Berapa besar kontribusi motormu untuk kerusakan dunia ?

Menarik apa yang disajikan Carbon Footprint Calculator yang dipersembahkan oleh WWF untuk pembacanya. Apa sih Carbon Footprint Calculator atau kita singkat CFC ? CFC merupakan sebuah tool untuk menghitung seberapa besar kontribusi kita terhadap global warming melalui pencemaran CO2. Tool CFC dibuat berdasarkan index emisi per kapita untuk setiap negara yang bersumber dari wikipedia.org.

Tool dari CFC dalam menghitung kontribusi CO2 membagi dalam dua katagori yaitu transportasi dan rumah. Trasportasi dibagi 3 yaitu mesin bensin ,diesel dan transportasi umum seperti bis atau kereta. Sedangkan rumah dihitung dari pemakaian listrik dan gas. Sebagai biker iseng – iseng saya mecoba menghitung berapa sih kontribusi motorku untuk kerusakan dunia?

Parameter yang harus diisi adalah jarak dari rumah ke kantor yang sekitar 15 km atau 30 km pp kemudian dikali 30 hari ketemu 900 km. Yang kedua adalah konsomsi kendaraan yang kita pakai. Taruhlah kira kira konsomsinya adalah 1 liter untuk 30 km. Kemudia kita tinggal masukkan angka 900 dan 30 ke tool CFC. Hasilnya?

Mencengangkan dalam setahun saya telah menyumbang 1,22 ton Co2 dalam setahun. Angka 1,22 ton adalah setara dengan menanam 4 batang pohon dan merawatnya agar tetap hidup selama 20 – 30 tahun. Kebayang enggak sih berapa kontribusi sekitar 7 juta motor yang setiap harinya berlalu lalang di Ibukota.

Diitung dengan asumsi anggap saja rata2 pemakaian dan konsumsi sama dengan di atas maka angka yang dimasukkan adalah 900 km X 7 juta = 6. 300 juta dengan rata2 konsomsi bbm sama 30km/liter. Hasilnya ?

Kontribusi biker di ibukota setiap tahunnya adalah sekitar 8,57 juta ton CO2 per tahun atau setara dengan menanam pohon sebanyak 25,72 juta batang pohon dan merawatnya selama 20 – 30 tahun. Kalo saja dalam satu hektar tanah ada 1.000 batang pohon berarti setiap tahun biker ibukota harus menanam 25.721 hektar dan menjaganya selama 20-30 tahun untuk menetralisirnya.

Bgaimana jika kita menghitung kontribusi kendaraan roda 2 dan 4 di seluruh Inonesia ? saya tidak akan menghitung karena hasilnya sudah bisa diperkirakan bahwa hutan yang masih tersisa di bumi pertiwi tidak akan bisa menggatinya. Dan saya juga semakin paham bahwa memang tidak salah jika Indonesia dianggap sebagai paru – paru dunia.

Luar biasa khan! walaupun pihak pengelola mengklaim perhitungan diatas dilarang dianggap sebagai perhitungan yang akurat karena untuk menghitung realnya memerlukan banyak parameter dan variabel setidaknya ini bisa membuat kita sedikit merenung untuk memperdulikan nasib bumi kita, tempat hidup kita dan juga anak cucu kita.

Perdulikah kita dengan itu semua? Tidak ada salahnya jika kita perduli dengan kelangsungan bumi ini demi anak cucu kita di kemudian hari. Karena bumi kita bukan cuma milik kita sekarang tetapi juga hak anak cucu cicit kita. Keperdulian kita bisa diwujudkan dengan hal yang kecil terlebih dahulu misalnya dengan beralih ke angkutan umum atau bersepeda diwaktu tertentu. Yakinlah bahwa kontribusi kecil kita bisa mempengaruhi dunia. Karena 1000 langkah diawali dari 1 langkah…

sumber : rafflesia.wwf.or.id

gambar : koran kompas, whyhumancanbreath.wordpress.com

Iklan

~ oleh masbloro pada 20 Mei 2011.

Satu Tanggapan to “Berapa besar kontribusi motormu untuk kerusakan dunia ?”

  1. pake motor irit dong..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: