang diketahui oleh khalayak bahwa bajaj mempunyai varian motor yang sangat rapat mulai dari 100 cc sampai dengan 220 cc. Kalo dilihat selisihnya hanya beti alias beda beda tipis. Selanjutnya banyak yang berharap Baja mau naik satu step lagi dengan membangun motor mempunyai cc sedikit lebih besar yaitu 250 cc.

Di India sendiri sempat beredar spekulasi bahwa yang menjadi cikal bakal pulsar 250 adalah Ninja 250. Banyak alasan yang memungkinkan mem-pulsar-kan Ninja 250. Salah satunya adalah secara historis asal Bajaj lahir dari rahim Kawasaki dan Bajaj dan Kawasaki telah memliki kerjasama untuk pemasaran maupun tukar menukar produk. Buktinya adalah Ninja 250 telah diproduksi dan dipasarkan oleh Bajaj untuk wilayah India. Di philipina Kawasaki rouser 200 adalah pulsar 200 yang merupakan produk Bajaj. Bajaj Eliminator aslinya adalah produk kawasaki dan sekarang dijual oleh bajaj dengan mesin pulsar.

Dari situs   carblogindia.com ada artikel menarik mengenai kabar pengembangan pulsar 250. Di situ disebut bahwa Bajaj sedang mengembangkan mesin 250 dengan teknologi yang sama sekali baru atau berbeda dengan mesin sebelumnya. Mesin kubikasi 250 yang dikembangkan mempunyai 2 silinder dengan 4 katup untuk setiap silindernya. Teknolgi yang dikembangkan dinamakan  MPFI.

Mesin baru yang telah menggunakan liquid cooled ini diharapkan mampu menyemburkan tenaga dikisaran 30 bhp. Dengan tenaga sebesar itu kisaran top speed sekitar 150 km/jam. Untuk menunjang mesin baru telah disiapkan frame baru dari bahan aluminium yang lebih ringan tetapi tetap kuat. Yang belum diketahui adalah apakah masih menggunakan 2 busi untuk setiap silindernya.

Apa itu MPFI ?  Multi Point Fuel Injection atau biasa disebut Fuel Injection System adalah teknologi yang biasa digunakan untuk mesin bensin ataupun diesel. Pada mesin diesel MPFI hampir sama dengan CRDI. Untuk mengotrol bekerjanya mesin telah menggunakan komputer kecil. Kalo dalam mesin konvensional kita mengenal carburator, pada mesin MPFI fungsi karburator diambil alih oleh komputer kecil itu melalui alat injeksi yang disesuaikan dengan kebutuhan pengendara. Semua data mengenai kecepatan, rpm, suhu, kebiasaan mengemudi direkam oleh micro prosesor/komputer kecil dan diolah sebagai masukan dalam mengontrol kerja mesin.

Bajaj pulsar 250 twin ini diperkirakan dilepas dipasar dengan harga tidak lebih dari 1.5 Lakhs. Dengan harga tersebut diharapkan akan sangat kompetitif dengan pesaing seperti Kawasaki Ninja 250 maupun Honda CBR 250.

Banyak yang berharap Pulsar 250 twin ini sudah menggunakan piranti tambahan terkini seperti  rem depan belakang yang sudah disk, mesin injeksi, projector headlamp, digital instrument console, sporty design, aerodynamic styling, racing style curves, mono-shock suspension untuk belakang dan telescopic suspension untuk depan.

Kalo ini benar benar terealisir tentu akan menjadi pesaing yang harus diperhitungkan oleh Honda maupun Kawasaki. Kita tunggu saja kenyataannya…

sumber ; carblogindia.com

Iklan

~ oleh masbloro pada 19 Oktober 2010.

16 Tanggapan to “Next Pulsar : 250cc, twin engine ?”

  1. gambar atas Ninja 250R ya bro?

  2. asyiiiiikkk..mimpi mode on…””!!!!!

  3. 30 bhp …. 150 kpj ? ga salah tuh bro…. pelan amat ?
    masa 250 cc 150kpj aja ga tembus… pulsar yang sekarang aja bisa lari sampe 140kpj.. masa cuma nambah 10kpj doang…

    trus kenapa juga orang india demen baget pake satuan BHP … cuma ketara besar doang..tapi kalo dikonversi ke HP apalagi KW pasti lebih kecil output nya… :mrgreen:

  4. Di tunggu kehadirannya.

    Pasti harganya lbh miring dr ninin n cibie..

  5. Kalo bener diproduksi trus dipasarin di sini pasti gayeng permotoran Indonesia dan image Bajaj sendiri secara otomatis pasti langsung terangkat.

  6. bungkus 1..!!!

  7. pokoknya, kalo tangki dan lampunya masih kayak pulsar yang sekarang, lihat aja males…

  8. kayaknya masih lama nih..

  9. pulsar revolusi mesinnya baru yang 135, tapi kalo 135 mesinnya dibikin sejajar masa iya tenaganya cuma 27 BHP, ahh ribet, lihat aja dulu nanti JMS 220 keluar gak, duke yang notabene kerjasama sama ktm diliatin gak (meski tidak dijual, buat bukti bahwa mesin sejajar sudah dekat ) part bybre sudah mulai dipake gak dimotor bajaj terbaru, kalo itu besok ada, berarti Bajaj Auto India niat memperkenalkan derajanya terus disini…

  10. gambar mesin apaan lagi neh????
    bingung ngeliatnya…
    plisss dong diterangkan!!

  11. bentuknya aneh….

  12. itu tuh mesin 2 silinder (2 piston) 4 katup , berarti businya berapa ? masih tetap 2 atau udah 4 ?

  13. klo liat posisi businya agak miring, bkn tegak lurus ditengah cilinder head kayaknya tetep 2 busi kyknya tuuh broo….!

  14. pke busi a ap?

  15. Berapa ratuss cc pun klo gak di barengi dgn penampilan sporty, piranti tambahan terkini seperti rem depan belakang yang sudah disk, mesin injeksi, projector headlamp, digital instrument console, sporty design, aerodynamic styling, racing style curves, mono-shock suspension untuk belakang dan telescopic suspension untuk depan, tetap aja gak bakalan bisa menyaingi Ninja 250 n new CBR 250…^_^

  16. mangstabs…
    1,5 Laks itu lo di rupiakan berapa z??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: