Isuzu MU7, calon pengganti Panther ?

Isuzu MU7 sebenarnya bukan barang baru bagi Isuzu, bahkan mobil ini sebenarnya sudah mengaspal di Thailand sejak tahun 2004. Sejak muncul dalam gelaran IIMS 2009 mobil ini digadang gadang menjadi suksesor Panther di Indonesia.

Isuzu Panther sudah puluhan tahun malang melintang di jalanan Indonesia. Berbekal mesin diesel standar euro2 yang dikenal tangguh Panther mempunyai penggemar fanatik disini. Sayang dari generasi ke generasi tidak banyak gubahan yang dilakukan Isuzu Indonesia.

Tidak mengherankan jika segmen pasarnya sekarang didominasi oleh pembelian untuk perusahaan ketimbang pribadi. Padahal harapannya pihak Isuzu adalah lebih banyak pribadi dengan pasar yang lebih luas. Karena itu sudah waktunya dan sepantasnya Panther melakukan revolusi seperti yang dilakukan oleh Toyota terhadap Kijang.

Hal lain yang bisa mengakhiri hidup Panther adalah kabar akan diberlakukannya standar emisi yang lebih tinggi di tahun depan dari euro 2 menjadi euro 4. Terlepas dari kesiapan BBM untuk stadar euro 4 , kebijakan ini tentu saja bisa mebuat Panther harus dipensiunkan karena masih menggunakan standar euro 2.

Isuzu MU7 sangat pantas menggantikan Panther di Indoensia, kabin 7 seatnya cukup lapang dengan ekserior yang terlihat mewah dan gagah. Mesin diesel 4JJ1-TCX Commonrail diesel 3.0L with VGS (VGT) turbo dengan daya maksimum 163 hp berkat teknologi fuel-injection pressure yang mencapai 180 Mpa sehingga mampu menghasilkan daya maksimum dengan efisiensi tinggi. Mesin ini sama seperti  yang digunakan oleh Isuzu double cabin D-MAX.


Hanya sayang satu hal yang membuat MU7 ini terkendala masuk ini adalah harganya yang masih tinggi diatas 600 juta. Tentu saja masih jauh dengan harga Panther yang hanya dikisaran 200 jutaan. Bisa dimaklumi jika harga MU7 berbandrol mahal lha wong cc nya udah 3.000 cc yang artinya udah masuk katagori barang mewah dengan pajak selangit.

Dengan spesifikasi dan harga selangit MU7 aslinya adalah kompetitor dari Mitsubhisi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Kabarnya pihak pihak Astra Isuzu sudah mengajukan persetujuan dengan embel2 kalo bisa cc-nya diturunin menjadi 2.500 cc seperti Panther sekarang. Dengan demikian diharapkan harganya bisa lebih terjangkau.

Jika yang disematkan adalah mesin 2.500 cc yang berseri 4JK1-TC kemungkinan mesin itu diambil dari D-Max dengan spek mesin Direct-Injection Electronic Commonrail System, yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 116 PS.

Kita tunggu saja ujung dari nasib Panther ini…

sumber : detik.com, kompas.com, okezone.com, wikicars.org

gambar : autothailand.blogspot.com

Iklan

~ oleh masbloro pada 9 Agustus 2011.

6 Tanggapan to “Isuzu MU7, calon pengganti Panther ?”

  1. gagah panter, pinter

  2. kaya bokap TMT yg fananti panter
    http://motomotif.wordpress.com/2011/08/10/sang-rajajalanan-mulai-redup-pamornya/

  3. ini mah bukan kelasnya panther dan kijang.
    diluar sono ini kelasnya pathfinder / navara, pajero sport / strada, fortuner / hilux, everest / ranger.

  4. mobil fanther kelas atas bngt tuh gan…..

  5. lha wong pengen nyasar konsumen pribadi kok cc nya 3000? ya bakal salah alamat. saya pengennya new panther yg cc nya di bawah 2500. so lebih irit n disuka masyarakat. bangkit panther..!

  6. kapan Isuzu MU7 nya keluar…cepat donk…aku kepingin pesan satu karena jatuh cinta sama panther….berapa ya harganya kalau cc nya diturunkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: