Seberapa kencang kamu dijalan ?

Terkadang beberapa teman bilang saya ini tukang ngebut di jalan, apalagi kalo udah diatas si Pulsy 180, katanya wus wus kenceng banget. Satau saya kalo di jalan masih banyak yang lebih kencang dari saya, rasa – rasanya masih dalam standar aman sih. Kalo cuma ngomong emang susah dibuktiin, harus ada bukti !!!

Gimana  caranya? beruntung aku sekarang dah pake hp android yang sudah dilengkapi dengan GPS. Iseng -iseng cari di android market ketemulah dengan software pengukur kecepatan berbasis android. Namanya “Speed View”.

Speed View bisa membantu kita untuk mengukur kecepatan, max speed, odometer, kecepatan rata2 maupun akselerasi. Tes dilakukan menggunakan Speed View dengan hp android paket AHA Touch Ideos keluaran Huawei.

Supaya lebih gampang mematau hp diletakkan pada kosol dibawah stang. Perjalanan dilakukan siang hari dari pukul 12.00 s/d 14.00 dengan motor Skywave standar yang baru berumur 9 bulan. Setelah hp diset, pake helm dan sarung tangan, pembuktian dimulai !!!.

Kebetulan jalanan siang ini tidak terlalu ramai, tetapi cuaca sangat panas. Rutenya adalah Kawasan Industri Pulogadung melalui jalan kecil masuk ke buaran (jl radjiman) kemudian melompati fly over buaran lurus terus, kemudian raden inten-kalimalang-caman-cikunir raya.

Hasilnya, jarak menurut perhitungan GPS adalah 14,6km dengan waktu tempuh 31,10 menit dengan waktu stop/diam 4,22. 4,22 menit bisa jadi karena sempat terkena lampu merah beberapa kali. Berarti waktu bersih yang ditempuh adalah 26,48 Menit. Terbukti di jalan saya tidak ngebut – ngebut amat. Karena kalo dari waktu bersih kecepatan rata2nya adalah 32 km/jam dengan top speed 82 km/jam. Kalo patokannya waktu kotor kecepatan rata2nya adalah 28 km/jam. Sebagai catatan kecepatan yang tertera pada GPS lebih lambat sekitar 10km/jam dibanding dengan yang tertera di speedometer. Top speed 82km/jam diperoleh di jalan raden inten dalam kondisi jalan kosong dengan jalan 1 arah. Yah not bad lah dalam kondisi pagi/sore biasanya ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam.

Bagaimana dengan pulangnya? Dengan jalur cikunir Raya-caman xmalang-haji naman-jl rawa jaya- soekanto-malaka raya-kemuning-raden inten-radjiman terus masuk Kawasan Industri  Pulodung. Saya sengaja mengambil rute yang  berbeda sekalian mencari rute yang paling efektif baik dari jarak maupun waktu.

Ternyata dari jarak dan waktu tempuh tidak jauh berbeda. Rute ke dua ini berjarak 14,9 km. Sama persis dengan pengukuran yang pernah saya lakukan dengan rute sama tetapi menggunakan odometer pulsar 180. Sedangkan waktu tempuhnya sedikit lebih cepat yaitu 30,15 menit dengan waktu bersih lebih lama 28,16. Karena sedikitnya lampu merah waktu stop/berhenti hanya 1,59 menit. Kemungkinan jalur yang banyak tikungan mengakibatkan waktu tempuh bersihnya lebih lama. Secara keseluruhan kecepatan rata2nya dengan dasar waktu tempuh bersih 31 km/jam. Top speed yang  diraih di jalan soekanto juga tidak jauh beda yakni 81 km/jam.

Bingung dengan penjelasan saya, ini dia ringkasannya :

berangkat pulang
Moving time 26.48 28.16
Stopped time 4.22 1.59
Total time 31.1 30.15
Moving average 32 km/jam 31 km/jam
Overall average 28 km/jam 29 km/jam
Odometer 14.6 km 14.9 km
Top Speed 82 km/jam 81 km/jam

Jadi menurut saya pribadi kesimpulannya adalah dalam keseharian ternyata saya tidak ngebut ngebut amat :). Yah masih dalam batas toleransi – lah. Kalo udah punya hp android/GPS silahkan di cek seberapa ngebut kalian dijalan…

gambar : droidmill.com & poto sendiri

Iklan

~ oleh masbloro pada 10 Maret 2011.

9 Tanggapan to “Seberapa kencang kamu dijalan ?”

  1. mantabs…segera cari di market ah.. :mrgreen:

  2. judulnya kurang pas bro..
    barangkali “Membandingkan Speedview vs Speedometer Motor” lebih asik tuh..

  3. ga punya android…

  4. wah asyiiiiiiii
    segera install

  5. pke spido digital simaroon nmp,max speed beranix cuman 70 kpj,dulu masih 474y pke tornado spido analog full korek 120kpj,sekarang baru +65 kpj dengkul dah kyak vibrator sking ngerinya
    SALAM KARET BUNDAR™

  6. jadi pengin android, ko pinter temen ya,,,

  7. ambil ss speed viewnya gmna cra nya tuh gan ?????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: