Bajaj akan lakukan rebranding


Ketika pertama kali Bajaj memasuki pasar motor Indonesia yang terbayang di benak konsumen adalah sebuah kendaraan roda tiga dengan mesin yang berisik dan pengendaranya tak tau aturan di jalan. Takut disamakan dengan Bajaj roda tiga, sebagian besar pemilik motor produksi Bajaj lebih senang menyebutnya Pulsar yang kebetulan menjadi model pertama yang dipasarkan ketimbang Bajaj. Tidak heran jika kebanyakan klub motor Bajaj ini menggunakan kata Pulsar daripada Bajaj. Diantaranya ada Pulsarian, Pulsarior, POC (Pulsar Owner Club), Power (Pulsar Owner), P2C (Pulsar Purwakarta Club) dan lain lain.

Entah ada hubungannya dengan hal diatas, Bajaj Auto di India telah mempunyai rencana untuk melakukan rebranding nama Bajaj. Bajaj Auto telah menunjuk konsultan Internasional agency Fitch untuk melakukan perencanaan rebranding. Survey telah dilakukan terhadap jaringan distribusi dan konsumen hasilnya sangat mengejutkan. Nama Pulsar dan Discovery lebih banyak disebut dibanding dengan nama Bajaj itu sendiri.

Menyusul rencana rebranding ini Bajaj Auto telah merencanakan untuk merubah tampilan dan melakukan sosialisasi terhadap 600 dealer dan 1.100 bengkel yang ada di India. Keputusan untuk melakukan rebranding dengan menghapus nama Bajaj pada motor adalah untuk memperluas pasar motor kedepan. Pada tahap awal nama Bajaj hanya akan ada pada mesin dan kemudian akan dihapus seterusnya. Pada akhirnya yang akan muncul adalah nama brand individu seperti Pulsar, Discovery, Boxer dan mungkin juga KTM. Hal yang sama juga akan dilakukan untuk kendaraan roda tiga.

Bajaj Auto tidak khawatir dengan hilangnya nama Bajaj, diibaratkan seperti Audi. Audi mempunyai image sebagai mobil premium dan orang juga tahu bahwa Audi diproduksi oleh Volkswagen padahal tidak ada Volkswagen pada produk Audi. Bajaj telah menyiapkan brand pulsar sebagai motor yang sporty dengan harga yang terjangkau, sementara untuk discovery merupakan kendaraan yang efisien yang berorientasi sebagai kendaraan keluarga.

Mulai 11 april 2011 sudah diputuskan tidak akan ada lagi merk Bajaj yang ada brand individual seperti Pulsar dan Discovery. Langkah rebranding dari Bajaj Auto ini akan dicatat sebagai babak baru dalam Industri Otomotif India. Hal ini akan menjadikan Bajaj Auto sebagai perusahaan pertama yang memliki merek sepeda motor secara sendiri. Mirip dengan Piaggio yang memiliki brand piaggio, vespa, gilera, Aprillia, moto guzzi, derbi dan scarabeo.

sumber : bikeadvice.in

Iklan

~ oleh masbloro pada 19 Januari 2011.

7 Tanggapan to “Bajaj akan lakukan rebranding”

  1. top. Tak ada lagi pulsar disamakan ama bajey

  2. makin mantep namanya

  3. Bajaj?

  4. xcd g ada yg nyebut ya?

  5. langkah bajaj yg keren euy..lanjutkan ..

  6. mantap..bro pulsar..wuz wuzz…ga akan pasrah di kejar komeng.ha ha ha..

  7. mantap..bro pulsar..wuz wuzz…ga akan pasrah di kejar komeng.ha ha ha..mañtab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: