ngantor, antara sepeda dan motor

Biasa ngantor tiap hari pake motor, hari ini aku mencoba sensasi lain. Sementara Skywave ama Pulsarku istirahat dulu di rumah. Mengikuti trend pola hidup sehat ngantor hari ini beralih pake sepeda. Rencana ini sebenarnya udah lama ada tapi berhubung bisa beli sepedanya 2 minggu yang lalu ya baru bisa mulai nyepeda ke kantor ya hari. Police Orlando-ku siap berpetualang hari ini. Mempertimbangkan suasana jalanan yang semramut aku memutuskan berangkat jam 05.45 dari rumah. Semua peralatan dan perbekalan udah disiapkan dari semalam biar bangun tidur langsung wus wus.

Bangun jam 04.30 sehabis subuhan mandi dan ngecek semua kelengkapan mulai dari rem, lampu2 ampe kunci buat ngiket sepeda di kantor. GPS di hp aha touch buat merekam data perjalanan diaktifkan.  Perjalanan dimulai sengan smoth menyusuri jalan kecil memotong tol JORR kemudian masuk perumahan permata cikunir ke kanan masuk jalan Ratna yang masih lenggang. Seperti perkiraan, bener saja begitu masuk jalan kali malang jalanan udah rame sama deru ratusan atau mungkin ribuan motor. Sangat tidak menyenangkan ketika sepeda ikut berebut jalan dengan motor. Tapi disitulah kesabaran diuji. Ada satu hal yang menjadi catatan disini. Masker untuk ngegowes ternyata sangat penting untuk kondisi lalu lintas Jakarta. Volume sedotan hidung ketika mengendarai sepeda tentu lebih banyak ketimbang ketika kita pake motor. Logikanya tentu racun jalanan yang terhisap goweser  akan lebih banyak ketimbang biker. Sepanjang jalan ketemu sekitar 8 goweser lain yang juga mau ke kantor.

Setelah belok kanan masuk jalan Raden Inten, lalu lintas kembali longgar, dan kenikmatan ngegowes mulai dirasakan. Beberapa titik kemacetan di lampu merah berhasil dilewati dengan mudah sampai akhirnya masuk kawasan melalui rel kereta untuk menghindari tanjakan di fly over buaran. Setelah sampai kantor ternyata hasil sungguh mencengangkan. Dari data yang direkam “Speed View” jarak tempuh dari rumah ke kantor tercatat 15 km. Waktu tempuhnya adalah 55:57 menit dengan waktu berhenti (macet, lampu merah) adalah 2:13 menit. Kecepatan rata – rata 16/jam dengan kecepatan tertinggi selama perjalanan 29 km/jam.

Hasilnya tidak terlalu jauh dengan data sebelumnya saat menggunakan motor. Coba liat data berikut ini dengan rute yang 90% hampir sama  :

Motor Sepeda
Moving time 26.48 53.44
Stopped time 4.22 02.13
Total time 31.1 55.57
Moving average 32 km/jam 16 km/jam
Overall average 28 km/jam 16 km/jam
Odometer 14.6 km 15 km
Top Speed 82 km/jam 29 km/jam
Waktu Siang Pagi
Kondisi Jalan Normal Padat

Jika dilihat data diatas, secara umum harus di akui kalo menggunakan motor dapat menghemat waktu yang cukup material saat kondisi jalanan normal, tetapi jika dilakukan dalam kondisi padat atau macet perbedaan waktu perjalanan menjadi tidak material. Selisihnya diperkirakan cuma sekitar 15 menit. Di sisi lain ada dua keuntungan menggunakan sepeda yang tidak bisa dilakukan motor. Pertama adalah badan sehat dan yang kedua kantong kita juga ikut hemat.

Harapaku kedepan ngegowes ke kantor ini bisa berjalan rutin dan kalo bisa semakin sering…

Iklan

~ oleh masbloro pada 6 Mei 2011.

7 Tanggapan to “ngantor, antara sepeda dan motor”

  1. ga pake pertamax cukup nasi uduk ato lontong sayur. kqkqkkk

    http://smartf41z.wordpress.com/2011/05/06/komparasi-braket-geser-dan-non-geser/

  2. wah saya blom niat kesana om

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  3. masalahnya.. bau badannya itu kaga tahan.. udah lama dijalan, pake mandi lagi pula di kantor :D.. makin nyubuh deh berangkatnya..

  4. i like

  5. jarak rumahku ke kantor sekitar 25km.
    bisa2 modar klo gowes.

  6. gowes terus om, saya juga gowes tiap hari pp tebet-gambir, old school tigy dibawa jalan2 cuma weekend aja, udah cape ngantrai di jalan, buang bensin percuma 🙂

  7. yang pasti badan jadi sehat… 😀

    Kuat juga bro sepedaan 55 menit. Ane sih 20 menit aja udah pegel pegel… haha.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: