Penjualan Semester I 2011, Honda melaju sendirian di depan

Berkat strategi pemasaran yang agresif Honda berhasil melaju sendirian di depan, meninggalkan pesaing kuatnya Yamaha di posisi ke dua dalam hal penjualan sepeda motor selama semester I 2011. Penjualan sepeda motor Honda selama semester I telah mencapai 4.073.813 unit yang didominasi oleh Honda dengan penjualan 2.100.603 unit (51,5%), kemudian agak jauh di belakang Yamaha menguntit dengan penjualan 1.655.684 unit (40,64%). Jauh di belakang Suzuki berada di nomer tiga dengan penjualan 255.786 unit (6,28%), diikuti Kawasaki dengan 49.447 unit (1,21%) di peringkat empat, menyusul kemudian TVS dengan 12.018 unit (0.3%) dan durutan juru kunci versi AISI pabrikan dalam negeri Kanzen dengan angka yang memprihatinkan hanya 275 unit (0,01%).

Dari data yang diambil dari koran Kontan yang bersumber dari AISI terlihat juga bahwa pulau Jawa masih mendominasi penjualan sepeda motor roda dua dengan 2,1 juta unit diikuti oleh Sumatera dengan 1,1 juta unit, Kalimantan 374 ribu, Sulawesi 302 ribu Bali 145 ribu dan Irian 21 ribu. Khusus untuk pulau jawa penjualan masih didominasi dari penjualan di Ibukota dengan volume 589.107 unit disusul Jawa Barat 556.229 unit dan Jawa Timur diperingkat ke 3 dengan volume 516.105 unit.

(baca selanjutnya)

Keberhasilan Honda ini berkat gencarnya Honda mengeluarkan model baru di tahun lalu dan tahun ini. Sekarang ini Honda menasbihkan diri tidak hanya sebagai rajanya bebek tetapi juga rajanya matik. Bukan tidak mungkin dengan produk barunya CBR series dan disinyalir masih ada satu lagi model sport yang akan keluar Honda akan mampu menggusur Yamaha di segmen motor sport.

Yamaha bukannya tidak melakukan perlawanan, tetapi produk yang dirilis tahun lalu dan tahun ini seperti Byson, Lexam dan xeon tidak mampu mengangkat laju penjualan Yamaha supaya lebih tinggi dari Honda. Sesungguhnya ketidakmampuan produk Yamaha untuk bisa bersaing dengan Honda bukan dari jeleknya produk Yamaha tetapi lebih karena faktor teknis semata.

Menurut penuturan Kepala Komunikasi Perusahaan PT. Yamaha Motor Kencana Sakti Bapak Indra Dwi Sunda melalui koran Kontan, penyebab utama kegagalan Yamaha mengejar penjualan Honda disinyalir berawal dari kapasitas produksi. Honda saat ini telah menyiapkan pabriknya untuk dapat memproduksi sebanyak 4,3 juta unit per tahun sementara Yamaha sampai saat ini hanya mempunyai kapasitas 3,7 juta per tahun. Seperti banyak dikeluhkan konsumen untuk beberapa produk yang laris manis seperti Byson, indennya dikabarkan mengular panjang.

Pak Indra ini mau ngeles atau memang faktanya demikian, sebab kalo pola penjualan semester I dijadikan pegangan, anggap saja semester dua penjualannya sama berarti produksi Honda (asumsi penjualan = produksi) hampir mendekati kapasitas pabriknya yakni mencapai 4,2 juta unit dari kapasitas 4,3 juta unit. Sedangkan Yamaha dengan penjualan setahun 3,3 juta masih punya sisa 300 ribu unit dari kapasitas yang 3,7 juta unit.

Selanjutnya pak Indra menuturkan Yamaha berjanji untuk lebih cermat lagi dalam menyusun strategi penjualan.  Bener enggaknya sinyalmen ini kita tunggu saja hasil pertarungan ini di akhir tahun nanti…

Iklan

~ oleh masbloro pada 8 Juli 2011.

8 Tanggapan to “Penjualan Semester I 2011, Honda melaju sendirian di depan”

  1. sip. informasinya menarik. salam kenal blogger

  2. petinggi ymki berkoyok

  3. yang lain???

  4. ngeles mulu yamaha ini…
    penjualan bulan Juni ini cuma 242.571
    padahal bulan2 sebelumnya bisa 320 ribu unit.
    kalau kapasitas produksinya mentok harusnya minimal terjual 320 unit donk..

  5. Yamaha suka BOHONG, bohong di iklan katanya paling kencang, tapi ternyata enggak juga

  6. Honda begitu perkasa dgn membrojolnya produk2 anyar, ini tdk terlepas dari grand strategy yg dilakukan Honda. dimana sektor bebek & matic sdh dikuasai tinggal segment sport saja yg blm dikuasai. Grand strategy Honda adalah menguasai pasar sepeda motor secara keseluruhan, bebek, matic & sport. tinggal tunggu agresifitas dan inovasi disegment sport.

  7. mudahm mudahan dg semakin jatuhnya penjualan yamaha, petinggi yg tersisa termasuk dyonisius bety segera diganti. krn sumber kegagalan ada di dia seorang.

  8. ini dia bukti kesuksesan Honda di pasaran.. semakin bikin bangga jika kita menggunakannya
    maju terus Honda, tunjukkan kreatifitas dan inovasimu ! One Heart dengan Honda 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: