Jualan motor secara online, efektifkah ?

Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) berencana membuat gebrakan dalam pemasaran sepada motor dengan melakukan penjualan motor secara on line. Dasar pertimbangan rencana tersebut adalah pesatnya perkembangan dunia internet di Indonesia yang dibuktikan dengan makin besarnya pengguna situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter yang semakin luas.

Tujuan dari sistim online ini adalah untuk memudahkan konsumen untuk bertransaksi sekaligus untuk memonitor konsumen dan penjualan. Sistim online ini rencananya akan diterapkan hanya untuk beberapa dealer resmi saja alias terbatas. Rencananya di Jakarta akan ada 22 dealer resmi yang diberi akses transaksi online. Transaksi online ini sengaja dibuat untuk konsumen kelas menengah ke atas yang memiliki tingkat kesibukan tinggi supaya tidak bolak balik ke dealer.

Akan efektifkan cara ini ? Selama ini transaksi lewa internet lebih banyak dilakukan untuk barang – barang yang spesifikasinya standar seperti hp, komputer, tv dll. Sistim pembayaran yang banyak digunakan bisa dua macam, pertama uang dibayar dengan cara menggunakan kartu kredit atau ditransfer ke rekening bank, kemudian barang dikirim atau sistem Cash On Delivery (COD) dimana barang diterima baru dibayar. Yang membuat pembelian motor berbeda dengan barang lain adalah adanya proses pembuatan STNK dan BPKB yang memerlukan dokumen yang harus ditandatangani.

Belum lagi kalo transaksinya dilakukan secara kredit akan ada proses survey untuk menilai kelayakan pembeli. Transaksi online akan lebih tepat jika bersifat pre-order. Kemudian untuk proses selanjutnya akan ditangani oleh dealer yang dipilih. Dengan cara online banyak keuntungan yang bisa didapat konsumen. Transaksi online bisa mengurangi kecurangan pihak dealer Yamaha yang sudah menjadi rahasia umum lebih suka melayani pembelian kredit dari pada tunai dengan berbagai alasan. Sistim online juga bisa memberikan kepastian status transaksi kita jika ternyata harus indent.

Jadi kesimpulannya adalah sangat mungkin penjualan secara online dijalankan. Sehingga jika orang tua ingin membelikan motor anaknya yang sedang sekolah diluar kota. tidak perlu mondar mandir tinggal klik klik klik… beres.

Iklan

~ oleh masbloro pada 14 April 2011.

3 Tanggapan to “Jualan motor secara online, efektifkah ?”

  1. muga sukses, biarlah aku menjadi korban dealer y nakal namun cukuplah aku saja, jangan orang lain

  2. kalo online harusnya harganya lebih murah karna ngurangin biaya sales di delaer

    http://kangmase.wordpress.com/2011/04/15/komparasi-motor-sport-dibawah-25-juta-bahgian-1/
    http://kangmase.wordpress.com/2011/04/16/ganang-ngitung-itung-harga-cbr-150-r0-r/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: