Dicari pengganti Honda Win 100 !!!

Honda win 100 memang bukan idola pecinta kemolekan motor. Sosoknya boleh sederhana, tetapi kemampuannya tidak bisa dipandang remeh. Menyandang mesin bebek 100 cc diciptakan untuk segala kondisi. Kombinasi kemudahan perawatan, irit dan ketangguhan mesin membuatnya digandrungi sebagian orang.

Dalam sejarahnya honda win ini terinspirasi dari kesuksesan honda C 90s yang masuk secara CBU tahun 68. Honda 90s ini kemudian dirakit di Indonesia pada tahun 1970 dengan nama Honda ASTRA 90z. Motor ini banyak digunakan sebagai motor dinas di berbagai instansi pemerintah.

Tahun 2005 akhirnya Honda mengeluarkan generasi baru sebagai Honda Win. Ketangguhan honda win dalam menaklukkan segala medan berkat torqsi (momant puntir) besar terutama pada hentakan pertama bergerak,cocok di gunakan di pegunungan atau di pedesaan dengan jalan setapak di pematang atau off road sekalipun.

Motor yang nyaris bebas perawatan ini mempunyai desain yang ramping dan ringan sehingga cocok untuk ukuran tubuh orang Indonesia. Sayang, walaupun honda win masih banyak dicari orang Honda telah resmi menghentikan produksinya beberapa tahun yang lalu 😦 .

Adakah saat ini pabrikan tertarik mengisi pasar Honda Win ini ? Seharusnya ada. Walaupun pasar susah diterka, kebutuhan akan motor murah yang mudah perawatan namun irit dan tangguh masih dibutuhkan terutama di daerah2. Biasanya orang tersebut mengesampingkan model/desain. Tidak pada tempatnya mereka membawa kayu bakar/hasil bumi dengan motor matik atau bebek atau mau menjelajah pelosok dipaksa membali motor trail yang masih mahal harganya.

Dengan mengeluarkan motor sport entry level siapa tahu bisa mengalihkan orang yang terpaksa/dipaksa membeli bebek/matik kembali ke motor batangan, dengan demikian kue segmen sport ini semakin besar.

Untuk melihat kemungkinan/potensi masing masing ATPM tidak salahnya kita melongok ke India. Kenapa India ? karena India dikenal sebagai surganya motor batangan. Disana penjualan motor didominasi tipe sport terutama dibawah 125 cc. Pengganti Honda Win harus mempunyai karakter seperti Honda Win, kuat, tangguh, irit dan mudah perawatannya. Berikut ini beberapa tipe motor yang kira2 bisa menggantikan Honda Win untuk pasar Indonesia.

1. Honda Passion Pro

Motor ini menyandang mesin 100 cc dengan record penjualan terbaik sebelum CB Twister datang untuk kelas 100cc. Honda Passion Pro dikenal mempunyai power dan torsi yang cukup besar (8.05nm @4500rpm), selain itu juga sangat irit, untuk 1 liter bensin bisa menempuh jarak 80 km. Harganya sekitar 46,526 atau 9,05 juta.

2. Honda CB Twister

Motor ini mempunyai wajah yang cukup menarik dibanding pesaingnya, maklum motor ini tergolong baru dirilis. Mesin 109cc ini mempunyai torsi paling besar yaitu 9nm @6000rpm dengan konsumsi bensin 75 km/liter. CB Twister ini dibandrol 42.000 rupee atau 8,17 juta.

3. Bajaj Discover 100cc

Motor terlaris kedua di India ini dikenal sangat tangguh. Mesin 94.3cc dikenal paling irit untuk kelasnya, dengan 1 liter bensin bisa melaju sejauh 85 km. Torsinya tidak sebaik Honda tetapi juga tidak mengecewakan yaitu 7.85nm @5000rpm. Bajaj Dicover 100 dibandrol 43,058 atau sekitar 8,46 juta.

4. Bajaj Platina

Bajaj mempunyai satu produk lagi yang layak dipertimbangkan. Jika Discover mengejar mileage, Platina lebih menonjolkan torsi. Mesin 99.3cc ini mampu menghasilkan torsi terbaik kedua setelah Honda CB Twister dengan  8.1nm @4500rpm. Harga Bajaj Platina ini di India 35.200 rupee atau 6,84 juta saja.

5. TVS  Star

TVS  Star mempunyai kelebihan dalam hal ukuran tangki bahan bakar yang lebih besar dari kompetitor. Soal torsi dan keiritan tergolong standar dengan mesin 99.7cc mempunyai torsi 7.5nm @5000rpm dan keiritan sama dengan Honda CB Twister 75 km/liter. Harga Star sangat murah yakni 33.590 rupee atau 6,53 juta.

4. Yamaha G5

Yamaha G5 ini mempunyai kempuan tergolong standar untuk ukuran India. Mesin 106cc  menghasilkan torsi  7.85nm @6000rpm dengan mileage paling boros (kalo di Indonesia tergolong irit) yaitu 70km/liter. Seperti juga produk Yamaha yang lain G5 dibandrol cukup mahal yakni 45,000 atau 8,75 juta untuk Alloy Wheel.

Dari keseluruhan model diatas kemungkinan kalo dijual di Indonesia harusnya bisa lebih murah dari bebek/matik termurah. Nah dari daftar di atas mana yang kira kira pantas menggantikan Honda Win, monggo di share

sumber : hondawin100.blogspot.com, indianbikesreview.blogspot.com, kaskus.us, infibeam.com, priceindia.in

Iklan

~ oleh masbloro pada 23 Maret 2011.

15 Tanggapan to “Dicari pengganti Honda Win 100 !!!”

  1. mirip xcd125

  2. cbx twister lah kan sama-sama honda

  3. tetep vote honda win !

  4. Cb twister dong
    Dijual di sini 10 juta aja
    Khe khe khe

  5. Nitip info…

    http://blognyamitra.wordpress.com/2011/03/24/mari-kita-bergelap-gulita-sejenak/

  6. I am looking to buy products Honda Win 100, New 100%. Please quote the product?

    Best regards

    Nguyen Xuan Thuc
    Email:thucnx@gmail.com

  7. honda cb bos sya mau tnya itu keluar kapan

  8. sepertinya emang kudu dihidupkan kembali

    pas diganti pakai megapro, para pegawai lapangan mengeluh masalah
    – berat
    – boros
    – ga bisa selap-selip
    – naek bukit dan kebun teh

    termasuk hidupin si suzie FXR150

  9. Saya sebagai pengguna Honda win 100 th. 2005 baru 1 tahun tapi sudah banyak memberi kontribusi positif : irit, bandel dan bebas perawatan he he he best for HONDA WIN 100 sy setuju CB Twister pengganti Honda Win 100

  10. kug d india murah2 ea motornya..? harusnya indonesia blajar..ke india juga dum.

  11. Ijin sedot gann

  12. gue juga pnya motor win 100cc Modifikasi

  13. aku mau cari honda win bekas ah,dah bosen pake motor keluaran anyar 🙂

  14. yang passion pro gan…………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: