Seat belt untuk motor, kenapa tidak ?

Seat belt atau sabuk pengaman sudah sangat lazim dipasang di mobil, bahkan piranti pengaman ini menjadi syarat wajib di sebuah mobil. Akan menjadi aneh jika seat belt ini dipasang di motor. Apa bisa ya?

Honda telah menjawab soal ini. Tidak yang tidak mungkin buat Honda. Honda telah melakukan penelitian yang panjang sampai akhirnya berhasil mematenkan sytem sabuk pengaman pada motor.

Tentu saja sabuk pengaman ini tidak ditujukan untuk motor kecil seperti motor bebek, NMP atau CBR 250. Karena mahalnya harga sebuah airbag untuk mobil saja hanya disematkan pada mobil kelas menengah ke atas, maka Honda baru menyematkan produk baru ini pada Honda Goldwing. Sebuah sabuk pengaman dipasang di jok untuk memastikan sebuah airbag dapat bekerja dengan baik untuk mengurangi kemungkinan cedera, terutama dalam proses terjadinya kecelakaan di mana motor tiba-tiba berhenti.

Ketika benturan terjadi badan akan terdorong ke depan dan sebuah air bag akan mengembang dan menahan badan agar tidak terlempar ke depan. Jangan kuatir ketika motor mulai terjatuh anda akan menyatu dengan motor yang bisa membuat kita cidera lebih parah, karena belt pada jok telah dilengkapi seperti sebuah kursi pelontar pada pesawat tempur yang akan melepaskan badan dan jog dari motor.

Kira kira gambaran cara kerja sabuk pengamannya bisa dilihat dibawah :

Sebagai sebuah perangkat keselamatan baru alat ini masih menimbulkan banyak pertanyaan dari pemerhati dunia otomotif, seperti apakah alat ini juga dapat melindungi dengkul kita dari benturan ?.

Tetapi bagaimanapun juga ikhtiar dari Honda ini patut mendapat apresiasi dan dikemudian hari akan menjadi semakin sempurna dan yang juga penting akan semakin murah sehingga dapat diterapkan di motor ber cc kecil (ngarep mode on).

sumber : bikeadvice.in, 1motorcycle-wallpapers.blogspot.com

About these ads

~ oleh masbloro pada 5 April 2011.

2 Tanggapan to “Seat belt untuk motor, kenapa tidak ?”

  1. -.- kalo airbag si sebenernya udah lama nongol di goldwing dan saya si cukup setuju mengingat goldwing gedenya amit2. tapi kalo sabuk pengaman.. -.- rasanya si ga perlu

  2. nambahin lagi deh.. seat belt di mobil kan esensinya untuk menghindari benturan badan/kepala ke depan bila terjadi rem mendadak, atau kalo versi parahnya menahan badan supaya ga kedorong ke depan alias nabrak kaca kalo2 terjadi pengereman mendadak.

    kalo di motor rasanya lebih baik melepaskan motor dari genggaman rasanya lebih aman daripada dilontarkan oleh jok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 67 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: