Honda Ruckus, matik berikutnya dari Honda ?

Dari taboloid Motor Plus terkuak kabar samar kalo AHM tertarik untuk memboyong matik dengan model yang sama sekali baru ke Indonesia. Kabarnya Honda Ruckus akan menjadi salah satu yang dipertimbangkan untuk diboyong di Indonesia.

Seperti juga namanya, Honda Ruckus juga mempunyai penampilan yang aneh. Ruckus mempunyai body yang telanjang dan cenderung simple. Honda sengaja membuat seperti itu untuk mengurangi bobot karena dari sononya motor ini ber cc imut cuma 49cc. Jangan kuatir Ruckus gak kuat menggotong beban berat, meski mungil tapi kuat dan ulet seperti kebanyakan motor Honda lainnya.

Demi meringankan bobot motor sampe – sampe bagasi yang biasanya ada di kebanyakan matik pun ditiadakan. Sebagai pengganti ditaruh sebuah cantelan yang bisa dikunci untuk menaruh helm.

Motor ini tidak didesain untuk balapan atau jarak jauh. Dengan mesin kecil jangan berharap bisa  ngebut. Mesin yang kecil membuat kecepatan motor tergantung beban yang dibawa. Dengan berat normal (ukuran orang bule) Ruckus mampu melaju sampai 35 km/jam dalam waktu 12,5 detik. Dengan beban sedikit lebih ringan (ukuran orang indonesia kali ya…) Ruckus mampu digenjot sampai 40 km/jam dengan kondisi jalan datar. Bagaimana kalo nanjak ? Dipake nanjak kecepatannya langsung turun dratis menjadi dibawah 20 km/jam.

Makanya untuk piranti pengereman cukup pake teromol saja. Walaupun kapasitas tangkinya minimalis cuma 1,3 galon jangan kuatir kehabisan bensin di jalan karena saat diuji oleh motor-scooters-guide.com untuk 1 galonnya sanggup melaju sampai 100 mil.

Motor ini disebut sebut sebagai motor matiknya para lelaki. Dengan body telanjang dan berpelek lebar matik ini sangat cocok buat dimodifikasi. Untuk masuk Indonesia dengan kondisi apa adanya, melihat perilaku konsumen di Indonesia rasa rasanya perlu kerja keras untuk bisa diterima pasar.

Kabarnya kalau AHM jadi membawa motor ini masuk kemari mesinnya akan digantikan dengan mesin 110 cc sama seperti matik Honda lainnya. Kalo mesin diganti mestinya rem disk juga akan dibenamkan di Ruckus ini, paling tidak untuk rem depan.

Kalo di Bajaj baju sama jeroan diganti ganti. Untuk matik Honda menganut sebaliknya jeroan sama baju diganti ganti. Buat AHM Ruckus ini masih segaris dengan strategi Honda yang tidak akan mengeluarkan model yang langsung head to head setara dengan Yamaha. Honda mencoba membatasi ruang gerak Yamaha sekaligus memaksa Yamaha mengikuti arus Honda dengan cara membuat model yang mempunyai ciri berbeda dengan Yamaha sekaligus bisa mempeluas pasar matik.

Saya pribadi sebenarnya lebih senang kalo versi aslinya yang dilansir ke Indonesia. Dengan mesin 49 cc kalo di luar negeri tidak diperlukan SIM motor untuk mengendarainya. Ruckus cocok buat orang tua yang ingin membelikan motor anaknya yang masih dibawah umur untuk mendapat SIM. Apakah si anak mau menerima motor yang gak bisa diajak ngebut buat dipake ke sekolah? itu tergantung pendekatan orang tua ke anak.

Apakah benar Rackus versi AHM akan lahir ?, mari kita tunggu saja….

sumber : inilah.com, motor-scooters-guide.com

Iklan

~ oleh masbloro pada 23 Februari 2011.

12 Tanggapan to “Honda Ruckus, matik berikutnya dari Honda ?”

  1. cocok buat komplek dan semacamnya…

  2. harga brp bro klo mahal mending beat second sekalian…

  3. bobot seringan itu…. cocok buat freestyle.
    100 mil = 167 kilo.. wah.. luar biasa.. tapi itu kan versi 50ccnya.. versi 110ccnya.. pasti lebih hemat dari beat nih.

  4. Kapasitas tangki 1,3 galon berarti termasuk besar, 1 galon = 3,78 liter kalo dihitung2 dapet 4,9 liter (hampir 5 liter).

  5. coba sadel dan penyangga dilepas, bisa naik mmatik sambil ngeler ketiak…..wkwkwkwkwk

  6. Hehe..
    1 galon = 3,79 lt.
    1 mil = 1,61 km.
    Jadi konsumsi dlm satuan km/lt = 42,48 km/lt..imho, biasa aja untk motor 50cc..boros ga ya?
    Kapasitas tangki 1,3 gal = 4,93 lt..termasuk jumbo untk ukuran skutik..

  7. ane mlh demen dg matik model ginian.. macho

  8. PEPESAN KOSONG !

  9. sekarang harganya 60jt, 5x beat, murahan ninja 250 ya…..

  10. aku mau beli ini….bisa beli di mana Indonesia?
    kasih tahu – daekwan.kim76@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: