Akhirnya Yamaha rilis Lexam

PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (PT YMKI) akhirnya menyusul Honda untuk menelorkan bebek matik ke pasar. Hari ini (Jumat, 14 Januari 2010) Yamaha secara resmi meliris Yamaha Lexam. Yamaha sepertinya sangat berhati hati dalam meluncurkan lexam ke pasar. Yamaha tidak terpancing untuk segera mengeluarkan lexam saat Honda merilis Revo Matik.

Waktu itu Yamaha beralasan karena masih dalam pengembangan untuk disesuaikan dengan kondisi Indonesia. Desas desus yang beredar Lexam saat itu masih bermasalah saat dilakukan uji coba. Mesin matik yang ditemplokkan ke bebek kehilangan tenaga saat ditanjakan dalam kondisi berbonjengan. Dengan dirilisnya Lexam saat ini kemungkinan masalah tersebut sudah bisa diatasi.

Bisa juga peluncuran Lexam saat ini merupakan strategi Yamaha untuk menaklukkan Revo Matik. Yamaha mungkin melihat reaksi pasar dulu terhadap penerimaan produk baru dan Yamaha bisa belajar dari pengalaman Honda untuk membuat strategi pemasaran yang lebih baik.

Kehadiran Lexam ini berbarengan dengan kehadiran pembalap Jorge Lorenzo. Kehadiran Lexam ini bukan berarti pembalap itu sebagai ikon Lexam karena Lorenzo telah ditunjuk Yamaha sebagai ikon motor bebek New Yamaha Jupiter MX.

Spesifikasi motor bebek matik Lexam tidak ada bedanya dengan yang  dipasarkan di Vietnam. Lexam memakai mesin 113,7 cc, empat tak, 2 valve, SOHC. Sistem pendinginan mesin menggunakan pendingin udara. Pengabutan bahan bakarnya masih mengunakan karburator. Yamaha mengklaim mampu menyemburkan tenaga 8.82 PS pada 8.000 rpm dan torsi 8.23 Newton meter pada 6.500 rpm dengan transmisi Continously Variable Transmission (CVT) dan chain drive.

Dimensi Lexam memiliki panjang 1,92 meter (m), lebar 0,68 m, dan tinggi 1,07 m. Sistem suspensinya menggunakan suspensi teleskopic di depan dan suspensi ganda pada bagian belakang. Ban yang dipakai ukuran 70/90 dan 80/90 di bagian belakang. Pelek yang digunakan berukuran 17 inci.

Bandrol Lexam ini agak aneh yakni 16,4 juta padahal sang kompetitor Honda Revo AT dengan mesin injeksi berharga hanya 15,8 juta saja. Masih sangat sulit menemukan keistimewaan Lexam ini dibanding Revo AT. Bentuknya memang cukup  cantik dan futuristik tetapi tidak terbilang istimewa. Kapasitas mesin 113.7 cc hanya sedikit lebih besar dari Revo AT yang 109,1 cc, Beda cuma sesendok doang. Perlu pengetesan langsung terhadap keduanya Lexam dan Revo AT untuk menilai Lexam memang pantas dihargai lebih mahal.

Berikut ini spesifikasi dari Lexam :

Engine: 4 stroke, single cylinder, 2 valve, SOHC, air cooled four stroke
Capacity: 113.7cc
Maximum power: 6:18 kW / 8000 rpm
Maximum torque: 8:23 Nm / 6500 rpm
Tank Capacity: 4.1 liters
System: Carburetor
Ignition: CDI
Clutch System: Wet – Centrifugal Matic
Transmission System: V Belt Y-CAT
Dimension p x v x t: 680mm x 1.920mm x 1.075mm
height: 760 mm
weight: 98 to 108 kg

Sebagai perbandingan ini adalah spesifikasi dari Revo AT  :

Tipe mesin : 4 langkah, SOHC
System : Injeksi PGMFI
Sistem pendinginan : Pendinginan udara
Diameter x langkah : 50 x 55,6 mm
Volume langkah : 109,1 cc
Perbandingan kompresi : 9,0 : 1
Daya maksimum : 7,68 PS / 8.000 rpm
Torsi maksimum : 0,81 kgf.m / 5.000 rpm
Kopling : Otomatis Sentrifugal, tipe basah
Starter: Pedal dan elektrik
Busi: ND U20EPR9S, NGK CPR6EA-9S

sumber : detik.com, tempointeraktif.com, nanlimo.blogspot.com, breaksides.blogspot.com

Iklan

~ oleh masbloro pada 14 Januari 2011.

7 Tanggapan to “Akhirnya Yamaha rilis Lexam”

  1. bebek

  2. yamaha bilang kalau Lesam ini gak menjanjikan buat irit dan gak menjanjikan juga buat kenceng2an.
    trus sing dijual oponeeee??

  3. Katanya jualan KEPRAKTISAN. Tapi harga 16,4 jt, siapa yang mo beli? Ya… mending beli kencang + praktisnya Xeon… Atau MX skalian !!! Benar-benar gak niat jualan.

  4. kalau praksis sih mio juga lebih prakstis.
    sama2 minim fitur tapi harganya bagai langit dan bumi.

  5. Klau mbahnya Klingon New Scorpio Z udah diganjar dgn predikat The Blunder Motorcycle of The Year 2010 mungkin Ponakannya Klingon Lek Samiun juga ngincer gelar The Blunder Motorcycle of The Year 2011 ini bro.

    apalagi YMKI udah nyiapin strategi “MAHAL” pd produk ini, niscaya gelar The Blunder Motorcycle of The Year 2011 ini akan mudah diraih.

    wkwkwkkkkkk…………

  6. setuju yg diatas.lek sam is the next blunder

  7. Masih ada yang lebih dari H… yang mahal banyak, eh ngga’ nyambung ya …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: