Bajaj lebih hebat dari Honda ?

Jika diamati, pelan – pelan cengkraman Bajaj di segmen motor sport di tanah air mulai menguat, dibandingkan dengan rekan senegaranya TVS,  Bajaj lebih sukses menjual motor. Coba saja perhatikan, jika kalian tinggal di jabodetabek menemukan motor bajaj di jalanan sangatlah mudah ketimbang TVS. Masuk resmi sebagai ATPM langsung 4 tahun lalu Bajaj Auto Indonesia mulai memetik kegurihan pasar di Indonesia. Jika dilihat dari penjualan motor secara keseluruhan tentunya seperti langit dan bumi. Hal tersebut wajar karena Honda lebih dulu ada di Indonesia dan jaringan penjualannya pun telah tersebar diseluruh penjuru Indonesia. Sepertinya hampir tidak ada kota yang terlawatkan oleh jaringan distribusi Honda.

Lantas dimana hebatnya Bajaj? tidak mudah menjawab pernyataan ini, tapi bisa dibuktikan dengan data. Dari pencarian di google terungkap bahwa dealer Honda di seluruh Indonesia berjumlah sekitar 1.600 sedangkan jumlah dealer Bajaj hanya sekitar 90 dealer (per september 2010) dan akan bertambah menjadi 120 dealer sampai akhir tahun. Sekarang  berapa jumlah penjualan motor sport kedua pabrikan tersebut ?

Karena Bajaj hanya menjual varian sport dengan sengaja data yang ditampilkan adalah data penjualan kelas sport. Walaupun tidak ada data resmi, dari berita oto.detik.com pihak prinsipal mengakui kalo penjualan motor bulan september dan oktober mencapai 2 ribu unit per bulan. Mencari data Honda tentu lebih mudah karena Honda menjadi anggota AISI. Penjualan motor sport Honda untuk bulan yang sama September dan oktober adalah 16.833 unit dan 22.834 unit. Disitu disebut penyumbang terbesar adalah Honda NPM dengan angka sekitar 18.642 unit.

Dari data diatas sangat pantas Honda bisa meraup menjualan 11 kalinya apa yang dicapai Bajaj karena jaringan penjualan Honda 13.3 kali jumlah jaringan penjualan Bajaj. Dan disitulah hebatnya Bajaj dengan jaringan hanya 120 dealer dan itupun sebagian baru aktif tidak sampai 1 tahun penuh sanggup menjual 2000 unit tiap bulan atau rata2 16,6 motor tiap dealer. Bandingkan dengan Honda pada bulan september secara rata – rata setiap dealer Honda hanya sanggup menjual  10.5 motor dan Oktober 14,3 unit motor saja.

Data diatas membuktikan bahwa sebenarnya Bajaj bisa lebih hebat ketimbang Honda. Secara rata rata dealer Bajaj bisa menjual lebih banyak motor sport ketimbang Honda.

Fakta diatas memang tidak merepresentasikan penjualan secara keseluruhan.  Tapi paling tidak ini bisa menjadi warning buat siapapun yang berkuasa di segmen sport apakah itu Honda atau Yamaha. Warning bahwa sebenarnya Bajaj Auto Indonesia berpotensi merubah peta penjualan motor sport dimasa yang akan datang. Peningkatan penjualan yang dicapai Bajaj dapat dibaca sebagai mulai timbulnya kepercayaan/pengakuan masyarakat atas kualitas dan durability motor bajaj.

Jika Bajaj mampu mempertahankan layanan 3S, memperluas jaringan serta memperbanyak varian motornya bukan tidak mungkin akan membuat pabrikan jepang ketar ketir. Coba bayangkan jika Bajaj telah mempunyai jaringan penjualan seluas Honda bisa saja penjualannya melampaui Honda.

Iklan

~ oleh masbloro pada 5 Januari 2011.

21 Tanggapan to “Bajaj lebih hebat dari Honda ?”

  1. Memang mantap Bajaj ….
    Salam Kenal bro
    Di tunggu Ulasan Motor Baru Bajaj Tahun ini ya !!!

  2. Maksudnya P220 & P250, Mana yg duluan brojol??

  3. o… gitu to.. itung itunganya jumplah deler berbanding penjualan..

    menurutku ngak adil lha wong honda /yamaha kan gak cuma jualan mongtor semport doang… ada mana yang lebih di utamakan bebek /matic…
    ngaco.

  4. Dilihat dari sisi motor sport. Gak ngaco dong ahhh…

  5. Mantabz.. Keluarnya New Mega Pro dan Byson adalah efek dari
    Ketar-ketirnya Honda dan Yamaha terhadap Peningkatan penjualan
    Motor Bajaj. Sampai-sampai Motor Honda dan Yamaha India di Boyong k Bumi pertiwi.
    .
    Bravo Bajaj..

  6. ^^^

    Yg dibandingkan kelas motor yg sama mas…
    Coba dibaca ulang…

  7. wah hebat… bajaj memang hebat…..

  8. keduaaaaxxxx
    of course lah… desain bajaj lebih menarik…. tekno… belooom…
    http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/01/06/rc116-motor-super-power-hondaseri1/

  9. artinya juga antrian service di dealer Bajaj tuh panjaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang banget. Jam 10 biasanya dah nggak terima service.. Hiks..

  10. Emang hebat nih bajaj,tp sayang kalo service bener apa yg di bilang di atas,ngantrinya minta ampun…
    Artikelnya keren like this lah..

  11. bukan ga mgkin 10 taun kedepan bajaj pemimpin pasar motor batangan di Indonesia,who knows?

  12. bukannya YMK* yg pegang pasar sport ??
    moga bajaj lebih banyak varian biar g monoton, coz kemakan zaman klo g da perubahan en biar tambah rame pasar sport, jdi kompetitor juga terpacu bikin produk yg lebih baik so konsumen yg diuntungkan dgn bnyaknya pilihan

  13. mmmm bisa servis bajaj bisa jadi ladang bisnis nichh…

  14. Emg mantap salut ama bajaj

  15. hayo2 pd mbuka serpis khusus bajaj…. Spy beres ditambah lagi…

  16. gue juga sempat kesengsem pulsar 135 ls. tapi mikir after salesnya jadi muntir deh..

    http://blogpakyo.wordpress.com/2011/01/08/kawasaki-ninja-250r-se-dibekali-injeksi/

    http://blogpakyo.wordpress.com/2011/01/10/cbr-250-bikin-demam-yamaha-persiapkan-fz250-pertengahan-2011/

  17. cinta mati gw ma bajaj…. Mantab

  18. ulasannya bolehlah….tapi ko ya dilernya ujug2 langsung 120 aja om? 90 ya 90 lah….honda 1600 ya 1600….kalo bajaj akan jadi 120 honda ya akan jadi berapa?? tolong kalau mau koparing datanya yg imbang…..

  19. soalnya motor sport honda emng lebih berkualitas dibanding bajaj…wong honda cs1 yg 125cc aja masi sama ketimbang pulsar 180…tp honda yg 125 udah di kasi radiator sedangkan pulsar engga…

    lagian motor sport honda kan juga udah di akui dunia lewat motoGP.
    n kehandalan mesinya udah terbukti, makanya harga motor sport honda kelewatan.

    makanya pulsar lebih di minati oleh konsumen karena di iming2i motor sport,murah,hemat,cc besar n tenaga besar….

    permasalahan penjualan motor sport honda itu cuma di harga n desain.
    kalo desain n harga bisa lebih di terima masyarakat pasti ga akan bisa ngejar penjualan motor sport honda…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: