Motor Viar klaim salip Kawasaki di pasar motor Indonesia

Berita mengejutkan datang dari motor lokal Indonesia Viar melalui kompas.com. PT Triangle Motorindo prinsipal sepeda motor Viar, mengklaim menduduki posisi empat besar di pasar sepeda motor nasional periode Januari-Desember 2010. Artinya Viar mengaku telah menyalip Kawasaki dalam hal penjualan motor di Indonesia.

Data yang disodorkan pihak Viar, penjualan selama tahun 2010 mencapai 96.807 unit motor, atau meningkat 58 dari penjualan sebelumnya (2009) yang mencapai 61.293 unit.

Kalo diganung dengan data penjualan anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) 2010, Honda memimpin penjualan dengan angka 3,4 juta, Yamaha (3,3 juta), Suzuki (526.003), Viar (96.807), Kawasaki (87.004), TVS (19.435), dan Kanzen (1.890). Jika Minerva dan Bajaj dimasukkan kemungkinan posisi Minerva dan Bajaj ada di bawah Kawasaki dan diatas TVS secara berurut.

Penjualan terbesar Viar disumbangkan model bebek (underbone) dengan 74 persen atau 71.554 unit, tipe roda tiga (13 persen), tipe jenis motor sport (7 persen) dan tipe skuter otomatis (skutik) mencapai 6 persen.. Sedangkan dari sebaran penjualan, daerah Sulawesi Utara dan Sulawesi Barat menjadi pasar terbesar dengan angka penjualan 18.050 unit atau 19 persen pangsa. Disusul Sulawesi Utara 11.736 unit (12 persen) dan Jawa Timur 11.127 unit (12 persen).

Untuk tahun 2011 ini bahkan Viar yakin bakal mampu memenuhi target 120 ribu unit. Sebagai permulaan penjualan awal tahun (triwulan I) diklaim telah melebihi periode yang sama tahun lalu. Dari Januari sampai dengan saat ini Viar telah berhasil menjual 24.600 unit atau lebih baik dari tahun 21.947 unit.

Bahkan untuk menggenjot produksinya PT Triangle Motorindo berencana membangun pabrik baru di kawasan Bukit Semarang Baru (BSB) Semarang Jawa Tengah seluas 20 hektar ini memiliki kapasitas produksi hingga 40 ribu unit perbulan, atau dua kali lipat dari pabrik yang saat ini di Semarang timur.

Dalam sejarahnya motor merk viar ini mengalami pasang surut. Lahir saat motor china sedang booming, viar sempat digugat oleh Yamaha Indonesia karena melakukan plagiat terhadap produk yamaha seperti jupiter dan MX. Tetapi sedikit demi sedikit, seperti juga Minerva, saat ini Viar telah menggunakan desainnya sendiri.

Salut buat Viar, kedepan semoga bisa menjadi motor lokal yang bisa dibanggakan.

Sebagai tambahan berikut ini sejarah sepak terjang Viar di Indonesia :

Feb 2000 – PT. Triangle Motorindo didirikan

Jul 2000 – ATPM sepeda motor, diimpor secara CBU/utuh

Des 2000 – Pabrik perakitan di Terboyo Industrial Park (Semarang) selesai dibangun. Lini mesin dan rangka mulai didirikan.
Juli 2001 – Perakitan secara CKD/ terurai dimulai.
Okt 2001 – Proyek Viar Taiwan Motorcycle generasi Apollo dimulai.
Des 2001 – Perakitan Viar Apollo dilakukan secara IKD dengan menggunakan komponen mesin Taiwan dan dibantu oleh tenaga ahli dari Taiwan.
Juni 2003 – Pabrik terintegrasi tahap II resmi beroperasi dan Viar generasi Speed mulai diproduksi. Penggunaan komponen local semakin digalakkan dalam generasi Speed.
Oct 2004 – Penunjukan PT.Kencana Laju Mandiri sebagai Distributor Resmi untuk wilayah seluruh Indonesia.
Feb 2006 – Viar generasi Star dimulai dgn tema “Motor Murah tapi bukan Murahan”.
Juni 2007 – Pabrik terintegrasi tahap III selesai dan dilanjutkan dengan pengembangan line Produksi,QC, R&D, serta Teknologi Engineering untuk masa depan.
Juli 2007 – Pembangunan pabrik terintegrasi tahap IV dimulai Persiapan Pembangunan kawasan industri otomotif yang modern dan terpadu. Investasi tahap I sebesar 10 Juta USD

Beberapa tipe yang dijual saat ini : STAR CX VIOR 125, VIX R 150, KARYA 150, KARYA 200.

sumber : kompas.com, antaranews.com, motorviar.blogspot.com, viarmotor.com, lajauisland.wordpress.com

Iklan

~ oleh masbloro pada 25 Maret 2011.

5 Tanggapan to “Motor Viar klaim salip Kawasaki di pasar motor Indonesia”

  1. jen mbonceng..//
    bakal cucuk cucukan lawan demak….. kan pengirimanya sama lewat tanjung emas semarang vs demak

  2. cintailah produk-produk indonesia…. 😀

  3. Saya pabrik kabel( Harnes ) disemarang kami mau bekerjasama menjadi suplier kabel & Harnes ), Mohon diinformasikan alamat lengkap yang di BSB dan Terboyo, berikut Contact personnya, terimakasih

  4. siap menjadi am handal

  5. knp gk lekong yg difoto uhuu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: