Ironi mobnas ditengah gemerlap IIMS

Saat ini di Jakarta tengah berlangsung pameran mobil paling akbar di Indonesia, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011. Beragam mobil keluaran terbaru atau baru sebatas konsep dipamerkan disini. Sayangnya pameran yang menunjukkan perkembangan dunia otomotif di Indonesia ini tanpa di ikuti mobil yang bisa memberikan kebanggaan bagi rakyat negeri ini.

Sebenarnya beberapa bulan sebelum pameran ini digelar, terbesit kabar bahwa mobi2 asli Indonesia bakalan berpartisipasi. Bahkan rencananya selain dipajang, juga bisa melakukan tes drive. Ada tiga merek mobnas yang harusnya memeriahkan IIMS, yakni Gea, Tawon, dan Komodo. Dalam perkembangannya karena sebuah insiden dimana salah panitia pameran yang juga menjabat sebagai petinggi salah satu merek telah dianggap melecehkan produk bangsanya sendiri.

Si oknum mengatakan kalo “ban mobnas bisa lepas saat dites pengunjung”. Walaupun menganggap sebagai gurauan, adalah tidak pada tempatnya bila dikatakan di depan umum. Asosiasi Industri Automotif Nusantara (Asia Nusa) yang menaungi beberapa merek mobnas lastas mengambil sikap tegas dengan mengundurkan diri dari IIMS 2011.

Kejadian itu sebenarnya hanyalah ujung dari kekecewaan sebelumnya. Asia Nusa menuturkan sikap panitia IIMS yang terkesan tidak ikhlas dengan kehadiran Mobnas di pameran itu. Dia mencontohkan, tahun lalu produsen Mobnas tidak diberikan area tes drive. Panitia kala itu beralasan area test drive hanya untuk anggota Gaikindo. Selain itu stan Mobnas ditempatkan di lokasi suku cadang. Sementara merek asing ditempatkan di hall khusus mobil. Ada banyak hal yang membuat Asia Nusa kurang nyaman. Mereka merasa IIMS kurang cocok untuk jadi ajang promo, karena dominasi penolakan terhadap Mobnas besar sekali.

Untuk diketahui, IIMS 2010 diramaikan dua merek Mobnas, yakni Tawon dan Komodo. Dua merek ini menempati Hall C JIExpo Kemayoran, Jakarta, yang lokasinya cukup terpojok serta tertutup dengan beragam booth aksesoris mobil.

Asia Nusa menduga Gaikindo yang didominasi merek mobil Jepang juga ingin menggarap pasar yang disasar Mobnas, yakni di bawah 1.000 cc. Kelihatannya, produsen mobil Jepang akan masuk ke segmen itu melalui program mobil murah yang tengah digodok pemerintah.

Asia Nusa yang kadung sakit hati sudah merencanakan akan menggelar pameran sendiri, di luar Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011. Lokasi yang dipilih kemungkinan diluar Jakarta.

Nasib tragis ini tentu sangat disayangkan, sudah seharusnya petinggi negeri ini memberikan perhatian lebih jika memang punya niatan memajukan industri nasional. Pemerintah harus berani memberikan proteksi terhadap industri nasional dan tidak takut dengan tekanan negara maju.

Pemerintah harusnya bisa belajar dari negara lain seperti Malaysia atau India dalam mengembangkan industri otomotifnya. Masyarakat saya yakin tidak alergi dengan merk nasional. Terbukti dengan hp china dengan merk lokal yang bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. Didunia otomotif motor dengan merk lokal Viar dan Minerva pun telah dapat diterima dengan baik oleh pasar.

Janganlah mencela lebih dulu usaha yang dilakukan anak negeri ini. Biarlah mereka saat ini cuma merakit atau cuma cap merk saja. Dalam persaingan yang terbuka dan ketat ini memang harus melakukan terobosan untuk mempercepat kemandirian. Mereka juga butuh hidup untuk bisa melakukan riset yang bisa menghasilkan produk sendiri. Untuk hidup mereka harus bisa jualan.

Industri tidak akan berkembang jika perusahaan tidak bisa jualan. Mereka butuh menggaji karyawan dan butuh aliran uang untuk terus hidup. Jika masyarakat mendukung, setelah cuma pasang merk, kedepan sedikit demi sedikit mereka akan berkembangan dengan produk yang benar benar hasil dari pengembangannya sendiri.

Bajaj Auto pada awalnya hanya merakit motor milik vespa dan kawasaki tetapi sekarang mereka telah menjadi pemain utama di pasar motor India. Proton tidak ragu untuk membeli paten dari Mitsubishi dan membeli Lotus. Sekarang Proton telah menjadi pabrikan yang bisa dibanggakan warga Malaysia.

Ayo majulah industri otomotif Indonesia !!!

gambar : warnoise.wordpress.com

Iklan

~ oleh masbloro pada 29 Juli 2011.

13 Tanggapan to “Ironi mobnas ditengah gemerlap IIMS”

  1. modelnya aneh-aneh, gimana mau tertarik coba??? teknologi juga pastinya tertinggal jauh

  2. cuma jadi tameng doang!!!!

  3. miris mendengarnya.

    kenapa pemerintah tidak mensuport produsen dalam negeri.

  4. Tetap semangat, terus dukung karya anak bangsa !!

  5. modelnyua jelek begitu ya wajar ditolak….biarpun mobil murah tolong desainnya diperhatikan…kalo gak mampu tinggal bayar konsultan dari luar

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  6. Nitip warung baru, bro 😀

    http://kilatperak.blogspot.com
    http://kilatperak.blogspot.com/2011/07/bikin-booster-kelistrikan-dengan-modal.html

  7. Tulisannya bagus, terutama pesan “Janganlah mencela lebih dulu usaha yang dilakukan anak negeri ini”

    Sayang tanggapan publik tidak positif (dari segi respon sampai bahasa)

    Bisanya menghina saja

  8. Kita sama-sama menyaksikan bagaimana toyota dahulu masuk ke indonesia dengan kijangnya, ada yang nyebut kijang camat dengan warna kuning orange, karena di pakai pak camat buat dinas, ada juga yang nyebutin kijang kotak sabun, karena bentuknya seperti kotak sabun giv, awal munculnya juga nggak langsung seperti innova atau yaris apalagi fortuner, berbijak hatilah untuk mendukung mobnas yang suatu saat bila di dukung oleh pemerintah bisa menjadi produksi unggulan dalam negeri sendiri.
    Sukses buat mobnas.

  9. Terus maju industri otomotif nasional…!!!
    Buat pameran sendiri saja .

  10. sebaiknya mobnas dipamerka dikalangan anak muda bangsa ini seperti dipamerkan diarea kampus agar kalangan muda terlibat juga tentux. karena kalangan tua yg menjabat terlalu sibuk dengan virus2 asing. semoga mobnas sukses selalu….aminnnnn

  11. Mudah2an terus di kembangkan agar terlihat lebih enak…

  12. ayo mobnas….unjuk gigi dengan ngadain pameran sendiri….so all rakyat indonesia…ayo kirim designmu ke group mobnas…agar design nya lebih bagus dan kita bisa berbangga diri…..untuk designer indoensia luang waktu mu untuk design mobnas…go indonesia

  13. setuju, masalah desain akan mengikuti support pemerintah n masyarakat. saya yakin indonesia kreatif! bravo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: