Pentingnya menyalakan lampu saat memasuki terowongan

Jika kita mengendarai roda empat melalui tol TB Simatupang dari arah rambutan ke Pondok Indah kita akan melewati beberapa terowongan. Terowongan terpanjang ada dibawah jembatan pasar rebo. Tabrakan beruntun kerap sekali terjadi disitu, selain karena kecerobohan pengemudi dalam menjaga jarak dengan kendaraan di depannya, juga karena tiba tiba gelap akibat efek mata beradaptasi dari tempat terang ke menjadi gelap secara cepat.
Efek yang sama bisa dirasakan ketika masuk ke Parkiran gedung / Basement pada siang hari, dimana perbedaan tingkat intensitas cahaya Matahari di jalan raya pada siang hari vs pencahayaan pada tempat parkir yang tertutup seperti Basement adalah cukup jauh, bahkan ada beberapa parkiran Basement yang sangat gelap.

Bagaimana itu bisa terjadi ?

Seseorang masuk ke dalam ruangan gelap yang tadinya berada di ruangan terang, jumlah rhodopsin di dalam rod sangat sedikit sebagai akibat orang tersebut tidak dapat melihat apa-apa di dalam ruangan gelap. Selama berada di ruangan gelap, pembentukan rhodopsin di dalam rod sangatlah perlahan-lahan, konsentrasi rhodopsin akan mencapai kadar yang cukup dalam beberapa menit berikutnya sehingga akhirnya rod akan terangsang oleh cahaya dalam waktu singkat.

Selama penyesuaian gelap kepekaan retina akan meningkat mencapai nilai 1.000 hanya dalam waktu beberapa menit saja, kepekaan retina mencapai nilai 100.000 waktu yang diperlukan 1 jam. Sedangkan kepekaan retina akan menurun dari nilai 100.000 apabila seseorang dari ruangan gelap ke ruangan terang. Proses penurunanan kepekaan retina hanya diperlukan waktu 1 sampai 10 menit. (BIO-Optik-K-III).

Makanya jika pada siang hari kita memasuki terowongan atau tempat parkiran gedung / basement yang agak gelap, segera nyalakan lampu kecil pada mobil kita atau boleh hidupkan lampu besar (low beam) jika tingkat pencahayaan di tempat parkir gedung / basement sangat kurang, hal ini demi keselamatan bersama.

Keep Safety Riding…..

sember : millis Atoz

Iklan

~ oleh masbloro pada 18 Februari 2011.

2 Tanggapan to “Pentingnya menyalakan lampu saat memasuki terowongan”

  1. Safety first…

  2. […] ini sebenarnya sudah pernah dibahas lengkap di blog motorek (disini). Tapi tak apalah saya tampilkan lagi karena ada tambahan info berguna yang saya dapatkan dari […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: