Avenger, rasa lain dari Bajaj

macho banget

Setelah penggemar otomotif Indonesia dimanjakan dengan motor bertipe sport berfairing macam Minerva 150, Migelli 250, Ninja 250 dan CBR series. Bajaj Auto Indonesia (BAI) membuat gebrakan lain dengan berencana menawarkan motor bertipe cruiser, Bajaj Avenger 220 . Motor ini akan mengisi kekosongan pasar yang ditinggal Honda Panthom dan Kawasaki Eliminator.

Bajaj Avenger 220 bukan motor sembarangan, Sejatinya Avenger yang dibangun pertama tahun 2007  merupakan titisan dari Kawasaki Eliminator bertipe EL175. Jika Kawasaki menggunakan mesin SOHC 175 cc dengan power 15,2 hp, Bajaj mengeluarkan pertama kali dengan nama Avenger menggunakan mesin Pulsar 180 cc yang kemudian di upgrade dengan mesin pulsar 200 dan pada generasi terakhir yang diluncurkan 26 Juli 2010 telah menggunakan mesin pulsar 220 yang sudah dirasakan kedasyatannya oleh pulsar raider di Indonesia.

Makanya untuk penggemar Kawasaki Eliminator sepertinya akan menemukan cintanya kembali lewat Bajaj Avenger bin Eliminator. Dengan cc yang lebih besar tentu saja ada peningkatan power menjadi 19,03 PS/8.400 rpm dan torsi 17,5 Nm/7.000 rpm.

Soal harga jangan kuatir, BAI sepertinya tidak akan mematok harga lebih mahal dari Pulsar 220, yang saat ini dibandrol 18 jutaan. Karena di India sendiri Avenger dihargai lebih murah dari Pulsar 220. Sebagai gambaran perbandingan harga antara Pulsar 180 – Avenger – Pulsar 220 adalah : 65,794 – 69,000 -82,500 ruppe. Sebagai catatan harga tersebut adalah harga di New Delhi India.

Bagaimana dengan prospek pemasarannya di Indonesia ? Nasibnya tentu akan berbeda dari crueser pendahulunya Phantom dan Eliminator karena memang mengambil segmen pasarnya berbeda. Phantom dan Eliminator memposisikan diri sebagai motor premium dengan ceruk pasar yang sempit, sedangkan Avenger harganya diperkirakan masih jauh bawah angka spikologis 25 juta.

Dengan bermain di segmen yang tidak digarap motor Jepang, tentu BAI tidak ingin bertarung head to head dengan para jawara dengan demikian dapat memperluas pasar dengan lebih leluasa. Di segmen chooper atau crueser ini memang belum bisa tergambar seberapa besar potensinya.

Bajaj bisa belajar dari Honda saat mengeluarkan scoopy yang saat itu juga dinilai Honda bermain di pasar yang sempit, tetapi nyatanya jika digarap dengan baik hasil penjualannya bisa melebihi ekspektasi kompetitor. Saat Yamaha akan masuk pasar sudah dicengkeram kuat oleh Honda.

Walaupun Bajaj bukanlah pemimpin pasar seperti Honda, tetap ada kesempatan untuk BAI menemukan ceruk pasar baru kerena Bajaj sudah punya modal yang cukup baik sebagai pemain baru yang dikenal mempunyai produk dengan value tinggi plus durability yang sudah mulai teruji.

Tapi jangan lupa Bajaj Auto Indonesia harus berbenah diri dengan menyiapkan pelayanan after sales service yang lebih baik agar bisa bertahan lebih lama di Indonesia.

berikut ini spesifikasi Avenger :

Engine
Type 4-stroke, single cylinder, DTS-i, air cooled with oil-cooler
Displacement (cc) 219.89
Max. Power (Ps @ rpm) 19.03 @ 8400
Max. Torque (Nm @ rpm) 17.5 @ 7000
Starting Electric
Suspension
Front Telescopic
Rear Hydraulic Shock Absorber
Brakes
Front Disc, Dia. 260 mm
Rear Drum, Dia. 130 mm
Tyre
Front Tubetype Unidirectional – 90 / 90 x 17″
Rear Tubetype Unidirectional – 130 / 90 x 15″
Fuel Tank
Total litres(reserve, usable) 14 liter full (3.4 liter reserve)
Electricals
Battery 12V, 9Ah
Head lamp 60 / 55W
Horn 12V, 30W
Dimensions
Wheelbase 1475 mm
Ground Clearance 169 mm
Kerb Weight 154.5 kg

sumber : bajajauto.com, 2wheelsindia, priceindia.in

Iklan

~ oleh masbloro pada 15 Agustus 2011.

8 Tanggapan to “Avenger, rasa lain dari Bajaj”

  1. pertamax…

  2. keduaxxxx

    keren juga tuh

    keep brotherhood,

    salam,

  3. keburu dah beli pulsar 220…yg half fairing mbah,,,,,,

  4. mantap! ane tunggu

  5. Bajaj Avenger lagi gw tunggu2 kehadirannya di pasaran otomotif indonesia……. Huuuuft… Cooper broooow…

  6. Waiting for long time……

  7. nggak jadi masuk indonesia ya ?????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: