Kenapa sepeda lebih mahal dari motor ya ?


Pulang dari pameran sepeda Inabicycle 2011, menyisakan satu tanda tanya besar, kenapa sepeda yang cuma buat digowes bisa berharga sangat mahal, lebih mahal dari harga sebuah motor yang sarat teknologi dan rumit?. Pertanyaan yang bisa menjadi perdebatan panjang…

Bayangkan sebuah sepeda onthel Gazelle bikinan belanda dengan bentuknya masih sama dengan sepeda jaman dulu bisa dibandrol seharga motor bebek sampai sebuah New Mega Pro. Atau sebuah sepeda MTB merek Scott yang harganya kalo dibeliin Ninja 250 dapat 2 biji dan masih ada sisa buat beli ban battlax dan knalpot racing.

Sebelum membahasnya lebih dulu saya pengen sajikan pandangan dari seorang goweser di situs b2w-indonesia.or.id. Disitu dijelaskan harga sepeda kelas premium sangat wajar berharga mahal karena dibuat melalui riset yang sangat mahal dengan standar mutu dan presisi yang tinggi. Untuk menjadi sebuah sepeda yang siap digowes, bisa jadi proses perakitan dan finishing tidak dalam satu negara.

Material sebuah sepeda juga tergolong sangat tinggi kualitasnya seperti fiber carbon, titanium kelas satu dengan proses menggunakan teknologi tinggi supaya mendapat sepeda yang sesuai dengan penggunanya dan enak dipandang mata. Sepeda premium biasanya tidak diproduksi dalam jumlah yang banyak, sehingga biaya per unitnya akan semakin tinggi. Belum lagi masalah paten yang bisa menambah nilai dari sebuah sepeda. Sepeda yang dirakit biasanya merupakan gabungan dari beberapa komponen yang mempunyai paten sendiri – sendiri, misalnya frame berupakan buatan polygon, gear setnya bikinan shimano, remnya dari tekra dan seterusnya.

Tetapi apakah dengan begitu sebuah motor dibuat dengan sembarangan, teknologi rendah dan tidak presisi ? Jelas tidak demikian, sebuah motor sendiri terdiri dari ratusan atau mungkin ribuan komponen yang disatukan dengan tingkat ketelitian dan presisi yang juga sangat tinggi. Kalo gak gitu tentu saja motor gampang rontok dijalan.

Motor juga didesain dengan biaya yang tidak sedikit dan melibatkan banyak tenaga ahli dari berbagai bidang dengan waktu yang tidak sedikit. Walaupun tidak semua komponen dibuat dengan material kelas satu, tetap saja sebuah motor melalui proses uji kelayakan jalan yang panjang dan rumit.


Kenapa motor yang demikian komplek dan rumit bisa dibuat dengan harga lebih murah ? mungkin karena secara bisnis motor dibuat dalam jumlah yang sangat banyak dengan proses pabrikasi yang sangat efesien.  Sedangkan kebanyakan sepeda premium dibuat secara terbatas dengan proses produksi tidak secara pabrikasi atau masal sehingga biaya per unit menjadi sangat mahal.

Apa buktinya?, buktinya sepeda yang biasa bukan kelas premium seperti sepeda dari china bisa dijual dengan harga yang sangat murah jauh lebih murah dari sebuah sepeda motor.

Atau ada yang punya pandangan lain ? monggo dishare disini….

gambar : ramboeistblast.wordpress.com, fotografer.net

Iklan

~ oleh masbloro pada 28 Mei 2011.

17 Tanggapan to “Kenapa sepeda lebih mahal dari motor ya ?”

  1. herga gengsi mungkin?

  2. bahannya..
    kalo bener pake titanium, karbon fiber dan bahan yg aneh2 ya wajar mahal…soale bahan2 itu ngga ada di motor harian yg dijual ATPM sini 😀

  3. tetep aja harga sepeda gowes tidak rasional…
    niat pake sepeda kan biar sehat badan n lingkungan…
    buat apa pake bahan2 gokil yg jadi mahal..?
    malah kebanyakan sepeda mahal sekarang, fiturnya sederhana sekali.. ga ada mudguard, ga ada shock, ga ada lampu, bahkan kadang ga ada remnya.. dasar gila…
    mana dijalan suka se-enak udel jalannya, langgar sana sini…

    • yah itu kan tergantung fungsi juga om. Speda aspal aka speda balap aka roadbike, masak ada suspensi, ada mudguard, dsb. Bukan roadbike atuh itu mah. Bahan2 tertentu dipake ya ada tujuannya. Bisa utk meringankan beban, tapi ttep kuat. Speda gak ada lampu itu pun wajar. Masalahnya om masih mikirin speda dgn mindset motor

      nah, klo gak ada remnya sih itu mah Fixie. Emg kadang2 suka susah dibilangin klo suruh pasang rem. Padahal, klo gka da rem, ya cuma ngandelin drivetrainnya yg fixed aja, bahaya. Lazimnya brakeless dipake cuma di trek balap aka velodrome.

      Klo ada yg sruntul sana sini, biasanya juga fixie, wkwkwkkw. Sepda biasa kayak MTB dan roadbike jarang2 loh.

  4. Pernah nyoba salah satu sepeda premium punya paman saya. Ada yg unik. Sepedanya ngga ada rantainya. Udah diperiksa bener2, beneran ngga ada rantainya. Tapi kok ya digowes bisa jalan. Heran saya. Sayanya yang ndeso atau emang sepedanya yg canggih?

  5. Saya termasuk yang terheran-heran dengan harga sepeda yang bisa jauh melebihi harga motor. Ini mungkin karena sepeda nyasar ke life-sytle dan bukan basic need, jadi orang beli sepeda bukti karena fungsinya sebagai alat transportasi tetapi sebagai bagian dari gaya hidup, sehingga orang tidak terlalu memikirkan harga. Walau saya mampu untuk membeli sepeda dengan harga jutaan, tapi rasanya sayang,dan akhirnya saya memilih sepeda bekas kepunyaan anak saya.

  6. Sepeda mahal bandinginnya jangan sama motor bebek bro.. Tapi sama moge2 sport..
    Dari bahan yang dipake aja dah keliatan.. hahaha..

  7. yup…makin kesini harga2 speda makin gak rasional, speda motor prasaan jauh lebih rumit dari cuma sekedar sepeda…..yang bahan gak titanium aj harganya juga kayak motor bebek,heran bner dah….apa karna bahan2/part2nya smua import??jadi mahal di ongkos?? hehe…

  8. Kalau polygon, shimano dan tekra masih murah tuh, seharga motor bekas. Tapi sudah cukup enak dan handal kok.

  9. spakbor onthel temenku gazelle limited edition berlapis emas coy,,,
    http://jaranwesi.wordpress.com/2011/05/30/ritual-motor/

  10. gini yah, menurut saya

    speda itu kan banyak macamnya, ada yg buat keperluan kompetisi dan harian. Maka wajar harganya pun bragam.Nah, yg slama ini diributkan itu ya speda yg harganya mahal2 itu, yg emg speknya gila2an. Padahal kan banyak juga tuh speda murah, tapi slama ini speda mahal mulu yg disorot, jadi aja mindset masyarakat dah terbentuk klo speda tuh mahal. Padahal yg harganya sjutaan pun ada kok.

    sama halnya dgn motor, ada motor yg lebih mahal dari mobil juga tuh. Kan kita liat kelasnya jugalah.

  11. Kalau punya Dana lebih gak apa apa… Toh Biar semangat gowesnya Dan juga buat kesehatan…. Kalau udah sakit lebih Dari harga mobil brook…

  12. […] logis bahwa uang yang mereka keluarkan (atau cicilan kredit) adalah worth the money for. Artikel di sini, di sini, di sini, dan di sini berusaha menjelaskan kenapa harga sepeda bisa mahal, dan sangat […]

  13. sepeda tidak menggunakan bahan bakar bersubsidi… kalo motor ninja 250???

  14. pokoknya,..gue pengen yg sepeda mahal,…biar tidur nyeyak..wekawekawekaweka..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: