Sepeda motor : di Indonesia bermasalah di Inggris dianjurkan

Pertumbuhan sepeda motor di Indonesia yang semakin kencang akhir – akhir ini telah mengkhawatirkan berbagai pihak. Semakin merajalelanya kendaraan roda dua ini telah meningkatkan angka kecelakaan di jalan. Belum lagi perilaku pengendara sepeda motor yang berjamaah melanggar dengan sengaja aturan lalu lintas telah merugikan pengguna jalan lain. Polemik ini tentu menjadi PR yang berat bagi pemerintah.

Ternyata kondisi disini berlaku sebaliknya di negara eropa Inggris. Justru saat ini pemerintah Inggris sedang  menggalakkan penggunaan motor untuk pergi kerja atau Wheels 2 Work. Dengan skema yang diberi-nama Wheels 2 Work (W2W) ini, pemerintah Inggris menyewakan masyarakat Inggris sebuah moped, sepeda motor ber cc kecil yang di Indonesia sejenis dengan motor bebek untuk pergi bekerja. Asyiknya lagi motor ini juga bisa dicicil. Namun program ini hanya diberikan kepada warga yang tidak memiliki kendaraan pribadi atau kesulitan mengakses angkutan umum.

Untuk proyek yang tidak umum bagi orang Indonesia ini pemerintah Inggris sudah siap mengucurkan dana hingga 560 juta poundsterling atau sekitar Rp 8,1 triliun demi suksesnya program tersebut. Skenario yang dibuat pemerintah Inggris ini merupakan bagian dari skenario besar untuk membuat masyarakat Inggris meninggalkan mobil dan mulai beralih untuk berjalan kaki, bersepeda atau menggunakan transportasi umum. Tema besar yang dicanangkan untuk itu semua adalah ‘Creating Growth, Cutting Carbon’.

Federasi Pengendara Motor Inggris (British Motorcyclists Federation-BMF) pun senang dengan langkah yang diambil pemerintah mereka itu. Karena skema W2W itu menurut mereka sama dengan pengakuan pemerintah terhadap para pengguna motor di sana. Eksekutif bagian relasi pemerintah di BMF, Chris Hodder mengatakan kalau bekerja dengan menggunakan motor merupakan solusi praktis karena akan membuat pengeluaran jadi rendah.

Keputusan ini menjadi langkah sangat penting bagi pengendara motor sebagai Wheels 2 Work, karena dianggap sebagai solusi yang murah dibandingkan dengan skema transportasi lain.  Kalo progam ini diterapkan disini entah pada jadinya jalanan di Indonesia…

sumber : detik.com, kompas.com

Iklan

~ oleh masbloro pada 1 Februari 2011.

4 Tanggapan to “Sepeda motor : di Indonesia bermasalah di Inggris dianjurkan”

  1. asal ga kebablasan kaya di mari. Motor merajai dan produksi tak terbendung. Macet deh

  2. Gak perlu diterapin disini, toh sudah bisa berjalan dengan sendirinya hehehe…

  3. ayo ekspor bebek rame rame ke inggris, pasti mas ben gak setubuh

  4. untuk negara2 berhawa dingin pstinya lbih bnyak memakai kendaraan yg ada penghangatnya (mobil/bus/sdbnya), jdi lbih sdikit yg memilih naik kendaraan beroda 2 yang plong.. cmiiw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: