Brio, senjata baru Honda

Penampakan sosok mungil dari Honda di Pameran Thailand International Motor Expo (TIME) menarik perhatian banyak kalangan. tidak saja sosoknya yang imut dan manis tetapi harga yang ditawarkan cukup menggoda untuk meminangnya.

Di Thailand, Honda Brio ini ditawarkan 400.000 bath atau sekitar 120 juta rupiah dan baru ada di pasaran bulan Maret 2011. Brio sangat murah untuk ukuran Honda atau berada di entry-level dan sangat bersaing dengan Toyota Etios yang juga baru saja dilauncing. Segmen ini permintaannya cukup tinggi di negara-negera ekonomi berkembang, seperti Thailand dan India.

Brio masih menganut konsep 4M yaitu “Manusia maksimum, mesin minimum”. Konsep pendekatan Honda pada mobil kecil ini adalah memaksimalkan ruang untuk orang dan meminimalkan ruang untuk komponen mekanis. Brio mempunyai dimensi panjang 3,610 mm, lebar 1,680 mm, dan tinggi 1.475 mm.

Secara keseluruhan, tampilan Brio terlihat stylish dengan desain lampu depan dan grill baru berlambang Honda di bagian tengah. Bemper depan dilengkapi lampu kabut dan dipadu saluran udara menuju mesin. Paduan ini membuatnya lebih sporty. Adapun dua garis tegas di kedua sisi bodi menjadikan tampilannya lebih dinamis. Dipandang sekilas dari samping, bagian belakangnya mirip Kia Visto, sedangkan bagian depannya menyerupai Proton Savvy.

Brio mengusung mesin 1,2 liter SOHC sama dengan Suzuki splash dan Chevrolet Spark. Honda mengklaim bahwa konsumsi bahan bakarnya 20 km/liter dan sudah memenuhi standar eco-car di negara tersebut. Adapun Brio untuk India—diperkenalkan pada 2011—dibuat sesuai dengan kebutuhan pemakai lokal. Untuk menyeimbangkan antara performa dan harga (bisa lebih murah lagi), Honda akan lebih banyak menggunakan komponen lokal India.

Jika Brio ini dibawa masuk Indonesia tentu akan menjadi pilihan menarik bagi penggemar Honda dan bisa saja menggeser sang raja Honda Jazz sebagai mobil terlaris dari Honda.

sumber : kompas.com, autos.okezone.com, teknologi.inilah.com

Iklan

~ oleh masbloro pada 6 Desember 2010.

2 Tanggapan to “Brio, senjata baru Honda”

  1. City car baru nih..
    minumnya pake pertamax donk 🙂

    http://thewheelsoflife.wordpress.com

  2. Mantap nich .. Kapan masuk Indonesia yaa? 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: