Google maps, travelling jadi menyenangkan

Jalan – jalan ke tempat yang baru kita kunjungi memang menyenangkan, tapi kalo pake acara nyasar mud bisa hilang, yang ada malah uring uringan. Sabtu tanggal 12 Maret kemarin sepulang dari rumah teman di daerah parung bogor, aku menjajal keampuhan google maps dari hp android untuk mencari jalan menuju ke bintaro melalui ciseeng.

Google maps merupakan aplikasi standar yang ada di setiap hp android. Dibanding dengan blackberry, di android google maps bisa dibuka dengan lebih cepat dan mudah. Untuk mamaksimalkan kemapuan google maps, aktifkan terlebih dahulu fasilitas gps-nya. Jika kita tidak tahu posisinya di mana kita berada tinggal pake fasilitas “My Locations”.

Sebelum memulai perjalanan, yang dilakukan pertama adalah mencari target tempat yang di akan dituju. Target itu bisa berupa nama jalan, gedung atau nama daerah/perumahan.  Kalo ingin akurat gunakan koordinat tujuan kita. Kemarin setelah Perumahan Telaga Kahuripan sengaja berbelok ke kiri ke arah ciseeng. Ciseeng, serpong dan bintaro bagi saya adalah daerah yang benar benar baru dan pertama kali lewat situ. Ditengah jalan fasilitas google maps pun mulai diaktifkan. Tujuannya dari situ (ciseeng) mau menuju RS Bintaro.

Dengan cepat google maps langsung menunjukkan jalur tercepat menuju RS Bintaro yang ditandai dengan garis biru pada peta. Pada setiap titik persimpangan google maps akan memberikan petunjuk untuk berbelok ke arah mana. Saya sengaja fokus mengikuti petunjuk di peta tanpa memperhatikan papan petunjuk arah/rambu2 jalan atau bertanya pada orang.

Hasilnya luar biasa, tercatat sepanjang perjalanan tidak pernah nyasar atau sampe harus bertanya pada orang. Akurasi yang ditunjukkan goole maps memang hebat. Akurasi tersebut bisa diperoleh karena fasilitas GPS pada hp berfungsi dengan baik. Pengalaman menggunakan hp lain terkadang google maps tidak akurat menunjukkan lokasi kita karena patokan yang digunakan adalah bts telpon bukan satelite GPS.

Hanya satu yang menjadi kelemahan fasilitas ini, untuk mengikuti alur peta kita harus sering menggeser layar hp secara manual, tidak seperti GPS beneran yang layarnya selalu bergeser mengikuti arah yang kita tuju. Untuk keselamatan ada baiknya urusan navigasi diserahkan kepada co driver/penumpang untuk mobil dan boncenger untuk motor.

Selamat ber-travelling…

Iklan

~ oleh masbloro pada 14 Maret 2011.

8 Tanggapan to “Google maps, travelling jadi menyenangkan”

  1. wah…. aplikasi nya udah pake bahasa Indo
    Bisa ngasih link sedotan apk nya ga gan??? =)
    Matur nuwun

  2. nais impoh gan

  3. Bener bro… Ane dah punya pengalaman touring dr semarang – pantai bandengan, jepara. Berpegang sama googlemaps+gps java v.212 di Huawei U9130… Jadi nggak takut nyasar..

  4. beri petunjuk arah jalan

  5. bos… aku kan ada di daerah NTB ni di bima… gimana caranya ya? secara kota ku bukan kota besar 😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: