CBR 250 atau Ninja 250 ?

Mempunyai motor ber cc besar memang menjadi dambaan kaum adam di negeri ini. Apalagi seminggu terakhir ini disuguhi gambar gambar CBR 250 yang berpenampilan segar setelah sebelumnya disuguhi banyak bersliweran Ninja 250. Karena belum bisa beli sekali kali saya mau berkhayal ada yang kasih kasih duit 48 juta. Mau dibeliin apa ya Ninja 250 atau CBR 250 ?.

Ini tampangnya Ninja 250R yang udah banyak bersliweran di jalan  :

.

atau ini CBR 250 yang masih anget dan baru akan muncul di semester I 2011 :

Sebuah pilihan yang sulit karena ini terkait selera. Ninja 250 dan CBR sama sama motor bergenre sport sejati dengan silinder 250 cc. Dari penampilan jelas CBR 250 terlihat lebih segar karena memang baru saja diluncurkan. Ninja 250 walaupun lebih dulu muncul tampilannya gak ketinggalan jauh dengan CBR 250.  Dimensi CBR terlihat lebih ramping dari Ninja sehingga cocok untuk tubuh ukuran Indonesia. Dari wajah ini saya kok cenderung menyukai CBR hanya karena lebih segar.

Sekarang kejeroan mesin. CBR menggunakan mesin 1 silinder dengan pendingin air dan injeksi. Menurut penjelasan Honda digunakannya mesin 1 silinder, bukan twin seperti kompetitornya telah melewati banyak pertimbangan. Mesin 1 silinder dinilai lebih kompak sehingga bisa mengurangi bobot motor dan ongkos produksi yang cukup signifikan. Tenaga yang dihasilkan pun diklaim tidak kalah dengan mesin twin karena sudah dilengkapi dengan injeksi dengan teknologi PGM-FI. Honda CBR dengan mesin 249 cc liquid cooled 4-tak DOHC single cylinder berkode CS250RE mempunyai kompresi rasio 10,7:1. Sedangkan Ninja dengan mesin 248 cc 4-tak 2 cylinder liquid cooled memiliki kompresi rasio 11,6:1. Konfigurasi mesin CBR cocok untuk motor harian yang orang yang demen motor standar. Sebaliknya buat yang suka ngoprek lebih cocok pake karbu kayak ninin 250 cc, yang menggunakan Keihin CVK30. Satu hal yang gak bakalan bisa ditiru oleh mesin single silider dari mesin twin adalah suara yang keluar dari knalpot. Suara Ninja 250 jelas lebih merdu dibandingkan CBR 250. Dan itulah yang saya suka dari Ninin

Untuk ukuran dimensi motor CBR 250 mempunyai body yang lebih ramping dibanding Ninja 250. Meskipun body terlihat lebih langsing untuk ban CBR telah menggunakan ban ukuran 110/70/17M/C untuk ban depan dan 140/70-17M/C, lebih besar dibanding ninja 250 yang menggunakan 100/70/ 50S untuk depan dan belakang 130/70/64S. Soal urusan harga tidak akan terpaut jauh, Ninja 250 sekarang dibandrol sekitar 45 juta-an dan CBR kabarnya akan dibandrol sedikit lebih murah.

Kembali ke pilih memilih sekali lagi kalo saya kejatuhan duit 48 juta secara pribadi akan tetap pilih Ninja 250R untuk dipinang. Apa alasannya ? Sederhana saja pertimbangannya :

Soal wajah masalah selera dan lagian masih bisa didandanin supaya lebih seger. Kalo mesin, Ninja 250 cenderung lebih mudah dinaikin powernya dibanding CBR,  tergantung tebelnya dompet. Satu hal yang gak bisa diboongi adalah suara Ninja 250 yang lebih “moge” banget dibandingin CBR, gimana selera kalian….?

sumber : autos.okezone.com, kaskus.us

Iklan

~ oleh masbloro pada 16 November 2010.

13 Tanggapan to “CBR 250 atau Ninja 250 ?”

  1. Pertamax

  2. keduax

    soal tampilan, saya pilih Ninja 250

  3. Baik mesin ataupun tampilan..pilih ninja. Kalau soal harga pilih vixion..:-)

  4. klo trennya terus2an sport berfairing, sport naked 250 bakal dilupakan nih. siapakah penggebraknya? Tunggu 2011

  5. kalau lihat tdesain, fitur dan teknologi gue pilih CBR250R.
    tampilan lebih freshy, speedo digital, injeksi dan ABS.
    satu lagi yg membuat tampilan CBR250R lebih gahar selain dgn ban yg lebih gede juga karena pake spakbor kolong.

  6. klo ane pasti pilih CBR donk. lebih fresh. apalagi klo harganya di bawah Ninja 250.

  7. yaa CBR 250R dunk…walau kawasaki juga ok..berhubung gua org nya nda terlalu suka ngebut2an, ngoprek2 mesin (kagak ngerti), CBR lebih cucok buat jalan jauh agak touring tunggangan nya bro..

  8. saya ada info nie…

    buat kalian yang ingin membeli CBR 250..
    ada bocoran harga, buat CBR yang tanpa ABS cuman 30 juta..

    kalau yang pake ABS sekitar 36-40 juta..

    dan kabarnya akan di pasarkan di indonesia mulai bulan januari atau febuari tahun 2011…

    semoga info dari saya bermanfaat dan yang mau beli..
    bisa nabung dulu dari sekarang…

  9. gue pilih cbr 250 klo modelnya tap klo mesin gw pilih ninja

  10. kira” di jogja dealernya dimana ya? udah muter” cbr 150 pun gak ada, semoga AHM cepat ngelaunch cbr 250

  11. wah gk salah tulis tuh….

    itu mah gambar CBR 150…..

    kalo di kalsel udah ada CBR 150 harga nya 43,5 juta

  12. ya klo bgi aku cih ga ada yg kalain ninja, harga min, tu yg bikin menarik n bunyix,

  13. kalo dua-duanya diadu sama cheetah kayak di iklan oli castrol siapa yang menang tuh..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: