Polling motor 250cc, CBR 250R baru meluncur langsung jadi favorit

Gebrakan Honda di pasar 250cc sepertinya akan menuai hasil gemilang. Dalam polling yang dilakukan portal news paling besar di Indonesia detik.com CBR 250 melejit mengungguli kampium sebelumnya Ninja 250R dan Minerva Migelli 250 (liat hasil polling klik disini).

Hasil polling yang diikuti tiga kontestan, CBR 250R unggul tipis 50,59 % dibndingNinja 250R yang memperoleh 43,53 % dan Migelli 250 5,88 % per tanggal 6 Maret 2010, pukul 07.30 pagi.

Hasil ini buat Honda menggambarkan bahwa CBR 250 sudah bisa diterima pasar dengan baik, sedangkan bagi Kawasaki menunjukkan bahwa walaupun Ninja 250 mungkin singgasananya akan tergusur oleh Honda tetapi mereka masih punya penggemar tersendiri.

Terlepas dari apakah hasil poling akan tercermin di pasar, sudah waktunya Kawasaki memikirkan strategi baru untuk menahan laju Honda. Wajah CBR yang lebih segar plus penambahan sistim injeksi dan ABS menjadi senjata ampuh Honda untuk bisa mengatakan bahwa CBR 250 sangat value of  money dibanding kompetitor (baca Ninja 250R yang masih menganut pengapian carbu dan belum ABS). Apalagi Ninja 250R sejak keluar pertama tidak banyak melakukan perubahan.

Penempatan harga CBR 250R oleh Honda di level 39,9 juta dan 46.5 juta juga sangat menyulitkan Ninja 250R untuk melakukan harga.  Jadinya Ninja 250R terkesan menjadi over price. Beruntung bagi Ninja 250R, karena CBR 250 hanya 1 silinder saja sehingga dari sisi yang lain Ninja 250R masih memiliki nilai lebih dibanding CBR 250.

Ada banyak cara agar membuat Ninja mempunyai daya saing yang kuat. Paling ekstrem adalah dengan menurunkan harga dan mengorbankan konsumen loyalnya seperti apa yang dilakukan Bajaj. Tapi ini sepertinya muskil dilakukan Kawasaki. Cara lainnya adalah mengikuti Honda dengan ikut membenamkan injeksi dan ABS ke badan Ninja 250R. Konsekuensi cara ini adalah resiko kenaikan harga yang bisa jadi malah menjadi senjata makan tuan alias makin tidak kompetitif.

Cara lainnya lagi adalah melakukan major change pada Ninja 250 dan kemudian menata ulang harga jualnya. Strategi yang sama dengan Honda ketika mengeluarkan NMP. Repotnya Ninja 250R adalah produk global sehingga keputusan itu harus melalui jalan yang panjang dan berliku yang bermuara di petingginya di Jepang.

Jalan mana yang akan diambil,  kita liat saja apa akan yang akan dilakukan Kawasaki…

sumber : detik.com

foto : xbhp.com, minervamotoindonesia.blogspot.com

Iklan

~ oleh masbloro pada 6 Maret 2011.

13 Tanggapan to “Polling motor 250cc, CBR 250R baru meluncur langsung jadi favorit”

  1. PERTAMAXX
    kalo simimin gimana mas bro??
    SALAM KARET BUNDAR

  2. yg bikin CBR250R pamornya naik itu karena pricing strategy yg smart.

    coba aja klo dibanderol lebih mahal dari si ninin, gw jamin gak akan seheboh ini.

  3. apik apik apik

  4. cara lain ya bikin 250cc satu silinder tapi pake karburator sehingga bisa murah..

    • Mungkin itu nanti akan dijadikan strategi Honda untuk mengupgrade Tiger, yaitu dari basis CBR naked dengan spek yang didowngrade.

  5. Yang lalu biarlah berlalu,,,mari kita lebih melihat kedepan,,,
    dag nyangka pollig CBR 250 R bisa mendominasi,,,
    dimulai dari minat konsumen pasti dapat memancing jlh pemasaran juga,,,,
    CBR n Nnja selalu d banding2 kan,,,
    Tp emank seh, ninja dari awal sampai sekarang, gak ada perubahan,,,
    jadi mungkin wajar aja yag laen jadi memihak CBR 250 R yang jelas murah, berkualitas dan modelnya pun menarik walaupun cuma punya 1 silinder.
    satu kekurangan gak akan menutupi kelebihan lainnya,,

  6. Dinikmati aja dulu…berbagi kue tapi sapa tau mungkin aja malah CBR bikin kue sendiri dan kue Ninja masih tetap utuh kan?? Segalanya kan mungkin2 saja..

  7. cbr 250r jadi favorit karena berasal dari pabrikan yang udah terpercaya keberadaannya, image sebuah merk emang salah satu menjadi faktor penting dalam penjualan disamping itu cbr 250r emang produk yg berkualitas dengan sistem ABSnya. honda emang sudah semakin melekat di hati masyarakat.

  8. misal ninja250r bikin sistem bahan bakarnya jadi injeksi dengan harga jual yg sama dgn skarang atau bahkan lebih murah.. *ngarep
    pasti value jd naik lagi deh, hehe…
    *imho

  9. Moga aja ninja 250 R ngluarin yg pake injeksi + spedomter dgital..
    Paling harga jg naiknya g jauh2 amat..
    Hihii..

  10. di kaltim jadi berapa ya hargax?????????????????

  11. ngakax..
    CCAD SEMUA

  12. nunggu ktm 250 aja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: