Bajaj bilang Honda hanya bisa bikin motor matik !!!

Panasnya persaingan dunia roda dua tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di India. Kalo di Indonesia kompetisi panas milik Honda dan Yamaha, Di India yang menjadi pesaing terdekat Honda adalah Bajaj Auto. Saling sindir dan saling serang juga terjadi di India.

Minggu kemarin pemilik Bajaj Auto yang juga menjadi Marketing Director Bajaj, Rajiv Bajaj  secara terbuka menyindir Honda India dengan mengatakan kalau Honda di India hanya bisa membuat sebuah motor skuter belaka. Omongan itu keluar saat acara peluncuran Discover 125 cc yang baru

Tentu saja Rajiv ngomong gitu bukan tanpa dasar. Menurut penjelasan Rajiv 55 persen penjualan Honda Motorcycle and Scooter India (HMSI) lahir dari penjualan skuter yang punya 3 model, sedangkan 7 model lainnya termasuk motor batangan menyumbang 45 persen sisanya.

Sehingga ada persepsi yang berkembang di India bahwa Honda hanya bisa membuat skuter saja. Orang yang ke Honda untuk membeli skuter dan datang ke Bajaj untuk motor (sport). Dengan adanya persepsi itu tentu saja menguntungkan Bajaj yang mempunyai image kuat sebagai rajanya motot batangan di India.

Bajaj sendiri bukannya tidak punya motor matik, tetapi karena strategi corporate, mereka menghentikan penjualan matik bajaj yang dinamai krystal dan mungkin juga karena tidak laku. Kondisi pasar di India sangat berbeda dengan di Indonesia, Di India sangat jarang seorang perempuan mengendarai motor sendiri sehingga tidak heran motor yang paling laku adalah motor sport. Tidak salah jika Bajaj fokus ke motor sport.

Sepertinya Bajaj cukup pede menghadapi Honda karena ada dua nama besar di belakang mereka, yaitu Kawasaki dan KTM. Seperti kita tahu Bajaj di India selain menjual produknya sendiri juga memproduksi dan menjual produk Kawasaki seperti Ninja 250. Sedangkan dengan KTM, Bajaj sudah mempunyai rencana besar dengan melahirkan Pulsar generasi baru yang kabarnya lahir tahun ini untuk menantang Honda CBR 250.

Di India Bajaj punya ambisi untuk menguasai 40 – 50 % pasar roda dua di India. Sejumlah rencana telah disiapkan seperti merelauncing brand Boxer bulan Juli 2011, Bajaj juga telah siap memproduksi KTM Duke 125 sejumlah 1000 -2000 unit untuk pasar eropa dengan harga 4000 euro sembari menyiapkan KTM duke 200. Nampaknya Bajaj juga telah menyiapkan diri untuk menjadi pemain global di dunia roda dua.

Keberanian bajaj menantang kompetitornya dari Jepang ternyata di ikuti juga oleh anak perusahaanya di Indonesia Bajaj Auto. Pada waktu peluncuran Pulsar 220, Bos Bajaj Indonesia mengatakan motor mereka tidak kemurahan tetapi motor Jepang yang jualnya kemahalan. Karena penjualan Bajaj di Indonesia masih seujung kuku dari penjualan motor secara nasional, pabrikan jepang tidak menanggapi pernyataan Bajaj Auto Indonesia, entah kalo 5 tahun lagi……

sumber : bikeadvice.in, oto.detik.com, bikeresults.com, artiku.com,

About these ads

~ oleh masbloro pada 7 April 2011.

8 Tanggapan to “Bajaj bilang Honda hanya bisa bikin motor matik !!!”

  1. walah,,bukannya yang pesaing terdekat Bajaj di Indiahe tu si Hero Honda ya gan?
    bukan yang Honda??

  2. bajaj hanya bisa meniru…
    saat diam suaranya seprti helicopter…
    tapi saat melaju malah mengeluarkan suara yamaha mio…

  3. P E R T A M A X diamankan :-D

    ya itulah strategi marketing…yang penting perusahaan untung

  4. Hahaa… Emang salah ya bikin motor matic?

  5. Menurut sy, klo BAJAJ tdk ada effort utk mengembangkan desain moped/motor matic, itu kesalahan besar. Pasar motor tipe ini malah tengah berkembang pesat di dunia, terutama di negara2 yg urban riding nya semakin padat.

  6. laen ladang laen belalang laen lubuk laen ikannya..inodonesia puna motor apa..ha ha ha..harusnya bikin dum merek semar. gareng ptruk..wkwkwkwkwk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 67 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: