Mengintip kemacetan di Jakarta lewat google map

Jakarta sepertinya mulai diperhitungkan sebagai salah satu kota yang dianggap penting di dunia. Ini dibuktikan dengan semakin seriusnya google menggarap potensi ini dengan menambahkan fasilitas baru bagi penduduk Jakarta dengan layer informasi traffic pada google maps. Google maps sendiri dapat kita akses baik melalui pc maupun smartphone dengan alamat http://maps.google.co.id/ .

Untuk dapat memantau kondisi jalanan kita tinggal mencentang tulisan (menambah layer) lalu lintas pada kanan atas pada layar monitor pc. Google akan memberikan kita tanda berupa warna warna yang akan mengkatagorikan dari mulai pelan sampai cepat. Pelan ditandai dengan warna merah belang dengan hitam yang bisa diartikan dalam kondisi macet berat, merah = macet, kuning normal atau hijau dalam kondisi cepat atau lancar. Sayang tidak ada informasi tambahan mengenai kriteria setiap warna dalam peta.

Bagaimana cara google maps ini bekerja menandai setiap jalanan ibukota?

Berdasarkan kutipan dari detik.com, informasi lalu-lintas dalam Google Maps berasal dari penyedia data PT Neo Fusion Indonesia dan dilengkapi oleh data ‘khalayak’ (crowdsourced) dari para pengendara yang dapat memberi informasi mengenai kondisi lalu-lintas terupdate dengan menyetel ponsel mereka agar dapat memberikan data secara anonim.

Jika pengendara menyetel ponsel mereka sehingga Google Maps for Mobile bekerja, GPS diaktifkan, dan fitur My Location dihidupkan, ini akan mengirim balik butir-butir informasi ke Google mengenai seberapa cepat perangkat itu bergerak. Ketika digabungkan dengan data anonim dari perangkat-perangkat lain dengan kemampuan serupa, ini membantu Google Maps menciptakan gambar yang lebih baik mengenai kondisi lalu-lintas.

Logikanya semakin banyak pengguna google maps mengaktifkan GPS-nya berarti informasi yang akan ditampilkan google maps akan semakin kaya dan akurat. Jadi sebenarnya informasi ini adalah dari kita untuk kita juga sesama pengguna google maps. Mudah mudahan tambahan layer  lalu lintas ini bisa diperluas untuk seluruh pulau jawa, sehingga bisa membantu pengguna jalan menghindari kemacetan, terutama saat lebaran tiba.

Iklan

~ oleh masbloro pada 5 Juli 2011.

Satu Tanggapan to “Mengintip kemacetan di Jakarta lewat google map”

  1. macet, budaya kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: